oleh

Inilah Resep Opor Ayam Lebaran Yang Lezat dan Istimewa

Ketika lebaran, berbagai makanan memang biasa dihadirkan untuk melengkapi suasana agar semakin istimewa. Ada banyak makanan yang biasa dihadirkan ketika lebaran tiba salah satunya adalah opor ayam. Diberbagai daerah di Indonesia, opor ayam memang menjadi salah satu pilihan menu makanan yang paling populer karena memang rasanya lezat dan resep opor ayam lebaran pun sangat mudah.

Mudahnya resep opor ayam lebaran memang menjadi salah satu faktor yang paling diperhatikan. Ketika lebaran tiba, tentu saja lebih baik mengedepankan momen kebersamaan. Jika terlalu sibuk untuk masak, justru momen lebaran akan terlewatkan terutama untuk anggota keluarga yang bertugas untuk memasak. Selain itu, opor juga sudah menjadi menu makanan yang selalu dihadirkan sejak lama ketika lebaran tiba sehingga memang tidak akan terasa lengkap jika tidak ada opor ayam.

 Resep Opor Ayam Lebaran, resep opor ayam lebaran enak, resep opor ayam spesial, resep opor kuning lebaran, resep opor ayam asli, resep opor putih lebaran, resep opor ayam ketupat lebaran, resep opor ayam sederhana, resep opor ayam kuning spesial
Opor ayam menjadi resep yang hampir selalu ada pada hidangan lebaran – Diminimalis.com

Menariknya, saat ini telah tersedia ragam resep opor ayam lebaran enak yang dapat diketahui secara mudah diinternet. Mulai dari adanya ulasan resep diblog hingga adanya aplikasi khusus untuk resep, semuanya sangat membantu siapapun yang ingin menyiapkan opor ayam lebaran. Namun, banyaknya resep opor ayam lezat justru seringkali membuat bingung mana yang paling baik untuk dipilih. Untuk itulah kali ini akan diberikan beberapa pilhan resep yang bisa Anda pilih untuk menghadirkan menu sajian lebaran yang lezat dan istimewa.

Inilah Pilihan Resep Opor Ayam Lebaran Yang Lezat Dan Istimewa

• Resep opor ayam putih

Pilihan yang pertama adalah resep opor putih lebaran. Resep yang satu ini sering dipilih karena terbilang resep opor ayam yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan ayam kampung utuh dengan potongan sesuai selera, santan kental dan santan encer, daun salam, dan berbagai bumbu opor lainnya seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, dan sebagainya.

Untuk cara membuatnya sangatlah mudah. Tahap pertama Anda hanya perlu menumis bumbu halus hingga tercium harum lalu masukkan potongan ayam yang telah disiapkan. Setelah diaduk, masukkan santan encer yang telah disiapkan tadi lalu aduk kembali. Setelah menunggu hingga terlihat menyusut, Anda perlu tambahkan santan kental dan bumbu lain yang telah disiapkan dan tunggu hingga daging terasa empuk barulah dihidangkan bersama ketupat.

• Resep opor ayam padang

 Resep Opor Ayam Lebaran, resep opor ayam lebaran enak, resep opor ayam spesial, resep opor kuning lebaran, resep opor ayam asli, resep opor putih lebaran, resep opor ayam ketupat lebaran, resep opor ayam sederhana, resep opor ayam kuning spesial
Ketupat menjadi pasangan ideal untuk menu opor ayam – Diminimalis.com

Selain opor ayam sederhana, Anda bisa juga membuat opor ayam padang yang istimewa. Menu makanan yang satu ini sangatlah cocok untuk keluarga yang gemar dengan menu masakan padang terutama kuah kental yang merah dan memiliki rasa yang pedas. Tampilan dari opor ayam yang satu ini memang terlihat berbeda namun justru bisa menghadirkan sajian yang istimewa dihari raya.

Untuk membuatnya terbilang sangat mudah. Menyiapkan bahan untuk opor ayam padang tidaklah berbeda jauh dari opor biasa seperti ayam yang dipotong-potong, santan kental dan cair, bumbu dampur dan bumbu halus, serta adanya tambahan cabai merah sebagai cita rasa pedas yang memang dihadirkan pada resep opor ayam padang.

Proses membuatnya juga terbilang sama dengan membuat opor biasa. Dimuali dengan mencuci dan memotong ayam sesuai selera, lalu menyiapkan bumbu-bumbu untuk dihaluskan. Setelah siap, tumis semua bumbu halus pada minyak panas lalu kemudian masukkan ayamnya. Setelah tercium harum, masukkan santal cair beberapa saat hingga sedikit menyusut baru kemudian tambahkan santan kental.

Setelah itu, perlu Anda cicipi rasanya agar bisa terasa apakah sudah lezat atau perlu tambahan bumbu. Jika sudah pas, biarkan ayam menjadi empuk dan matang baru nantinya bisa disiramkan di atas ketupat. Untuk lebih menambah rasa gurih dan lezat, perlu juga Anda tambahkan bawang goreng di atas opor ayam padang ini.

• Resep opor ayam kuning

membuat Rendang ala Padang, resep rendang padang hitam, resep rendang padang sederhana, resep rendang padang asli minang, bumbu rendang padang spesial, resep rendang padang istimewa, resep rendang padang kering, resep rendang ayam padang, resep rendang padang pariaman
Selain opor ayam, rendang juga cocok disajikan saat lebaran – Diminimalis.com

Ada juga satu resep yang juga sangat pas untuk dihadirkan saat lebaran yaitu opor ayam kuning. Pada dasarnya, pembuatan dan reep opor ayam yang satu ini tidak berbeda dengan pembuatan soto. Perbedaannya, tentu ada pada bahan santan yang memang menjadi bahan utama opor.

Lalu untuk perbedaan lainnya antara resep opor ayam kuning dan opor lainnya adalah pada tampilan dan cara memasak ayamnya. Tampilan dari opor ini terlihat kental dan kuning hasil dari bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, dan juga kemiri serta terutama penggunaan bahan-bahan lengkuas dan kunyit.

Cara membuatnya sangat sederhana karena hanya dengan diawali menyiapkan ayam potongnya dan menyiapkan bumbu halusnya. Setelah itu, masak terlebih dahulu ayam yang telah dibersihkan dan dibaluri dengan jeruk nipis dipenggorengan hingga setengah masak. Setelah itu, tumis bumbu ditempat yang terpisah dan campurkan bumbu dan ayam yang telah disiapkan tadi. Kemudian, masukkan santan cair, serai dan daun jeruk hingga tercium harum dan terakhir masukkan santai kental.

Setelah ayam mulai terasa empuk, maka proses memasak opor ayam kuning ini telah selesai dan opor ayam bisa langsung dihidangkan. Opor ayam yang satu ini akan semakin terasa lengkap dan lezat jika ditaburkan bawang goreng dan juga ditemani kerupuk udang.

Secara garis besar, keistimewaan opor ayam lebaran ada pada ketupatnya. Ya, agar terasa istimewa dan terasa hari lebarannya, maka jangan gunakan nasi sebagai sumber karbohidrat ketika menyantap opor ayam. Pilihlah ketupat yang memang identik dengan hari lebaran agar opor ayam terasa lezat dan istimewa.

Selain opor ayam, Anda juga bisa menyajikan rendang ala padang yang cocok disajikan saat hari raya. Dengan begitu menu lebaran Anda akan terasa lengkap dan istimewa untuk disajikan kepada tamu-tamu Anda. (an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed