Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Cerdas Mewujudkan Ruang Serba Guna di Rumah Minimalis Anda

Ruang serba guna di rumah dengan menyatukan fungsi anatar interior dan eksterior - Diminimalis.com

Rumah tinggal biasanya membutuhkan suatu ruangan multifungsi yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa hal sekaligus. Ruang serba guna di rumah ini biasanya sengaja dibuat agar dapat dimanfaatkan secara fleksibel. Keberadaan ruangan ini tidak hanya ada pada rumah sempit saja, rumah dengan ukuran besar pun terkadang memilikinya.

Ruang serba guna di rumah biasanya berupa sebuah ruangan yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai keluarga, tempat bermain anak, menonton televisi, tempat membaca buku, tempat belajar, dan sebagainya. Oleh sebab itu, ruangan ini biasanya didesain sedemikian rupa agar memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.
Membuat ruang serba guna di rumah yang nyaman.

Ruang Serba Guna di Rumah, perabotan rumah multifungsi, furniture multifungsi untuk rumah kecil, meja makan serbaguna, furniture minimalis serbaguna furniture multifungsi furniture lipat multifungsi, cara membuat furniture multifungsi, meja makan multifungsi, desain kamar tidur multifungsi
Ruang serba guna di rumah dengan menyatukan fungsi anatar interior dan eksterior – Diminimalis.com

Bagi Anda yang ingin membuat ruang serba guna, sangat penting untuk memperhatikan kenyamanan pengguna ruangan, yaitu seluruh anggota keluarga.Oleh karenanya, menyediakan kebutuhan semua penghuni rumah menjadi hal yang sangat penting.

Ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan agar Anda memiliki ruang serba guna yang nyaman. Bagi Anda yang penasaran mengenai apa saja yang harus diperhatikan, beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memilih perabot multi fungsi

ruamh minimalis murah
dPerabot multi fungsi di ruang makan – diminimalis.com

Perabot multifungsi menjadi pilihan yang tepat dalam membuat ruang serba guna menjadi nyaman digunakan seluruh penghuni rumah. Perabot multifungsi memungkinkan penghuni rumah melakukan aktivitasnya dengan nyaman di ruangan tersebut.

Perabot multifungsi yang dapat digunakan diantaranya adalah meja pendek dengan banyak rak yang diletakkan pada sudut ruangan. Fungsi meja tersebut untuk memberikan ruang anak melakukan aktivitasnya.

Isi rak pada meja tersebut dengan benda-benda yang dibutuhkan anak. Rak dapat diisi dengan mainan favorit, buku-buku bacaan, alat tulis dan alat gambar, serta berbagai perlengkapan yang digunakan untuk aktivitas si buah hati.

Perabot multi fungsi yang kedua adalah rak susun yang dapat digunakan untuk menyimpan aneka kebutuhan ayah dan ibu. Buat rak yang memiliki bagian terbuka (tanpa tutup) dan yang tertutup (bisa berbentuk laci atau lemari kecil).

Anda bisa meletakan aneka barang yang sering digunakan pada rak yang terbuka. Misalnya saja meletakan keranjang kecil berisi gunting, gunting kuku, selotip, stapler, dan sebagainya pada rak terbuka.

Bentuk rak dapat Anda sesuaikan dengan bentuk dan luas ruangan. Rak yang digunakan dapat berupa rak persegi panjang biasa atau rak yang berbentuk sudut sehingga dapat diletakkan di pojok ruangan. Rak juga dapat berupa rak gantung atau rak yang menempel pada dinding sehingga menghemat ruang.

Perabot multifungsi lainnya adalah sofa. Anda bisa menggunakan sofa untuk duduk santai bahkan tiduran. Tempat duduk jenis ini sangat nyaman digunakan untuk bersantai dan istirahat sejenak.

2. Perabot portabel

Selain perabot multifungsi, hal yang harus Anda miliki adalah perabot portabel. Maksud perabot portabel adalah perabot yang dapat dengan mudah dibongkar pasang saat akan dan setelah digunakan.

Perabot portabel yang harus Anda miliki salah satunya adalah meja kecil portabel. Saat Anda ingin menonton televisi sambil menikmati camilan, Anda bisa memasang meja portabel untuk meletakan camilan tersebut.

Meja portabel juga dapat digunakan saat kita ingin membaca buku sambil bersantai di ruangan tersebut. Setelah selesai menggunakannya, Anda bisa melipat meja tersebut dan menyimpannya sehingga ruangan tidak terkesan sempit.

Perabot lainnya yang bersifat portabel adalah rak yang dapat dilipat menjadi meja ketika dibutuhkan. Desain perabot kini mengutamakan kenyamanan dan keefektifan dalam pemanfaatan ruangan. Rak portabel ini salah satu contoh desain yang menarik untuk diaplikasikan dalam rumah Anda.

3. Alat elektronik sesuai kebutuhan

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Sesuaikan kebutuhan berbagai alat elektronik Anda – Diminimalis.com

Tidak lengkap rasanya jika ruang serba gua tidak dilengkapi dengan peralatan elektronik yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena aktivitas paling padat biasanya dilakukan di ruang serba gua selain di kamar tidur tentunya.

Adapun alat elektronik yang harus ada adalah televisi. Ya, televisi sepertinya menjadi hal wajib yang dipasang di ruang serba guna. Kita bisa menonton channel favorit bersama keluarga di ruang serba guna tersebut.

Selain televisi, alat elektronik yang bisa Anda tambahkan adalah konsol game. Anda bisa bermain game favorit bersama keluarga dan sahabat terdekat di ruangan tersebut. Selain itu, Anda bisa tambahkan juga home theatre jika diinginkan.

Penempatan alat elektronik pada ruang serbaguna juga sebagai kontrol secara tidak langsung mengenai apa yang ditonton anak. Hal ini menjadi penting karena ada banyak tontonan yang tidak mendidik yang kadang ditonton oleh anak-anak.

Jika kita meletakkan televisi di dalam kamar, maka kontrol terhadap hal tersebut akan sangat sulit dilakukan. Kita juga tidak akan muda mengetahui apa yang dilakukan anak di dalam kamarnya. Membiarkan mereka beraktivitas di ruang serba guna membuat kita dapat mengontrol mereka dengan lebih mudah.

Anda juga dapat membuat aturan mengenai kapan jam bermain, menonton televisi, dan bermain game pada anak jika meletakan semuanya dalam satu tempat. Sebuah cara yang sangat membantu Anda dalam mengawasi kegiatan anak di rumah.

Itu tadi 3 hal yang dapat Anda jadikan sebagai referensi agar Anda dapat membuat ruang serba guna yang nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Berbagai desain dan terobosan baru pada furnitur modern memungkinkan kita membuat sebuah ruangan yang tidak hanya nyaman tetapi juga dapat memenuhi tujuan multifungsinya.

Bagi Anda yang ingin membuat ruang serba guna di rumah, Anda bisa mempertimbangkan hal di atas sebagai solusi ruang serba guna yang nyaman. Pemilihannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga sehingga semua anggota keluarga merasa nyaman menggunakan ruangan tersebut.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.