Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ruangan Kedap Suara Mudah Tercipta Dengan 7 Benda Di Sekitar Anda

Ruangan kedap suara yang nyaman - diminimalis.com

Ruangan kedap suara biasanya digunakan pada tempat yang dapat menimbulkan kebisingan lingkungan sekitarnyaseperti studio musik atau ruang karaoke. Ruangan ini difungsikan agar suara yang ada di dalam tidak terdengar ke luar dan sebaliknya suara dari luar pun tidak mengganggu aktifitas di dalamnya.

Ruangan kedap suara
Ruangan kedap suara yang nyaman – diminimalis.com

Kondisi yang tenang dan sunyi memang sering kali dibutuhkan untuk beberapa aktivitas manusia. Kegiatan membaca dan menulis tentu akan lebih baik jika dilakukan dalam tempat kedap suara agar lebih bisa konsentrasi. Saat merenung apalagi pastinya akan sangat membutuhkan ruangan atau tempat yang bebas suara.

7 benda untuk membuat ruangan kedap suara

Cara membuat ruangan kedap suara dari luar dan dalam tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda bisa saja menggunakan benda-benda yang ada di sekitar Anda untuk membuatnya. Berikut ini kami ulas beberapa benda di sekitar Anda yang bisa digunakan untuk membuat ruangan di rumah Anda kedap suara. Selamat menyimak.

Lembaran gabus

Gabus merupakan benda terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai penyerap suara. Bahan yang elastis dan ringan akan memudahkan Anda dalam penggunaannya. Anda bisa memilih gabus berbentuk lembaran yang nantinya Anda tempatkan pada sekitaran sumber kebisingan. Selain ruangan menjadi kedap dengan gabus juga bisa menjadikan ruangan senantiasa hangat.

Karpet

Diminimalis yakin Anda semua memiliki karpet di rumah masing-masing. Karpet tidak hanya berfungsi sebagai alas lantai saja namun juga bisa difungsikan sebagai peredam suara. Dinding yang polos tanpa hiasan bisa Anda lapisi dengan material karpet bermotif yang tidak hanya indah namun juga bisa menjadi peredam suara kamar tidur Anda.

Tanaman

Banyak yang mungkin tidak mengira jikalau tanaman itu bisa mengurai kebisingan yang ada di sekitarnya. Tanaman yang banyak memiliki daun sebetulnya baik sekali jika Anda jadikan sebagai peredam suara. Ruangan kedap suara yang Anda ciptakan menggunakan tanaman akan nampak lebih hijau dan segar.

Tirai

Tirai atau gordyn memiliki fungsi yang penting untuk menjaga privasi Anda dari luar. Fungsi ini akan bertambah lengkap jika Anda memilih tirai yang sedikit tebal dan lebar, tujuannya agar tirai ini memiliki fungsi juga sebagai redaman suara dari dalam dan luar rumah. Bentuk dan motif tirai yang menarik bisa Anda gunakan juga sebagai pemanis ruangan.

Lukisan

Anda penggemar seni? Lukisan merupakan benda seni yang disukai oleh banyak orang. Benda ini pun bisa Anda manfaatkan untuk membuat ruangan kedap suara sederhana. Ya, sederhana karena Anda hanya cukup menempelnya di beberapa sudut dinding rumah Anda dan akan Anda rasakan perubahannya.

Rak buku

Sekat ruangan rumah minimalis
rak buku untuk meredam suara – diminimalis.com

Rak berisi penuh buku akan menjadi perdam suara yang baik. Anda bisa menempatkannya merapat ke dinding ataupun sebagai pembatas ruangan. Gunakan rak buku yang memiliki tinggi sesuai agar hasil yang diharapkan bisa maksimal. Terakhir jangan lupa Anda gunakan door draft atau pelindung udara pada pintu yang terpasang di bagian bawah untuk lebih menyempurnakan usaha Anda.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai beberapa benda di sekitaran Anda yang bisa digunakan untuk membuat ruangan kedap suara dengan mudah. Benda-benda tersebut tentunya mudah didapat dan juga ada di sekitar Anda. selamat mencoba, salam diminimalis (am).

Baca juga: tata ruang rumah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.