Inilah Berbagai Ruangan yang Sebaiknya Ada di Lantai 2

Dapur juga bisa ditempatkan di lantai 2 - Diminimalis.com

Memiliki rumah tinggal pribadi menjadi impian bagi setiap keluarga. Rumah menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat dari segala kesibukan harian. Oleh karena itu, jika Anda memiliki cukup dana Anda bisa membuat rumah dengan 2 lantai dan memisahkan ruangan-ruangan yang sebaiknya ada di lantai 2 dan di lantai 1 sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Memiliki rumah berlantai 2 memang menjadi keinginan sebagian keluarga. Selain ruangan yang lebih banyak, memiliki rumah dengan 2 lantai dapat memudahkan Anda untuk memisahkan ruang pribadi keluarga dengan ruang publik lainnya dengan menempatkan ruangan yang sebaiknya ada di lantai 2 secara khusus.

Ruangan yang Sebaiknya Ada di Lantai 2, ruangan di lantai 2, denah rumah 2 lantai mungil, model rumah minimalis 2 lantai sederhana, rumah minimalis 2 lantai modern, desain rumah 2 lantai di lahan sempit, desain interior ruangan rumah minimalis 2 lantai, rumah minimalis 2 lantai type 21, desain rumah kecil 2 lantai, tampak depan rumah minimalis 2 lantai type 36
Dapur juga bisa ditempatkan di lantai 2 – Diminimalis.com

Anda yang memiliki keinginan membangun rumah besar mungkin akan menemui kendala jika berada di kota besar. Pada daerah perkotaan keterbatasan lahan sudah menjadi masalah yang umum ditemui, harganya pun tidaklah murah. Hal ini menyebabkan Anda mungkinakan kesulitan menemukan lahan yang luas untuk dibangun rumah berukuran besar.

Mengatasi terbatasnya lahan, Anda bisa membangun rumah dengan dua lantai atau lebih. Pembangunan rumah 2 lantai ini dapat tetap mengakomodasi kebutuhan ruangan yang banyak di atas luasan tanah yang minim. Rumah berlantai 2 ini selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hunian keluarga juga dapat memberikan tampilan rumah yang cantik dengan desain minimalis.

Desain rumah minimalis memang banyak dipilih karena desain ini mampu memberikan kesan elegan dan mewah dengan desainnya yang sederhana. Pembuatan desain eksterior serta penataannya yang dibuat sederhana mampu memberikan kesan luas pada rumah sehingga penghuni dapat merasa jauh lebih nyaman, khususnya bagi rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Pembagian Ruangan yang Sebaiknya Ada di Lantai 2 Rumah Tinggal

Pembagian rumah menjadi 2 lantai tentu harus diikuti dengan pembuatan desain rumah yang tepat. Anda bisa menghubungkan kedua lantai Anda menggunakan desain tangga yang unik. Nah, sebenarnya apa saja ruangan yang lebih cocok diletakkan di lantai 1 dan di lantai 2 rumah? Pemilihan penempatan ruangan ini perlu dilakukan dengan beberapa pertimbangan.

Mendesain tangga unik, trik desain tangga rumah, desain tangga rumah sempit, tangga minimalis mewah, desain tangga rumah minimalis, railing tangga unik, model tangga rumah minimalis 2 lantai, model tangga besi, model tangga rumah bertingkat
Lantai 2 rumah Anda sebaiknya dihubungkan dengan tangga yang indah – Diminimalis.com

Masing-masing ruangan di dalam rumah dibuat dengan tujuan serta kegunaannya masing-masing. Tiap-tiap ruangan pun memilki akses privasinya tersendiri mulai dari ruangan yang dapat diakses publik hingga ruangan yang sangat priibadi. Hal-hal tersebut dapat dijadikan dasar pembagian ruangan yang akan diletakkan di lantai 1 dan 2 dari sebuah rumah.

