oleh

Cara Menata Ruang TV Sederhana dengan Konsep Minimalis yang Manis

Menonton TV bersama seringkali menjadi aktivitas rutin keluarga dalam mengisi waktu luang dan merekatkan hubungan satu sama lain. Selain itu, menonton acara kesukaan keluarga bisa menjadi sarana rekreasi dan penghilang penat paling mudah yang bisa dilakukan di rumah. Oleh karena itu, keberadaan ruang TV sederhana sebenarnya sangat dibutuhkan dalam sebuah rumah.

Tak perlu harus ruangan mewah dengan TV layar datar berukuran besar, ruang TV sederhana pun sudah bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul keluarga asalkan ditata dengan baik. Penataan ruang TV sebaiknya dilakukan dengan meminta persetujuan seluruh anggota keluarga karena ruang ini merupakan ruang publik yang digunakan oleh semua penghuni rumah. Menata ruang TV bisa Anda lakukan sendiri atau menggunakan bantuan tenaga profesional seperti desainer interior.

Ruang TV Sederhana, ruang tv kecil, ruang keluarga lesehan, ruang tv minimalis modern, desain ruang tv sempit, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang makan sekaligus ruang keluarga, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, desain ruang keluarga terbuka
Ruang TV sederhana dengan penataan dekorasi yang cantik _ Diminimalis.com

Cara Menata Ruang TV Sederhana untuk Keluarga

Meskipun sederhana, ruang TV sebaiknya dibuat nyaman dan tetap bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Ruangan ini harus mampu mengakomodasi kepentingan seluruh anggota keluarga untuk berkumpul dan berekreasi menghilangkan penat. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata ruang TV atau ruang keluarga di rumah, berikut diantaranya:

Ruang TV Sederhana, ruang tv kecil, ruang keluarga lesehan, ruang tv minimalis modern, desain ruang tv sempit, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang makan sekaligus ruang keluarga, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, desain ruang keluarga terbuka
Letakkan sofa kesayangan di ruang TV Anda – Diminimalis.com

– Letakkan sofa ataupun tempat duduk untuk keluarga
Ruang TV yang nyaman memang dibuat untuk berkumpul seluruh anggota keluarga, jadi tempat duduk adalah hal yang wajib ada di ruangan ini. Anda bisa meletakkan sofa yang nyaman dengan ukuran yang mampu menampung seluruh anggota keluarga Anda. Jika ruangan terlalu sempit untuk sofa berukuran besar, Anda bisa menggunakan karpet untuk alas duduk keluarga.

– Pilih TV dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan
Namanya saja ruang TV, jadi tentu di ruangan ini harus ada perangkat televise dan aksesori pendukungnya. TV yang Anda gunakan bisa disesuaikan ukurannya dengan kebutuhan, keinginan, dan kemapuan finansial. Anda bisa menempatkan TV berukuran besar jika ruang TV Anda pun cukup luas. Sebaliknya, jika ruangan TV terbatas Anda bisa memili TV yang berukuran lebih kecil dan tidak memakan banyak ruang.

– Meletakkan TV dengan jarak yang pas dengan sofa atau tempat duduk
Setelah Anda memiliki TV dan alas duduk, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah di mana Anda akan meletakkan keduanya. Atur jarak yang tepat antara TV dan tempat duduk agar Anda dan keluarga bisa menonton TV dengan nyaman dan tetap aman untuk mata.

Jarak antara tempat duduk dan TV dihitung berdasarkan ukuran dari TV itu sendiri. Idealnya jarak pandang yang aman dan nyaman untuk mata adalah 3 kali lipat dari ukuran TV. Jika ukuran TV Anda 14 inci maka jarak pandang ideal adalah 42 inci.

– Tambahkan lemari atau rak buku untuk meletakkan buku ataupun barang lain
Selain sofa, karpet dan TV Anda juga bisa menambahkan perabot lain di ruang TV seperti rak buku ataupun lemari. Rak buku ini bisa Anda isi dengan buku bacaan keluarga sehingga ruang TV juga bisa difungsikan sebagai ruang membaca. Lemari juga bisa Anda gunakan untuk meletakkan berbagai barang ataupun pajangan yang mempercantik ruangan.

– Sesuaikan pencahayaan ruangan
Pencahayaan adalah hal penting yang harus diperhatikan pada ruang TV. Ruang TV sebaiknya dibuat terang agar terasa lebih nyaman. Pencahayaan di ruang TV bisa didapatkan dari sumber alami maupun dari pencahayaan listrik. Arah pencahayaan perlu diatur dengan tepat supaya tidak mengganggu kenyamanan menonton.

Pencahayaan pada ruang TV yang berasal dari sinar matahari melalui jendela sebaiknya berasal dari sisi kanan atupun kiri, bukan dari arah depan ataupun belakang TV. Sementara sumber cahaya dari lampu bisa berasal dari lampu bisa berupa lampu pada plafon seperti pada umumnya.

– Atur kabel ataupun letak perangkat listrik agar aman dan tidak membahayakan
TV serta perangkat elektronik yang ada di ruang TV sebaiknya diatur dengan baik agar tidak ada kabel yang menggantung ataupun melintang di tengah ruangan. Buatlah instalasi elektronik yang rapi agar tidak menimbulkan masalah para perangkat ataupun mengganggu keselamatan penghuni rumah.

Selain itu, letak stop kontak juga perlu disesuaikan. Letakkan perangkat elektronik dekat dengan stop kontak agar kabel tidak memerlukan sambungan listrik. Tutupi bagian saklar agar tidak bisa diakses dengan mudah, terlebih jika di rumah Anda terdapat anak-anak.

Ruang TV Sederhana, ruang tv kecil, ruang keluarga lesehan, ruang tv minimalis modern, desain ruang tv sempit, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang makan sekaligus ruang keluarga, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, desain ruang keluarga terbuka
Buat desain ruang TV yang hangat – Diminimalis.com

– Buat desain ruangan yang hangat
Desain ruang TV juga memainkan peran penting dalam memberikan kenyamanan bagi penghuni. Ruang ini sebaiknya dibuat dengan nuansa hangat dan nyaman. Penggunaan warna-warna lembut sangat direkomendasikan untuk desain ruang TV dan ruang keluarga.

Anda juga bisa menambahkan bantal-bantal ataupun karpet lembut agar ruangan terlihat lebih cantik dan juga terasa lebih nyaman. Sirkulasi udara di ruang TV juga perlu dibuat dengan benar supaya ruangan tetap segar dan tidak terasa pengap meskipun tanpa tambahan pendingin udara.

Desain keseluruhan ruang TV sebaiknya dibuat dengan konsep warna yang senada baik dari perabotan, gorden hingga aksesoris pelengkapnya. Berikan pula ornamen-ornamen tambahan pada dinding untuk membuat ruangan terlihat lebih ramai dan hidup. Desain yang dibuat serasi ini akan semakin membuat Anda dan keluarga nyaman dan berlama-lama di ruang TV.

Itu tadi beberapa tips menata ruang TV sederhana. Anda pun bisa punya ruang TV yang nyaman untuk berekreasi bersama anggota keluarga tercinta tanpa perlu bermewah-mewah. Lakukan penataan ruang TV dengan kaidah yang tepat dan dengan desain yang menarik agar ruangan sederhana tetap bisa terasa nyaman dan membuat betah seluruh penghuni rumah. Selain penataan ruang TV sederhana, ada baiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa, pada rumah minimalis Anda. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed