Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik yang Sebaiknya Anda Ketahui

Ada berbagai resep masakan yang bisa Anda sajikan menggunakan oven listrik - Diminimalis.com

Bagi Anda yang gemar memasak tentu sudah tak asing dengan oven listrik. Bahkan, bisa jadi oven listrik adalah perangkat yang wajib dimiliki di rumah. Apalagi karena ada banyak resep masakan menggunakan oven listrik yang bisa dipraktekkan.

Resep masakan oven listrik yang umum ditemui ialah aneka jenis kue panggang. Penggunaan oven listrik akan bisa memudahkan proses pembuatan kue panggang. Namun, oven listrik sendiri tak sekedar berguna dalam membuat kue. Banyak jenis makanan lain yang bisa dimasak dengan bantuan oven panggang.

Mulai dari cake hingga ayam panggang, semuanya bisa dimasak dengan menggunakan oven listrik. Masakan yang berbeda akan beda juga cara menggunakan oven listrik untuk memanggangnya. Berikut adalah beberapa ragam masakan yang bisa dibuat dengan oven listrik.

 Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik, resep masakan oven rumah, resep masakan oven kumpulan tips, cara menggunakan oven listrik merk kirin, resep kue yang di oven, cara menggunakan oven listrik untuk kue bolu, cara menggunakan oven listrik cosmos, cara memanaskan oven listrik, suhu oven listrik untuk kue bolu
Ada berbagai resep masakan yang bisa Anda sajikan menggunakan oven listrik – Diminimalis.com

Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik Kue Kering

Untuk pembuatan kue kering, tentu Anda harus terlebih dahulu menyiapkan peralatan lengkap untuk membuat kue kering. Selanjutnya Anda harus membuat adonan lalu meletakannya di atas loyang. Setelah itu, barulah tiba proses pemanggangan dengan menggunakan oven listrik. Berikut adalah langkah-langkah memanggang kue di oven listrik.

1. Siapkan oven dan panaskan sampai suhu 200 derajat Celcius. Atur suhu low medium supaya panasnya stabil.
2. Masukkan loyang yang berisi kue pada rak paling atas, kemudian set timer serta suhu sesuai resep kue tersebut.
3. Sambil menunggu kuenya matang, sesekali pindahkan loyang dari rak bawah ke rak atas. Lakukan secara bergantian dan jangan lupa untuk memutarnya searah jarum jam agar kue kering bisa matang secara merata
4. Jika timer sudah berhenti, artinya kue telah matang. Angkat loyang dan matikan oven tersebut.

Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik Untuk Cake

 Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik, resep masakan oven rumah, resep masakan oven kumpulan tips, cara menggunakan oven listrik merk kirin, resep kue yang di oven, cara menggunakan oven listrik untuk kue bolu, cara menggunakan oven listrik cosmos, cara memanaskan oven listrik, suhu oven listrik untuk kue bolu
Pastikan Anda memilih masakan sehat untuk diolah menggunakan oven listrik Anda – Diminimalis.com

Agar cake bisa mengembang dengan sempurna, kita bisa menggunakan oven listrik. Cara menggunakan oven listrik untuk memanggang cake ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika salah, maka cake yang dipanggang bisa berakhir gosong.

1. Panaskan oven sampai dengan suhu 200 derajat Celcius, kemudian turunkan pengaturan suhu hingga low medium supaya panasnya stabil.
2. Letakkan loyang yang telah berisi adonan cake pada rak tengah
3. Set timer serta mode pemanggangan. Apabila pada oven terdapat mode pemanggangan panas atas dan bawah, pilih mode tersebut supaya cake bisa matang dengan merata.
4. Jangan dibiasakan untuk membuka tutup oven walau hanya sebentar guna mengecek apakah cake telah matang. Barulah saat pertengahan proses memanggang, Anda bisa memutar loyang supaya cake bisa matang merata.
5. Jika timer sudah berhenti dan cake telah matang, angkat loyang cake kemudian matikan oven.

Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik untuk Ayam Panggang

menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk diet, daftar menu sahur, resep menu sahur sebulan, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur agar tidak lemas, menu sahur anak kos, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa,
Ayam panggan bumbu kecap – Diminimalis.com

Masakan lain yang sering diolah dengan bantuan oven listrik ialah ayam panggang. Cara menggunakan oven listrik untuk ayam panggang ini tentu akan berbeda dari memanggang kue ataupun cake. Berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Bumbui terlebih dahulu satu ekor ayam utuh sembari memanaskan oven dengan suhu 232 derajat Celcius dalam waktu kira-kira 20 menit.
2. Keluarkan rak yang tak terpakai karena pemanggangan ayam hanya akan membutuhkan rak terbawah saja
3. Letakkan ayam pada rak pemanggan. Posisikan bagian dada dari ayam tersebut menghadap ke atas
4. Turunkan suhu dari oven listrik sampai dengan 190 derajat Celcius kemudian panggang ayam kira-kira 60 hingga 90 menit. Lamanya pemanggangan bisa disesuaikan juga dengan ukuran ayam yang tengah dipanggang.
5. Jika ayam sudah matang, keluarkan dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong.

Harga oven listrik ini memang cukup mahal dan bahkan lebih mahal dari jenis oven yang lain. Walau demikian, dari penjelasan aneka resep di atas tentu terlihat bahwa perangkat ini sangat serbaguna. Ada banyak resep masakan oven listrik yang bisa Anda coba, tak terbatas hanya pada kue serta cake namun juga ayam.

Selain itu, oven listrik juga menawarkan pada Anda aneka kelebihan khusus. Kelebihan berikut tak bisa ditemukan pada jenis oven lain. Berikut adalah beberapa keunggulan oven listrik apabila dibandingkan dengan jenis oven lain.
1. Beberapa jenis dari oven listrik telah turut menyediakan api atas bawah guna mematangkan aneka makanan yang dipanggang secara lebih merata. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda ketika hendak memanggang lapis legit atau bolu gulung. Cermatlah dalam memilih karena beberapa jenis oven listrik belum dilengkapi api atas bawah seperti ini.
2. Oven listrik juga telah dilengkapi timer sehingga mesin akan mati otomatis saat timernya sudah selesai. Anda akan semakin dimudahkan saat memasak aneka panggangan menggunakan oven listrik. Anda tak perlu sering-sering mengecek oven untuk memastikan apakah makanan sudah matang atau belum.
3. Suhu juga dapat diatur sesuai kebutuhan masing-masing. Ini tentu berbeda dari oven gas yang menggunakan termometer terpisah guna mengatur suhunya.
4. Panas yang dihasilkan akan lebih stabil, sehingga pengaturan suhu bisa disesuaikan resep dari makanan yang dibuat.
5. Oven listrik juga akan semakin menghemat energi. Anda harus memilih oven yang daya listriknya rendah.
6. Keunggulan lain adalah keamanan serta kepraktisan akan semakin dijamin. Yang perlu Anda lakukan hanya menyambungkan oven ke stop kontak. Proses ini tentu lebih sederhana dibanding oven gas yang mengharuskan Anda menyalakan api pada kompor terlebih dahulu.

Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memiliki oven listrik di rumah dan menggunakannya untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Alat ini terbukti multifungsi dan memiliki ragam kelebihan khusus. Demikian adalah aneka resep masakan menggunakan oven listrik serta kelebihan oven listrik dibanding oven gas.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.