oleh

Pahami Beberapa Tips ini Agar Rumah Aman Saat Hujan

Cara
Setiap awal tahun kita pasti akan bertemu dengan musim hujan. Hampir setiap hari turun hujan deras, masalah banjir, dinding rembes, bocor dan lainnya mungkin akan sering kita alami. Tentunya hal itu tidak ingin terjadi di rumah Anda dan membuat rumah Anda semakin parah. Anda pasti ingin memiliki hunian yang nyaman dan aman, walaupun saat hujan deras. Ada berbagai hal yang harus Anda lakukan agar rumah aman saat hujan. Anda tak perlu takut dinding rembes, atap bocor atau banjir. Apalagi lokasi rumah anda, sering rawan banjir.

Agar rumah aman saat hujan, tipa agar rumah tetap nyaman saat hujan, rumah aman dan nyaman di musim hujan, rumah tetap nyaman di musim hujanqAgar rumah aman saat hujan, tipa agar rumah tetap nyaman saat hujan, rumah aman dan nyaman di musim hujan, rumah tetap nyaman di musim hujan
ada beberapa hal yang perlu diupayakan, agar rumah aman saat hujan – Diminimalis.com

 Agar Rumah Aman Saat Hujan dengan Melakukan hal Berikut

Air yang turun terus menerus, memungkinkan terjadinya banjir besar. Oleh karena itu Anda harus menyiapkan rumah dengan baik,Supaya tetap aman ketika hujan turun, terutama buat Anda yang sering langganan banjir. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan.

• Perbaiki Posisi Genteng

yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Hujan Turun, larangan saat hujan turun yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun
Membetulkan genting bocor termasuk salah satu perbaikan rumah yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun – diminimalis.com

Sebelum masuk musim hujan, cobalah untuk cek posisi genteng di rumah Anda, apakah ada yang berantakan atau tidak. Apalagi sedang musim angin kencang, biasanya akan banyak genteng yang letaknya bergeser. Walaupun rumah Anda masih baru, usahakan untuk tetap mengeceknya. Pastikan tidak ada bagian genteng yang rusak, berlubang atau geser, supaya tidak ada yang bocor dan rumah tetap aman. Jangan menunda untuk mengecek kondisi genting, karena sebenarnya mengatasi genteng bocor sendiri tanpa bantuan tukang tidaklah sulit.

Bila rumah Anda menggunakan atap asbes, perhatikan pemasangan paku atau bautnya. Pastikan tidak ada yang longgar atau bagian asbes berlubang terkena pakunya. Pastikan semua keadaan bagus dan tidak akan membuat atap Anda bocor.

• Periksa Talang Air

persiapan musim hujan, persiapan mengahadapi musim hujan, persiapan menjelang musim hujan
Talang yang kotor membuat aliran air hujan tidak maksimal – diminimalis.com

Selain memeriksa posisi genteng, Anda juga harus memeriksa talang air. Ini sangat penting. Ketika musim kemarau, mungkin banyak kotoran dan debu yang menyumbat bagian talang air rumah Anda. Oleh karena itu talang air harus dibersihkan dengan baik. Cek juga, apakah ada bagian yang bocor atau tidak. Periksa semuanya dengan menyeluruh, terutama di daerah yang menampung air dengan volume banyak. Bila pipa airnya sudah lama dan terlihat rapuh, alangkah bainya Anda menggantinya dengan talang air yang baru.

• Saluran Air

Rumah yang nyaman dan bagus bukan hanya rumah yang memiliki desain modern. Tapi juga memiliki saluran air yang lancar. Saluran air yang baik dan lancar, akan membuat aliran pembuangan air di rumah tetap baik. Saat musim hujan, Anda memang harus memperhatikan saluran air dengan benar.

Untuk itu, cek semua bagian dengan baik. Pastikan tidak ada bagian yang tersumbat dan menganggu laju air. karena hal ini dapat membuat rumah Anda terkena resiko banjir. Maka pastikan aliran air bisa menampung banyaknya air hujan nantinya. Ajak pula tetangga rumah Anda, untuk kerja bakti dan membersihkan semua saluran air di komplek rumah dengan benar.

• Periksa Sistem Ventilasi

Agar rumah aman saat hujan, Anda juga harus memeriksa sistem ventilasi di rumah Anda. Karena ketika musim hujan, tentunya cuaca akan lebih dingin, apalagi Anda tinggal di daerah dekat pegunungan. Angin kencang mudah masuk rumah, kalau bila sistem ventilasi rumah Anda tidak baik.

Angin yang dibiarkan masuk ke dalam rumah begitu saja, akan membuat udara di rumah terlalu lembab dan akhirnya menyebabkan sarang bakteri muncul. Oleh karena itu, pastikan sistem ventilasi diatur dengan baik.

• Potong Ranting Pohon

Apabila Anda memiliki pohon yang tinggi di pekarangan rumah, maka Anda perlu memangkasnya untuk menghindari resiko robohnya pohon tersebut akibat angin yang kencang. Selain itu pangkas tanaman yang terlalu rindang atau rimbun, karena tanaman tersebut bisa dijadikan sarang serangga dan nyamuk. Bila Anda memiliki tanaman di dalam rumah, pastikan Anda selalu merawatnya dengan baik. Jangan sampai pepohonan yang Anda miliki, malah dapat merusak rumah Anda ketika musim hujan datang.

• Cek Jaringan Listrik

Jangan lupa untuk cek jaringan listrik. Ketika musim hujan, kabel mudah terkelupas dan rapuh, karena sering terkena panas dan hujan terus menerus. Jadi cobalah untuk cek semua jaringan listrik di rumah Anda, terutama yang berada di luar rumah. Pastikan tidak ada kabel listrik yang terbuka, karena kabel yang terbuka bila terkena tetesan air, bisa membuat akan terjadi korsleting dan dapat menjadi pemicu kebakaran. Pastikan Anda mengecek jaringan listrik yang berada di dalam maupun di luar rumah Anda.

• Periksa Dinding Rumah

Mungkin hal ini terlihat sepele tapi memang penting untuk dilakukan. Periksalah, apakakah ada bagian dinding yang sudah berlubang, retak atau terlalu lembab. Karena dinding yang berlubang jika terkena air, maka dinding tersebut akan mudah rembes. Oleh karena itu periksa semua bagian dinding dengan baik.

Untuk melindungi dinding rumah Anda, ada baiknya Anda menggunakan cat dinding anti air. Karena cat dinding anti air dapat mencegah rembesnya air ke dalam dinding, selain itu warnanya juga awet meski terkena panas dan hujan terus menerus.

Dengan melakukan semua cara diatas, rumah Anda akan tetap aman ketika hujan turun. Yang paling penting, jangan pernah membuang sampah sembarangan. Karena banjir yang disebebkan oleh tersumbatnya aliran air, banyak diakibatkan oleh sampah-sampah yang tidak dibuang pada tempatnya. Jadi agar rumah aman saat hujan, pastikan jangan buang sampah sembarangan.(ck)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed