oleh

15 contoh ruang keluarga dengan penataan yang simpel ini bisa Anda coba

Ruang keluarga dengan penataan yang simpel namun tetap indah tentu menjadi dambaan hampir setiap orang. Ruangan dengan fungsi sakralnya sebagai tempat favorit untuk berkumpul keluarga menjadi sebuah kebutuhan yang muali diperhatikan. Karena dari ruangan itulah keakraban dan harmonisasi keluarga seringkali didapatkan.

Memiliki ruang keluarga yang nyaman dan representatif bisa diupayakan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan merencanakan desainnya dengan sebaik mungkin. Anda harus bisa memilih gaya desain interior, perabotan dan dekorasi yang pas agar nantinya ruang keluarga yang indah bisa terwujud.

ruang keluarga dengan penataan yang simpel-diminimalis.com.png8.png
Ruang keluarga yang simpel-diminimalis.com

Ide mendesain ruang keluarga dengan penataan yang simpel

Seperti kita ketahui bahwa peran penting dari ruang keluarga sebagai tempat untuk berkumpul dan ber-quality time tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karenanya tidak heran jika para pemilik rumah minimalis saat ini pun mencoba membuat ruang keluarga di tengah keterbatasan lahan.

Tahukah Anda bahwa meski dengan luas yang terbatas, Anda bisa membuat ruang keluarga yang nyaman. Berikut kami uraikan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penataan ruang keluarga.

1. Penyesuaian tema ruang

Berkaitan dengan tema ruangan, tentu saja harus selaras dengan tema rumah Anda secara keseluruhan. Misalnya jika rumah Anda mengusung tema natural dengan banyak bukaan pintu/jendela menuju taman, maka ruang keluarga bisa didesain dengan nuansa yang serupa juga.

Pemilihan tema ruangan ini sangat penting mengingat kenyamanan dalam beraktivitas dalam sebuah ruang tidak hanya bergantung pada fasilitas ruangan semata. Namun tampilan fisik juga memilik peran penting di dalamnya.

Nah, jadi sebelum merencanakan penataan ruang keluarga lebih detail sebaiknya buatlah perencanaan desain dan kebutuhan perabot yang pas untuk menunjang tema yang Anda usung tersebut.

Baca juga: Aneka Gaya Desain Interior Ruang Tamu Modern Dan Elegan Terbaru

2. Pemilihan warna ruangan

Bakal ruangan dengan luas terbatas tentu harus mempertimbangkan segala sesuatunya agar tidak membuat ruangan semakin sempit. Dengan space yang terbatas, ruang keluarga Anda bisa didesain simpel dan semenarik mungkin.

Pemilihan warna cat dinding ruangan menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan dengan baik. Warna-warna netral bisa dipilih sebagai tema warna ruangan keluarga Anda. Hindari memilih warna yang gelap karena warna gelap hanya akan memberikan efek semakin sempit pada ruangan.

3. Pemilihan dan penataan perabot/furniture

Perabot ruangan menjadi penting untuk diperhatiakn mengingat space ruangan yang tidak terlalu luas. Anda tidak bisa sembarang memasukkan perabot yang sekiranya hanya akan memakan tempat terlalu banyak.

Utamakan memasukkan perabot yang memiliki nilai fungsi yang tinggi untuk berada di ruang keluarga Anda. Meminimalisir perabot yang masuk akan memberikan dampak yang besar terhadap kenyamanan ruangan saat dipakai.

Selain membatasi perabotan yang masuk, penataannya juga harus direncanakan dengan baik. Anda bisa mengatur sofa dengan tatanan yang menarik. Bisa disusun berderet atau melingkar tergantung jumlah sofanya.

4. Penambahan tirai/gorden

Untuk menambah estetika ruangan, Anda bisa menambahkan elemen dekorasi lain seperti tirai/gorden. Pilihlah tirai dengan corak dan motif yang menarik dan eye catching. Selain sebagai penunjang penampilan, tirai juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pencahayaan berlebih saat siang hari.

5. Pencahayaan harus tepat

Satu hal lagi yang tidak boleh diabaikan dari desain sebuah ruangan adalah sistem pencahayaan. Untuk ruang keluarga minimalis sebaiknya dibuat jendela besar untuk memberikan cahaya alami masuk.

Pemasangan jendela sebagai bagian dari ventilasi rumah sebaiknya dirancang khusus untuk memberikan efek terang di ruang keluarga . Begitupun juga untuk suasana malam hari, penataan lampu ruangan juga harus diatur sedemikian rupa agar justru tidak mengganggu kenyamanan bersama.

6. Menambahkan rak dinding

Selain sebagai ruang untuk bersantai dan berkumpul bersama, Anda juga bisa menjadikan ruang keluarga sebagai tempat membaca. Anda bisa menambahkan rak buku pada ruang keluarga Anda. Untuk mengurangi kesan lebih sempit jika dipasang berdiri pada lantai, alternatifnya adalah dengan memasangnya pada dinding.

Memasangnya menempel pada dinding akan bisa menjamin kenyamanan Anda dan keluarga saat berada di ruangan.

7. Menambahkan karpet

Selain tips desain interior di atas, Anda juga bisa menambahkan karpet pada ruang keluarga Anda. Pilihlah karpet yang nyaman untuk duduk lesehan. Karpet yang empuk bisa menjadi pilihan, bahkan bisa juga untuk menggantikan peran sofa sebagai tempat duduk.

Berikut 15 contoh desain ruang keluarga simpel.

Nah, demikianlah ulasan seputar desain ruang keluarga dengan penataan yang simpel. Semoga bermanfaat! (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed