Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

RUMAH INDAH KARENA IBADAH

RUMAH INDAH KARENA IBADAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com

Rumah seorang muslim harus menjadi perwujudan keimanannya dengan segala kebaikan dan berkah yang ada di dalamnya. Kebaikan dan berkah itulah yang akan menjadikan rumah terasa indah. Dan tidaklah kebaikan dan berkah didapatkan melainkan dengan menjadikan rumah kita sebagai tempat ibadah.

RUMAH INDAH KARENA IBADAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com
RUMAH INDAH KARENA IBADAH #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bila salah seorang di antara kalian telah menunaikan shalat di masjid, hendaknya memberi bagian dari shalatnya untuk rumahnya, karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan di dalam rumahnya dari shalatnya.”

(HR. Muslim no. 1858).

Seorang muslim yang telah menunaikan shalat fardhu di masjid, maka sesekali hendaknya ia menunaikan shalat sunnah ba’diyah di rumahnya, karena ini merupakan suatu kebaikan. Sebaik-baik shalat sunnah adalah shalat yang dikerjakan di rumah, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوبَةَ
“Wahai manusia, shalatlah di rumah kalian, karena sesungguhnya shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang di rumah, kecuali shalat wajib.”

(HR. Bukhari no. 731).

Shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang di rumah, maksudnya adalah shalat sunnah, karena shalat wajib yang utama (bagi laki-laki) adalah di masjid. Seorang muslim hendaknya menyempatkan menunaikan shalat sunnah di rumahnya. Bermacam shalat sunnah yang bisa dikerjakan di rumah, dari mulai shalat rawatib, shalat dhuha hingga shalat lail (malam). (baca juga artikel tentang membuat rumah menjadi nyaman)

Berbeda dengan wanita, ia boleh mengerjakan shalat wajib maupun shalat sunnahnya di rumah. Sebab, hal ini untuk menjaga wanita dari fitnah yang mungkin terjadi. Namun jika wanita berkeinginan shalat di masjid, maka hendaknya ia diizinkan dengan memperhatikan adab-adabnya, seperti tidak berhias, tidak menggunakan wewangian, dan menggunakan pakaian yang menutup aurat saat pergi ke masjid.

Keutamaan Shalat (Sunnah) di Rumah

Salah satu keutamaan shalat (sunnah) di rumah adalah menjadikan rumah hidup dan memperoleh keberkahan. Rumah tidak seperti kuburan, sehingga tidak menjadi sebagai tempat untuk menginap setan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِجْعَلُوا مِنْ صَلاَتِكُمْ فِي بُيُوتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوْهَا قُبُوْرًا
“Jadikan sebagian shalat-shalat kalian di rumah dan janganlah kalian menjadikannya kuburan.”

(HR. Muslim no. 1856).

sholat sunnah di rumah #rumahkusurgaku - diminimalis.com
sholat sunnah di rumah #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Shalat di rumah juga dapat mendatangkan kebaikan di dalam rumah, sebagaimana Rasulullah Rasulullah

Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Bila salah seorang dari kalian telah menunaikan shalat di masjid, hendaklah memberikan bagian dari shalatnya untuk rumahnya, karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan di dalam rumahnya dari shalatnya.”
(HR. Muslim no. 1858).

Alangkah indahnya bila sebuah rumah dihiasi dengan ibadah di dalamnya. Penghuninya menghidupkan shalat di rumahnya, juga mengerjakan ibadah lainnya, niscaya rumah tersebut akan mendapatkan kebaikan di sisi Allah. Aaamiin … (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.