Ruangan-ruangan yang umumnya ada di dalam sebuah rumah diantaranya ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, kamar mandi, kamar tidur serta dapur. Agar privasi dari ruangan-ruangan pribadi dari pemilik rumah tetap terjaga sebaiknya pisahkan ruangan-ruangan pribadi ini dilantai 2 rumah.

Memanfaatkan ruang di lantai 2 dapat Anda lakukan dengan menempatkan ruangan-ruanganberikut ini :

– Ruang keluarga
Ruang keluarga merupakan ruangan tempat seluruh keluarga berkumpul dan bercengkrama setiap harinya. Ruangan ini akan sangat tepat jika diletakkan di lantai atas rumah sehingga kegitan keluarga dapat terpisah dari ruangan di lantai 1 yang dapat diakses oleh tamu atau kerabat lain yang berkunjung ke rumah Anda.

Penempatan ruang keluarga di lantai 2 rumah akan memberikan kesan lebih privat dan hanya dapat diakses oleh penghuni rumah maupun kerabat yang memang dekat dengan anggota keluarga.

– Kamar mandi
Kamar mandi menjadi satu ruangan yang wajib ada di setiap lantai rumah. Keberadaan kamar mandi di lantai 2 tentu akan jauh memudahkan ketika penghuni rumah dibandingkan dengan harus turun terlebh dahulu ke lantai 1 untuk menjangkaunya. Apabila luasan ruangan di lantai 2 terbatas, Anda bisa membuat kamar mandi berukuran kecil.

– Kamar tidur anak

cara merawat lantai semen, cara merawat lantai semen plester, cara membersihkan lantai plesteran, cara mengkilapkan lantai plesteran
kamar tidur di lantai 2 yang nyaman – diminimalis.com

Kamar tidur anak bisa diletakkan di lantai 2 ruangan sementara kamar tidur orang tua berada di lantai 1. Pertimbangan ini dilakukan karena kamar sebaiknya tetap ada anggota keluarga yang berada di lantai 1 pada malam hari untuk mengantisipasi adanya tamu atau hal-hal lainnya.

Kamar anak dapat dikumpulkan menjadi 1 di lantai atas untuk memudahkan anak-anak untuk saling berinteraksi satu sama lain. Selain itu kamar yang berada di lantai atas juga dapat membuat kegiatan belajar anak tidak terganggu apabila ada tamu yang sedang berkunjung ke rumah.

– Ruang cuci
Pada rumah perkotaan yang tidak memiliki halaman belakang yang luas, tempat menjemur pakaian dapat diletakkan di lantai atas supaya pakaian lebih cepat kering. Lokasi menjemur ini sebaiknya dekat dengan lokasi ruang cuci untuk memudahkan aktivitas mencuci baju setiap harinya.

Anda perlu membuat sistem saluran air yang baik ke dalam ruang cuci ini untuk memudahkan Anda memperoleh air untuk mencuci serta saluran pembuangan air sisa mencuci.

– Ruang jemur
Di lantai atas juga sebaiknya dibuat ruang jemur untuk pakaian. Ruang jemur ini bisa Anda buat dengan atap maupun tanpa atap. Pastikan lokasi menjemur ini memperoleh sinar matahari yang cukup untuk mengeringkan cucian Anda.

Ruangan selain yang ada di daftar tersebut seperti dapur, ruang makan dan ruang tamu dapat diletakkan di lantai dasar. Penempatan di lantai dasar ini dikarenakan ruangan tersebut memang ditujukan untuk ruang publik untuk menerima dan menjamu tamu yang datang ke kediaman Anda.

Anda bisa juga menempatkan ruangan-ruangan lain di lantai 2 sesuai dengan pertimbangan untuk kenyamanan penghuni. Hal yang perlu diingat adalah tempatkan ruangan yang sebaiknya ada di lantai 2 dengan berdiskusi terlebih dahulu dengan seluruh anggota keluarga agar sesuai dengan keinginan semua pihak.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.