oleh

Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga untuk Bermain Menunggu Buka

Tak terasa hanya tinggal hitungan hari lagi bulan Ramadhan tiba, dan umat muslim kembali menjalankan ibadah puasa. Bagi orang tua yang memiliki anak-anak, tentu akan perlahan mengajarkan anaknya untuk berpuasa. Beberapa orang tua bahkan melakukan berbagai macam trik untuk membuat sang anak ‘lupa’ akan puasanya. Salah satunya dengan membuat ruang bermain anak di bawah tangga, untuk menjadi tempatnya menghabiskan hari dengan bermain dan belajar agar ‘lupa’ dengan puasanya.

Lupa yang dimaksud di sini adalah agar sang buah hati tidak mudah merasakan segala sesuatu yang membuat ia menyerah saat menahan haus dan lapar. Keberadaan ruang bermain anak bawah tangga sejatinya bisa menjadi salah satu cara mewujudkan hal tersebut. Lantas, apa yang bisa Anda buat untuk sang buah hati?

 ruang bermain anak di bawah tangga, pemanfaatan ruang bawah tangga, ruang bawah tangga rumah minimalis, lemari bawah tangga terbaru, desain rak tv bawah tangga, cara membuat lemari bawah tangga, ruang tv dibawah tangga, furniture bawah tangga, lemari bawah tangga kaca
Salah satu contoh ruang bermain anak bawah tangga yang cantik – Diminimalis.com

Ide Kreatif Membuat Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga

Ada banyak cara kreatif untuk membangun ruang bermain anak di bawah tangga rumah minimalis. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

1. Kolam bola bawah tangga

Kolam bola merupakan tempat bermain favorit anak-anak. Daripada harus jauh-jauh bermain di luar rumah, seperti di restoran atau mall misalnya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah di area bawah tangga. Selain tidak makan tempat, area bawah tangga cukup mudah diawasi.

Buatlah ruang dibawah tangga menggunakan bantalan atau busa-busa yang dibentuk sedemikian rupa menyesuaikan bentuk tangga di rumah Anda. Kemudian beli beberapa packs bola-bola warna-warni. Aplikasikan ke ruang yang telah dibuat khusus tadi. Jangan lupa untuk menambahkan bantalan di sekitar dinding-dinding bawah tangga demi keamanan dan kelulasaan sang buah hati saat bermain.

Dengan begini, anak akan menghabiskan waktu seharinya untuk bermain. Sembari bermain, Anda bisa sambil mengajarkannya perihal makna puasa dan lain sebagainya. Buatlah permainan-permainan seru tetang pengetahuan dengan memanfaatkan kolam bola agar buah hati Anda tidak hanya bermain-main, melainkan juga belajar.

2. Permainan tradisional

Saat Anda kecil, mainan-mainan tradisional tentu hampir setiap hari dimainkan. Congklak, monopoli, catur, bekel, dan lain sebagainya menjadi permainan wajib saat berkumpul bersama teman-teman. Namun di tengah banyaknya aplikasi permainan melalui gadget, permainan tradisional kurang diminati anak-anak masa kini. Nah, disinilah saatnya Anda memperkenalkan permainan tradisional pada anak.

Buatlah rak-rak sebagai tempat penyimpanan permainan tradisional anak. Kemudian tambahkan space untuk Anda menggelar karpet busa bongkar pasang. Area ini akan menjadi tempat bermain khusus yang sangat menyenangkan bagi anak untuk menghabiskan waktunya selama berpuasa.

3. Wall Climbing
Olahraga panjat tebing sangat cocok untuk melatih konsentrasi, keberanian, dan stamina saat anak saat berada dalam masa pertumbuhan. Namun, apakah wall climbing hanya bisa dilakukan di luar rumah? Tentu tidak.

Anda bisa memanfaatkan area bawah tangga untuk dijadikan wahana wall climbing. Ia akan puas bermain tanpa merasakan bahwa si kecil tengah berpuasa. Jangan lupa untuk selalu mengawasinya kala bermain. Jangan lupa pula menaruh matras dan beberapa bantalan-bantalan di tempat yang kiranya berbahaya.

