Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ternyata Begini Resep Membuat Rendang yang Empuk dan Lezat

Diperlakukan berbagai tahapan yang tepat untuk membuat daging rendang menjadi empuk - Diminimalis.com

Rendang merupakan masakan yang berasal dari padang yang sudah banyak di kenal masyarakat seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Rasa gurih dengan kuah kental yang meresap di daging, membuat masakan ini begitu lezat dan digemari berbagai kalangan. Meski sudah banyak orang yang paham cara memasak rendang, namun semuanya sukses untuk membuat daging rendang menjadi empuk. Nah pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda, resep membuat rendang yang empuk, sehingga tidak alot ketika dimakan.

resep memasak rendang empuk, resep membuat rendang empuk, bumbu rendang daging sederhana, resep rendang padang,
Diperlakukan berbagai tahapan yang tepat untuk membuat daging rendang menjadi empuk – Diminimalis.com

Resep membuat rendang yang empuk dan lezat

Sebelum membahas tentang resep membuat rendang yang empuk, kami akan paparkan terlebih dahulu resep bahan-bahan utama untuk yang akan Anda butuhkan untuk memasak rendang, yaitu:

Bahan utama rendang :

• Daging sapi lulur 500 gram, potong melebar kurang lebih 12 bagian
• Daun kunyit 2 lembar
• Daun jeruk 2 lembar
• Serai 2 batang, memarkan
• Pekak 1 buah
• Kelapa parut sangrai 2 sendok makan
• Santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
• Minyak goreng 2 sendok makan

Resep bumbu halus:

• Bawang merah 10 butir
• Bawang putih 6 siung
• Cabai merah 150 gram
• Cabai rawit sesuai selera
• Kemiri 5 butir
• Jinten 1/2 sendok teh
• Ketumbar 1 sendok teh
• Kunyit 1/2 cm
• Jahe 1 cm
• Garam secukupnya

Cara memasak Rendang :

• Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan putih, cabai, jahe dan lengkuas. Balur daging sapi yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang dihaluskan, tunggu sampai selama 30 menit.
• Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum.
• Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna.

• Masukan santan kental, merica bubuk, daun sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir, kemudian aduk hingga merata dan sobekan daun kunyit. Tunggu sampai santan mendidih, dan sedikit mengeluarkan minyak, kemudian Kecilkan api, masak hingga daging matang, berminyak dan kecoklatan.
• Campurkan bahan pelengkap kedalam rendang kemudian aduk lagi sampai merata

Bahan dan cara memasak di atas, merupakan resep stAndar yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun untuk membuat daging rendang Anda menjadi empuk, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan, antara lain.

Pemilihan daging

resep memasak rendang empuk, resep membuat rendang empuk, bumbu rendang daging sederhana, resep rendang padang,
Pemilihan daging sangat menentukan hasil dari masakan rendang Anda – Diminimalis.com

Untuk mendapatkan bentuk rendang yang utuh meskipun dimasak lama, sebaiknya Anda memilih daging sapi bagian paha. Karena pada bagian tersebut biasanya tekstur daging lebih kuat, jadi tidak akan mudah hancur. Pastikan juga Anda membuang bagian lemak sapi yang masih menempel pada permukaan daging agar nantinya rendang Anda tidak alot.

Daging dipipihkan terlebih dahulu

Sebelum dimasak irislah daging dengan ukuran dengan ketebalan kurang lebih 1 Cm. Kemduian pukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi tumpuh hingga menjadi agak pipih. Daging yang sudah pipih ini dapat membuatnya lebih empuk setelah dimasak.

Balur dengan parutan buah nanas

Nanas dikenal sebagai bahan yang efektif untuk mengurangi kealotan daging. Biasanya nanas kerap digunakan untuk membaluri daging kurban sebelum dimasak. Bahkan banyak penjual sate kambing yang juga menerapkan metode ini untuk membuat dagingnya menjadi empuk.

Caranya, setelah dicuci bersih, balur seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang telah dihaluskan. Diamkan antara 20 menit hingga 30 menit. Setelah itu, dicuci bersih supaya rasa nanasnya hilang, baru dimasak.

Dengan membalurkan parutan nanas, waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang tidak akan memakan waktu terlalu lama, karena daging sudah empuk dan memudahkan bumbu untuk meresap ke dalamnya.
Nanas yang paling baik untuk digunakan adalah nanas yang masih muda dan tidak terlalu matang. Sebab nanas yang masih mudah memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuk menguraikan serat daging sapi, kambing atau kerbau. Dengan begitu, daging yang kita masak akan cepat menjadi empuk. Sembari menunggu tekstur daging berproses menjadi empuk, Anda bisa menyiapkan aneka bumbu yang dibutuhkan untuk memasak.

Potong daging dalam ukuran besar

Jika Anda akan memasak rendang seharian, sebaiknya Anda memotong daging dengan ukuran sedang atau besar, jangan terlalu kecil. Daging berukuran kecil akan hancur jika dimasak terlalu lama, sehingga kurang menarik untuk dihidangkan. Pastikan juga Anda memotong daging dengan tepat, yaitu searah dengan serat daging yang panjang.

Sangrai daging sapi terlebih dahulu

Agar tekstur daging makin tidak mudah hancur, Anda bisa menyangrai daging terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam bumbu rendang. Jika permukaan daging sudah berwarna cokelat, angkat dan tiriskan. Daging rendang pun siap masuk ke dalam rebusan bumbu-bumbu.

Masak rendang dalam api kecil

Hindari memasak dengan api besar, karena hal ini akan membuat daging rendang Anda menjadi keras dan bumbunya pun tidak akan meresap dengan sempurna. Masaklah rendang dengan api kecil dan tunggu selama 3-4 jam. Meski membutuhkan waktu lama, namun hal ini ditujukan agar bumbunya dapat akan meresap dengan sempurna ke dalam daging.

Hindari mengaduk rendang terlalu sering

Hindari mengaduk rendang yang sedang dimasak terlalu sering, karena hal tersebut akan membuat tekstur daging jadi hancur dan tidak menarik lagi. Aduk rendang sesekali saja dengan pelan untuk memastikan semua bagian daging terendam bumbu dengan baik.

Demikian ulasan kami tentang resep membuat rendang yang empuk. Semoga ulasan di atas dapat menambah referensi bagi Anda untuk menyajikan masakan terbaik bagi keluarga tercinta. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.