Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Rumah Dekat Sungai dan Berbagai Efek Buruk yang Mengancam

ada banyak efek buruk bila kita tinggal di dekat sungai - diminimalis.com

Memiliki rumah dekat sungai, atas sebagian orang mungkin dianggap sebagai hunian yang sejuk dan nyaman. Namun, pada kenyatannya banyaknya bangunan rumah yang ada di pinggiran sungai justru memberikan efek yang berkebalikan dengan sangkaan sebelumnya. Efek buruk rumah dekat sungai sudah sangat terasa dan dapat dilihat akibatnya seperti yang sering dipertontonkan di acara berita di televisi.

efek buruk rumah dekat sungai, contoh rumah di pinggir sungai, akibat membangun rumah di pinggir sungai
ada banyak efek buruk bila kita tinggal di dekat sungai – diminimalis.com

Karena tidak memiliki lahan dan menganggap bahwa membangun rumah di pinggiran sungai adalah suatu hal yang legal, maka mulailah banyak orang yang membangun rumah di pinggiran sungai. Rumah dengan bangunan dan pondasi seadanya banyak dibangun di dekat sungai, terutama di daerah pinggiran di kota-kota besar.


Rumah Dekat Sungai dan Berbagai Efek Buruknya

Membangun rumah di pinggiran sungai memberikan dampak kurang baik, terutama dari segi kesehatan dan keselamatan apabila tidak direncanakan dengan benar. Efek buruk rumah dekat sungai dapat dijelaskan seperti berikut :

1. Berbahaya dari segi pondasi bangunan. 

Kebanyakan rumah yang dibangun di pinggiran sungai di daerah pinggiran di kota besar adalah rumah yang dibangun pondasi yang seadanya. Tidak sedikit rumah yang bangunannya menjorok ke arah sungai. Hal tersebut menjadi sangat berbahaya apabila hujan datang dengan volume yang tinggi, yang akan menyebabkan aliran sungai menjadi lebih deras dan permukaannya naik. Rumah dalam kondisi seperti ini rawan sekali ambruk dan terbawa arus sungai.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Solusi Aman jika Anda Membangun Rumah di Lahan Miring

2. Kumuh. 

Rumah-rumah yang dibangun di pinggiran sungai akan terlihat kumuh, kotor dan tidak indah dipandang. Dengan bangunan yang seadanya, kemudian tidak adanya perencanaan dan penataan perumahan menjadikan rumah-rumah di dekat sungai sangat tidak rapi.

3. Mengotori sungai. 

Karena berdekatan dengan sungai, seringkali segala kegiatan yang dilakukan di dalam rumah dilimpahkan ke sungai. Terutama sampah rumah tangga, baik itu sampah dari cucian, makanan, maupun kotoran manusia semuanya dibuang ke sungai. Karena letaknya yang paling dekat dan sampah-sampah tersebut dianggap akan hanyut begitu saja. Padahal hal ini akan sangat merugikan pada saat sampah-sampah tersebut akan terkumpul pada suatu sisi sungai, menyumbat aliran sungai sehingga menyebabkan bencana banjir.

Selain penyebab banjir, banyaknya sampah yang dibuang di sungai juga menyebabkan banyak zat-zat yang dapat merusak ekosistem sungai. Pada akhirnya sungai menjadi tercemar serta menimbulkan berbagai penyakit. Padahal air sungai tersebut nantinya mereka gunakan kembali untuk melakukan berbagai aktivitas. Maka dari itu, rawan sekali adanya penyebaran penyakit dari penggunaan air yang sudah tidak higienis tersebut.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Manfaat Memiliki Rumah Dekat Jalan dan Juga Efek Buruknya
membersihkan rumah pasca banjir, membersihkan rumah setelah banjir, tips membersihkan rumah pasca banjir
banjir salah satu dampak dari rumah yang dibangun dekat sungai – diminimalis.com

4. Rawan bencana banjir.

Hujan lebat yang terjadi terus menerus akan menyebabkan permukaan air sungai menjadi naik dan debitnya pun naik. Hal ini akan sangat membahayakan masyarakat yang tinggal di dekat sungai. Rumah mereka dapat sewaktu-waktu terbawa banjir, dan hal yang paling buruk adalah dapat menelan korban jiwa.

5. Berkurangnya air bersih.

Karena sungai yang ada sudah menjadi bagaikan tempat sampah umum raksasa bagi para penghuni rumah dekat sungai, padahal dari sungai itu juga mereka mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari, maka ketersediaan air bersih untuk keperluan sehari-hari pun akan semakin berkurang. Apabila terdapat penataan dan perencanaan yang matang terhadap pembangunan rumah di pinggiran sungai, maka efek buruk rumah dekat sungai dapat dihindari.

Penentuan posisi, pondasi, saluran air bersih dan ketertiban dalam pembuangan sampah perlu direncanakan dengan baik supaya rumah-rumah yang berada di pinggiran sungai dapat berdiri dengan aman dan sehat. Demikian ulasan kami tentang efek buruk rumah dekat sungai yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.