4. Ruang baca anak

desain perpustakaan pribadi, desain perpustakaan pribadi minimalis, desain ruang perpustakaan pribadi
perpustakaan pribadi yang memanfaatkan ruang di bawah tangga – diminimalis.com

Anak Anda gemar membaca hingga lupa waktu? Bagus sekali karena Anda tinggal memfasilitasinya dengan menghadirkan ruang baca khusus di rumah Anda. Tempatkan ruang baca ini di bawah tangga untuk menghemat ruangan.

Anda bisa membuat ruang bawah tangga menjadi tempat yang menyenangkan untuk menyimpan buku-buku sang anak. Susunlah buku-buku bacaannya secara teratur dan rapi. Buatlah lampu dan sofa khusus yang menyenangkan, sehingga ia tak mudah bosan. Area bawah tangga juga menjadi lebih estetik dan Anda leluasa mengawasi sang anak kala membaca.

5. Buat sirkuit mobil-mobilan

Anak laki-laki biasanya tak pernah lepas dari mainan yang satu ini. Mereka akan bermain di mana saja, sehingga membuat rumah menjadi nampak selalu berantakan. Karenanya, area bawah tangga ini merupakan area yang sangat pas untuk dibuatkan sirkuit mobil-mobilan anak. Rumah tak berantakan lagi karena anak-anak memiliki ruang permainan khusus.

Pemanfaatan ruang bawah tangga untuk ruang bermain anak bisa berupa permainan apa saja. Namun ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat membuat area bermain untuk anak di bawah tangga. Hal ini terkait dengan keamanan dan keleluasaan anak saat bermain, yaitu sebagai berikut:

1. Pilih furniture yang pasti aman

Masa anak-anak adalah masa aktif pertumbuhan, termasuk sistem imunnya yang juga tengah bertumbuh dan berkembang. Karenanya, fisik anak-anak tak sekiuat orang dewasa. Untuk itu, gunakanlah furniture yang tidak membahayakan.

Jika Anda menggunakan kayu, gunakanlah kayu yang dihaluskan. Jika menggunakan plastik, lapisilah plastik dengan cat aman. Hindari penggunaan karpet bulu yang mudah menyerap debu. Anda bisa menggantinya dengan karpet bongkar pasang anti slip

2. Sediakan selalu bantalan atau matras
Jangan pernah membiarkan anak bermain tanpa wadah empuk di lantai. Anak-anak sedang dalam masa aktif, karenanya tak jarang ia kerap jatuh saat bermain. Sebelum bagian tubuhnya terbentur benda keras, siapkanlah bantalan atau matras di area bermainnya.

3. Tempatkan rak penyimpanan

ruang bermain anak di bawah tangga, pemanfaatan ruang bawah tangga, ruang bawah tangga rumah minimalis, lemari bawah tangga terbaru, desain rak tv bawah tangga, cara membuat lemari bawah tangga, ruang tv dibawah tangga, furniture bawah tangga, lemari bawah tangga kaca
Desainlah ruang bawah tangga dengan warna-warni yang ceria – Diminimalis.com

Pilihlah kotak atau rak transparan untuk menyimpan permainan si kecil, Anda juga dapat memisahkan mainan berdasarkan jenisnya. Hal ini akan memudahkan pencarian dan perapian.

4. Bermain dengan warna

Hindari warna solid yang memungkinkan anak menjadi bosan. Semakin banyak warna, akan semakin baik untuk stimulasi sang anak. Pilihlah cat atau wallpaper yang mudah dibersihkan. Adanya ruang bermain anak di bawah tangga, akan membuat orangtua lebih mudah mengawasi sang anak. Memanfaatkan ruang bawah tangga, merupakan ide kreatif untuk membuat tempat bermain bagi anak di rumah minimalis Anda.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed