Cara Mendekorasi Ruangan yang Cocok Untuk Santai

Konsep rumah minimalis selalu memanfaatkan efisiensiu ruang - Diminimalis.com

Belakangan ini banyak yang menyukai rumah dengan konsep minimalis. Dimana konsep minimalis ini tidak hanya diterapkan dalam pembuatan bangunannya saja, melainkan bagaimana cara mendekorasi suatu diruangan rumah. Prinsip dari konsep minimalis tersebut adalah lebih mengutamakan fungsi dari pengguaan bahan bangunan dan aksesoris secara maksimal. Dengan demikian, penganut konsep minimalis, tentunya akan menghindari penggunaan ornamen atau hiasan rumah yang dianggap tidak perlu. Dengan kata lain efisiensi penggunaan suatu bahan material harus dibatasi. Nah, pada kesempatan kali ini akan di bahas mengenai cara dekorasi ruangan yang cocok untuk santai dengan konsep minimalis.

Prinsip mendekorasi ruangan yang cocok untuk santai tentunya perlu disesuiakan dengan seberapa banyak budget yang tersedia. untuk menghindari over budgeting, mulailah untuk membuat list, apa saja yang diperlukan dalam mendekorasi ruangan yang cocok untuk santai. Dengan demikian, akan terdata apa saja yang perlu dibeli, atau tidak dengan mempertimbangkan besar budget yang tersedia.

Ruangan yang cocok untuk santai dekorasi ruangan untuk santai, desain ruang keluarga minimalis, desain ruang tv sempit, ruang tv sederhana, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Ruang keluarga yang cocok untuk bersantai – Diminimalis.com

Pertimbangan Dalam Mendekorasi Ruangan yang Cocok untuk Santai

Ruangan yang cocok untuk santai di rumah tentunya adalah ruang keluarga. Anda bisa santai sendiri, bersama keluarga atau pun teman yang tengah berkunjung ke rumah. Namun permasalahannya, bagaimana cara mendekorasi ruangan yang cocok untuk santai tanpa berlebih ataupun kurang furniturenya. Berikut ini akan kami bagikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mendekoasi ruangan yang cocok untuk santai

1. Kegunaan ruang keluarga

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang makan dan ruang keluarga yang dengan penataan yang apik – diminimalis.com

Sebelum mendekorasi ruang keluarga untuk ruang santai Anda, Anda perlu mepertegas fungsi utama ruang tersebut. Tentunya setiap rumah yang satu dengan yang lainnya mempunyai kegunaan ruang keluarga yang berbeda. Pasalnya ada ruang keluarga yang digunakan hanya untuk menonton televisi saja, ada juga yang sekaligus digunakan untuk ruang makan. Dengan mempertimbangkan kegunaannya, tentunya akan diketahui sebaiknya konsep dan furniture yang cocok sesuai dengan kegunaannya.

2. Luas ruangan

Untuk mendekorasi suatu ruangan, tentunya Anda perlu mempertimbangkan luas lahan yang tersedia. Dengan demikian sedari awal sudah bisa menentukan jumlah furniture yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga ruangan Anda tidak akan terlalu kosong karena furniturenya sedikit, ataupun terlalu penuh karena kebanyakan furniture di dalam rumah.

3. Konsep atau tema ruangan

Sebelum mendekorasi ruangan yang cocok untuk santai, sebaiknya Anda memikirkan terlebih dahulu tema dekorasi yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan tema alam, flora, ataupun tema lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menentukan warna apa yang cocok dengan ruangan tersebut.

4. Ukuran furniture

Untuk mendekorasi ruangan, tentunya perlu dipertimbangkan jenis furniture apa yang cocok di ruangan santai. tentunya ukuran furniture harus disesuaikan dengan luas ruangan. Disisi lain, ukuran furniture juga akan berpengaruh dengan banyaknya furniture yang akan digunakan.

5. Fungsi Furniture

Pemilihan furniture tentunya sangat perlu diperhatikan. Usahakan untuk memilih furniture yang multifungsi. Dengan demikian jumlah furniture di ruangan yang cocok untuk santai akan berkurang dan sesuai dengan kebutuhannya.

Ide dekorasi ruangan yang cocok untuk santai

1. Sofa mini

Di ruang keluarga yang terdapat tv, tentunya keberadaan sofa mini ini menjadi penting. Sofa bisa digunakan untuk duduk santai sambil menonton televisi atau untuk bersantai. Jika diperlukan, pada sofa tersebut bisa diletakkan bantal dengan padu padan desain, pola tekstur dan warna tekstil dengan tatanan ruang yang sudah ada. Anda juga bisa memilih sofa bed yang 2 in 1. Dengan kata lain sofa memiliki kasur dibawahnya yang bisa ditarik atau dimasukkan ke dalam sofa ketika tidak digunakan.

2. Karpet

ruang keluarga lesehan, ruang keluarga lesehan minimalis, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa
ruang kelaurga lesehan dengan karpet yang indah dan nyaman – diminimalis.com

Penggunaan karpet di sini bisa sebagai alternatif ketika. Anda menggunakan sofa biasa, (bukan sofa bed). Adanya karpet, tentu akan membuat interior Anda lebih minimalis. Ruangan menjadi lebih fleksibel digunakan untuk berbagai kegiatan. dengan begitu, keluarga Anda akan lebih nyaman untuk bersantai di ruangan tersebut. Selain itu, penggunaan karpet juga meminimalisir penggunaan banyaknya furniture. Karpet juga bisa menjadi andalan ketika Anda ingin menerapkan dekorasi ruang keluarga lesehan.

3. Kabinet tv

Tentunya furniture yang satu ini merupakan furniture yang wajib ada di ruang keluarga. Usahakan memilih kabinet tv yang ukurannya lebih tinggi dibandingkan dengan sofa. Gunakan hiasan-hiasan yang simple pada kabinet tv akan mempercantik ruang keluarga.

4. Meja kecil

Meja merupakan furniture yang tidak kalah penting untuk diletakkan di ruang keluarga. Tentunya keberadaan meja ini sangat bermanfaat untuk meletakkan berbagai makanan atau minuman ataupun jenis benda lainnya. Penempatannya bisa didepan sofa ataupun samping sofa yang penting disesuaikan dengan kondisi ruangan.

5. Lampu gantung

Penerangan tentunya juga perlu ada di ruang yang Anda fungsikan untuk tempat bersantai. Selain sebagai penerangan, dengan memilih jenis lampu gantung juga akan menambah kesan estetika sendiri. Dengan demikian, konsep minimalis tetap dipertahankan dengan memaksimalkan fungsi suatu benda.

6. Tanaman hias

Untuk memberikan kesan yang alami, Anda bisa meletakkan tanaman hias asli (bukan buatan). Fungsi dari tanaman ini tentunya untuk menjadikan ruang keluarga lebih asri dan menjadi sumber oksigen. Usahakan memilih jenis tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Jenis tanaman hias yang bisa dipilih diantaranya, suplir, palem, lidah mertua, bunga anggrek, tillandsia ataupun karet hias.

Itulah ulasan kami tentang ide-ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat ruangan yang cocok untuk santai. Bagaimana, tentunya sudah mempunyai ide dan gambaran bukan?, yuk segera realisasikan ide-ide yang terlintas menjadi ruangan yang cocok untuk santai dirumah anda. Selamat berkreasi. (ck)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.