Cara Terbaik Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga Minimalis

ruang makan dan ruang keluarga yang dengan penataan yang apik - diminimalis.com

Sebuah hunian umumnya akan terdiri dari beberapa ruangan seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang tamu hingga garasi. Ruang-ruang yang ada dapat didesain sesuka hati apalagi jika rumah yang dimiliki berukuran besar. Namun, jika lahan untuk membangun rumah terbilang terbatas, maka hal ini bisa disiasati dengan menggabungkan beberapa ruangan. Contoh yang sering ditemukan adalah ruang makan sekaligus ruang keluarga.

Menyatukan dua ruangan sekaligus bisa membuat Anda menghemat lahan serta penggunaan furnitur. Namun, tentunya diperlukan kreativitas agar ruang makan sekaligus ruang keluarga bisa tetap tampil cantik dan fungsional. Selain itu, pengaturan yang tepat akan membuat ruangan tidak terkesan penuh sesak.

Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan sempit, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, ruang makan minimalis mungil, desain dapur dan ruang makan mungil, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang makan dan ruang keluarga yang dengan penataan yang apik – diminimalis.com

Tertarik untuk menggabungkan ruang makan serta ruang keluarga? Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti. Langkah-langkah di bawah ini akan membuat gabungan antara ruang makan dan ruang keluarga tetap tampil menarik, nyaman ditempati dan memenuhi fungsi dasar masing-masing.

Tips Mengatur Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Mendekorasi ruang makan, dekorasi ruang makan sempit, dekorasi ruang makan minimalis, ruang makan sekaligus ruang keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
Gunakan meja panjang untuk ruang makan Anda – diminimalis.com

1. Gunakan Meja Panjang
Ruang makan tentu akan membutuhkan meja sebagai tempat meletakkan makanan, sementara ruang keluarga membutuhkan tempat duduk yang bisa digunakan dengan nyaman. Inspirasi menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga bisa dilakukan dengan meletakkan meja panjang atau sofa empuk serta beberapa buah kursi. Ketika tidak digunakan untuk makan, meja panjang atau sofa empuk ini akan dapat digunakan untuk duduk santai.

Meja yang ada sendiri bisa digunakan sebagai tempat meletakkan laptop hingga alas bermain kartu. Letakkan camilan di atas meja sehingga kegiatan bersantai di sini semakin seru bersama seluruh anggota keluarga. Penggabungan ruang keluarga dan ruang makan ini akan tetap membuat penghuni rumah merasa nyaman di dalamnya.

2. Gunakan Meja Bundar
Terdapat beberapa hunian yang memang benar-benar dibangun di atas lahan terbatas serta ingin menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan minimalis. Gunakan meja makan bundar untuk menyiasatinya. Bentuknya yang bundar takkan memakan banyak ruang.

Letakkan meja makan bundar ini di depan sofa lalu lengkapi dua kursi pada samping kanan dan kirinya. Posisi ini akan membantu penghuni rumah dalam menikmati makanan sembari menonton televisi. Jika ingin bersantai menggunakan meja, maka mejanya bisa dipindahkan dengan mudah untuk sementara ke sudut ruangan.

3. Letakkan Furniture Menghadap Dinding
Ruangan dengan bentuk yang memanjang bisa menerapkan tips berikut. Pilih sofa tiga dudukan yang panjang lalu letakkan menghadap dinding di mana ada televisi. Di balik sofa, letakkan meja makan yang ukuran panjangnya sama dengan sofa itu. Letakkan secara berdempetan agar tak ada jarak terbuang percuma.

Inspirasi desain dapur dan ruang makan sederhana ini juga bisa dilengkapi kursi. Letakkan pada satu sisi yang menghadap ke arah dinding. Kedua ruangan dapat pula diberi partisi berupa tirai transparan apabila diperlukan.

4. Warna-warna Cerah

Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga, Desain Ruang Makan dan Ruang Keluarga jadi satu, Desain Ruang Makan sekaligus Ruang Keluarga
ruang makan dan ruang keluarga dengan nuansa warna cerah – diminimalis.com

Pemilihan warna cat dinding akan dapat menambah kesan ceria pada ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga. Selain itu, pemakaian warna cerah akan membuat ruangan yang sempit tampak lebih luas serta nyaman. Salah satu warna yang bisa dipilih adalah kuning karena memberi efek segar pada ruangan.

Selain penggunaan warna kuning, bisa juga ditempatkan sebuah cermin besar yang akan memberi aksen tersendiri serta memegang peranan penting pada ruangan. Jika masih ragu menggunakan warna kuning yang dominan, maka gunakan warna ini sebagai aksen saja. Misalnya, pakai warna ini pada permukaan meja, sofa hingga bunga penghias meja. Aksen warna cerah akan menghasilkan kesan yang memukau.

5. Batasi Dengan Karpet
Untuk ruangan yang ukurannya kecil, menggunakan elemen partisi seperti lemari pajangan atau tirai akan membuatnya makin tampak sempit serta tertutup. Dibutuhkan pengaturan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat yang bisa tetap membuat kedua ruangan tersebut fungsional dan tampak menarik. Salah satunya adalah melalui penggunaan karpet.

Gunakan karpet ini pada salah satu bagian, misalnya di area ruang keluarga. Adanya karpet dimaksudkan sebagai pembatas antara ruang makan serta ruang keluarga. Walau keduanya ada di satu ruangan yang sama, namun adanya karpet akan memberi batasan yang jelas di mana ruang makan dan di mana ruang keluarga.

6. Breakfast Nook ala Eropa dan Amerika
Hunian di Amerika serta Eropa seringkali dibuat dengan dilengkapi breakfast nook. Fungsi dari breakfast nook ini ialah tempat untuk menikmati sarapan, terutama karena sarapan di sana tidak seberat di Indonesia. Orang-orang Eropa serta Amerika akan menikmati sarapannya dengan santai dan menyenangkan, misalnya sambil membaca koran.

Ide ini bisa diadopsi untuk membangun ruang keluarga yang digabung dengan ruang makan berkonsep minimalis. Mudah saja membuat breakfast nook ini. Sediakan satu sudut dalam hunian, kemudian letakkan sofa tufted dengan posisi menjorok pada dinding sehingga seolah menyatu detannya. Letakkan meja dan kursi di depannya, maka jadilah breakfast nook ala Erppa dan Amerika.

7. Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Makan dan Dapur
Inspirasi ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan ialah terhubung juga dengan dapur. Supaya tampak menarik serta menonjol, gunakan warna-warna kontras seperti biru. Area makan sekaligus area keluarga bisa dilengkapi aneka bantal duduk maupun alas kursi. Pilih kombinasi warna-warna cerah agar menambah kesan ceria.

Itulah ragam inspirasi ruang makan sekaligus ruang keluarga. Pengaturan yang tepat akan membuat kedua ruangan tersebut tetap tampak cantik, menarik dan fungsional. Kita juga dapat mengaturnya sesuai selera dan keinginan masing-masing. Selain memahami cara membuat dekorasi ruang makan sekaligus ruang keluarga, ada baiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa agar interior Anda semakin nampak elegan. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.