Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Rak Dinding Minimalis yang Fungsional Pemanis Interior Rumah Anda

rak stainless stel - diminimalis.com

Rak dinding minimalis merupakan salah satu furniture yang bisa Anda gunakan untuk menaruh barang di dalam rumah. Rumah yang memiliki konsep minimalis memang memiliki tantangan tersendiri dalam penataan ruangnya, dikarenakan keterbatasan lahan yang ada. Anda bisa menggunakan rak minimalis yang terpasang di dinding sebagai solusinya.

rak dinding minimalis
rak stainless stel – diminimalis.com

Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan sebagai material penyusun rak dinding. Bahan dari alam seperti kayu dan bambu bisa digunakan sebagai material penyusunnya. Namun, bahan alami yang lumrah digunakan adalah bahan dari kayu. Rak dinding kayu memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain desainnya yang alami, faktor mudahnya untuk dibentuk sesuai dengan keinginan menjadi nilai tambah untuk bahan kayu.


Jenis material sintetis penyusun rak pun cukup banyak, namun yang paling faforit adalah bahan dari stainless steel. Bahan stainless banyak digunakan sebagai bahan rak dinding minimalis dikarenakan bobotnya yang ringan namun tetap kuat menopang beban yang berat. Ada baiknya pertimbangkanlah terlebih dahulu bahan apa yang cocok untuk digunakan sebagai material penyusun rak dinding minimalis rumah Anda, agar penggunaannya bisa maksimal.

Rak dinding minimalis modern

Sebelum Anda menentukan bahan penyusun dan desain rak dinding, tentukan terlebih dahulu tujuan dibuatnya rak tersebut. Penentuan tujuan ini bermaksud agar rak dinding yang dibuat bisa bermanfaat sesuai dengan keinginan dan meminimalisir kesalahan saat membuatnya. Sekurangnya ada dua tujuan utama ketika Anda hendak membuat rak dinding, berikut pembahasannya:

Fungsional

Penempatan rak pada dasarnya bisa Anda lakukan dimana saja, disesuaikan dengan kebutuhan. Rak dinding minimalis yang menempel di dinding dapur bisa digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan memasak. Begitu juga rak dinding yang ada di dalam garasi bisa Anda fungsikan sebagai penyimpan perkakas mobil dan motor Anda. Tidak ada aturan baku dalam meletakan rak dinding ini, yang terpenting rak harus mudah dijangkau dan fungsional.

rak dinding minimalis
rak kayu minimalis – diminimalis.com

Jika Anda lebih mengedepankan aspek fungsional dalam pembuatan rak dinding minimalis, ada baiknya perhatikan material penyusun rak dan konstruksi rak saat dipasang. Material dan konstruksi rak dinding yang digunakan untuk menopang beban yang berat tentunya harus lebih kokoh dan kuat dibandingkan dengan rak yang digunakan untuk menopang beban yang ringan. Dengan begitu rak menjadi aman saat digunakan.

Dekoratif

Untuk rak yang difungsikan sebagai elemen dekoratif dalam pembuatannya, ada baiknya senadakan dengan interior ruangan dalam bentuk dan desainnya, sehingga tampilan interior dapat menjadi lebih indah. Konstruksi dan material yang dipakai pun berbeda dengan rak dinding minimalis modern yang fungsional. Bentuk dan desain menjadi hal yang terpenting dalam pembuatannya, tetapi konstruksinya tetap harus aman saat digunakan.

Anda bisa membuat rak dinding minimalis unik yang terbuat dari bahan kayu berstruktur unik sebagai tempat menyimpan vas bunga atau miniatur keramik berbentuk lucu faforit Anda di atasnya. Atau, sebagai tempat memajang koleksi mainan anak-anak, sehingga anak Anda tidak kesulitan saat mencarinya.

Ruang kosong di bawah rak juga bisa Anda manfaatkan untuk menaruh barang atau meja, interior ruangan menjadi lebih indah bukan? Demikian pembahasan rak dinding minimalis yang bisa diminimalis sajikan. Semoga menginspirasi (am).

Baca juga: desain rak buku

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.