Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Rumah Hemat Energi Solusi Praktis Di Tengah Ancaman Krisis Energi

rumah hemat energi - diminimalis.com

Rumah hemat energi merupakan jawaban atas kelangkaan sumber energi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Memang, hampir semua jenis cadangan energi yang ada di alam memiliki batas waktu tertentu dalam pemakaiannya. Jika Anda menggunakan energi tersebut tanpa memperdulikan keberlangsungannya tentunya akan mengancam diri Anda sendiri.

rumah hemat energi
rumah hemat energi – diminimalis.com

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang perlu Anda hemat dalam penggunaannya dikarenakan ketersediaannya yang terbatas. Hampir semua rumah yang ada pasti memerlukan listrik sebagai penunjang kenyamanan di dalamnya. Mulai dari pencahayaan ruangan hingga sebagai media membuat makanan para penghuninya. Listrik menjadi elemen yang sangat penting.

Konsep rumah hemat energi dan ramah lingkungan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan guna menghemat energi penggunaan listrik di dalam rumah. Kita yang berada di daerah tropis diuntungkan dengan melimpahnya sinar matahari yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan listrik sebagai pencahayaan. Anda hanya cukup mendesain rumah Anda dengan konsep terbuka agar matahari bisa masuk kedalamnya dengan bebas.

Pada daerah tropis suhu ruangan juga biasanya panas, terlebih pada rumah minimalis. Hal ini bisa Anda siasati dengan beberapa cara berikut ini.

Ventilasi silang

Ventilasi ini bekerja dengan memanfaaatkan perbedaan tekanan udara di dalam ruangan yang dihasilakan dari penambahan lubang ventilasi pada titik tertentu. Dengan perbedaan tekanan udara itulah, udara di dalam ruangan akan bersirkulasi dengan udar luar yang lebih segar. Peletakan, model dan ukuran perlu Anda perhatikan pada ventilasi jenis ini.

Ventilasi dan insulasi atap

Rumah yang memiliki plafon juga biasanya cenderung lebih cepat panas dikarenakan udara panas yang berasal dari atap terperangkap di ruangan antara atap dan plafon. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat bukaan atau ventilasi pada sopi-sopi yang nantinya menjadi tempat keluarnya udara panas dari atap.

Menara angin

Di negreri kita penggunaan menara angin memanglah belum popoler namun di daerah Eropa dan Amerika hal ini bukanlah sesuatu yang baru. Menara angin dibuat menggunakan prinsip hukum bernoulli yang menyatakan bahwasannya udara mengalir dari tekanan yang tinggi menuju ke tekanan yang lebih rendah.

Udara didalam rumah memiliki tekanan yang lebih tinggi daripada udara di luar rumah, sehingga udara yang ada di dalam rumah akan dengan mudah keluar dari menara angin.

Plafon tinggi

Jika memungkinkan desainlah ruangan dengan plafon yang tinggi. Jarak yang jauh antara plafon dengan lantai akan memberikan ruang yang cukup agar suhu udara dapat turun. Tinggi ideal plafon agar diperoleh kesejukan yang maksimal adalah 3m dari lantai.

Warna pastel

Permainan warna pada dinding juga turut andil dalam menjadika bertambah sejuknya ruangan. anda bisa memilih warna-warna pastel yang lembut seperti warna biru pastel dan hijau pastel yang mengesankan sejuk dan tenang.

Material alam

bahan bangunan
memilih bahan bangunan – diminimalis.com

Bahan material yang disediakan alam memang sudah lama dikenal dapat menjadikan ruangan terasa lebih sejuk. Bahan seperti kayu, bata dan batu alam bisa menjadi pilihan bahan penyusun dinding rumah. Selain akan tampak natural, penggunaan material dari alam ini juga akan menjadikan model rumah hemat energi tampak lebih natural.

Demikianlah ulasan singkat mengenai rumah hemat energi berikut cara mewujudkannya. Muidah-mudahan pembahasan kali ini bermanfaat dan juga bisa menjadi bahan referensi Anda dalm mewujudkan rumah hemat energi. Salam diminimalis (am).

Baca juga: renovasi rumah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.