Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Program TV Edukatif yang Layak Anda Pilihkan untuk Buah Hati Tercinta

jauhkan anak - Diminimalis.com

Makin banyaknya stasiun televisi serta program-program yang ada di dalamnya membuat orangtua harus lebih cerdas serta selektif dalam memilih tontonan untuk buah hatinya. Apalagi sekarang makin banyak program TV yang sekedar mengedepankan rating, namun mengesampingkan mutu dan kualitas acaranya. Orangtua harus bisa mencari program TV edukatif yang memberikan pendidikan pada anak serta tentunya ramah anak.

Ragam program TV edukatif ini bukannya tak ada, namun sudah makin jarang ditemukan. Akan sangat riskan apabila tontonan yang salah merubah karakter seseorang, apalagi anak-anak yang belum dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Pengawasan orangtua terutama sangat diperlukan agar anak bisa mendapat konsumsi tayangan yang berbobot dan sesuai usianya.

Program TV Edukatif, program tv anak, acara tv yang mendidik anak, acara tv yang tidak mendidik 2017, acara tv yg mendidik berkualitas baik, program tv yang menarik, acara tv terbaik, nama program tv yang menarik, acara tv tidak bermutu
Sebagai orang tua, kita harus selektif memilihkan program TV edukatif bagi anak kita – Diminimalis.com

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa stasiun TV yang secara konsisten menayangkan tayangan dengan muatan pendidikan serta ramah anak. Nilai edukasinya terutama adalah dalam hal menambah wawasan terkait pengetahuan umum. Berikut adalah aneka acara TV yang mendidik anak supaya semakin cerdas.

Program TV Edukatif Berikut Dinilai Layak Konsumsi Anak-anak, Apa Sajakah itu?

1. Laptop si Unyil (Trans7)
Karakter legendaris Si Unyil hadir dalam konsep yang lebih modern di channel Trans7. Boneka ikonik ciptaan Alm. Raden Soejadi atau Pak Raden ini mulai mengudara pada 1980-an di TVRI. Laptop Si Unyil yang kini tayang di Trans7 bisa dibilang adalah versi kekinian dari Si Unyil yang dulu sempat melegenda.

Tips Menonton TV, Tips Menonton TV yang baik, Tips Menonton TV yg baik
ada banyak hal yang perlu diupayakan untuk menghindari efek negatif menonton tv bagi kesehatan anak-anak – diminimalis.com

Acara ini terutama membahas seputar ilmu pengetahuan serta teknologi terkini yang ada di seluruh dunia. Sepanjang acara, Si Unyil akan bertindak selaku pemandu yang menceritakan seputar teknologi yang tengah dibahas. Acara yang mendidik sekaligus menghibur ini mulai tayang pada Maret 2007 lalu dan masih bertahan sampai sekarang.

2. Dunia Handmade (GlobalTV)
Acara mendidik yang ramah anak berikutnya adalah Dunia Handmade yang tayang di channel GlobalTV atau kini lebih dikenal sebagai GTV. Pemandu acaranya adalah Made Arya serta Made Wira.

Keduanya akan memberi tips seputar pembuatan barang bekas menjadi aneka mainan. Acara ini akan menanamkan nilai-nilai kreativitas pada anak sehingga menjadikannya sebagai tontonan yang menarik serta tetap mendidik.

3. Si Bolang (Trans7)
Program TV anak yang menarik, mendidik serta sudah cukup terkenal selanjutnya adalah Si Bolang atau Bocah Petualang. Program ini terutama akan mendekatkan kembali anak-anak di seluruh Nusantara dengan alam serta budaya khasnya. Anak akan berinteraksi dengan alam, budaya serta bermain aneka permainan tradisional yang ada di daerah mereka.

Tips Menonton TV, Tips Menonton TV yang baik, Tips Menonton TV yg baik
jarak pandang saat menonton tv pelu diatur dengan standar yang tepat – diminimalis.com

Sisi human interest juga turut diperlihatkan dalam acara ini, terutama saat sang tokoh utama menghadapi masalah tertentu. Si Bolang mengusung konsep semi dokumenter di mana Si Bolang yang merupakan anak setempat akan memimpin teman-temannya berpetualang di sekitar tempat tinggalnya. Di hampir tiap episode, akan ada petualangan seru yang dijalani Si Bolang dan teman-temannya.

4. Dunia Binatang (Trans7)
Sesuai namanya, acara ini banyak menjelaskan seputar kehidupan binatang. Binatang yang dijadikan tema bahasan akan disesuaikan dengan tema yang diusung. Anak-anak generasi penerus terutama harus banyak tahu seputar dunia binatang ini sebagai salah satu pengetahuan umum.

5. Pada Zaman Dahulu (MNCTV)
Program TV anak Indonesia lain yang tak kalah menarik serta edukatif ialah Pada Zaman Dahulu yang ditayangkan di stasiun MNCTV. Serial kartun ini bukan tentang Si Kancil, namun dua orang cucu yang tengah menginap di rumah kakek neneknya. Sang kakek dan nenek inilah yang gemar berkisah seputar Si Kancil. Kisah Kancil yang sering diceritakan pada kita sejak kecil akan terekam jelas dalam kartun produksi Malaysia ini.

Kisah yang dituturkan dalam program ini juga akan dijadikan teladan bagi anak-anak melalui penuturan sang kakek. Bahkan, sang cucu dalam program ini sampai tak mau diajak pulang oleh ayahnya karena sangat terpesona pada kisah yang diceritakan kakeknya. Kartun ini menarik, menyenangkan, sangat khas anak-anak namun tetap memiliki alur yang jelas serta pastinya mendidik.

6. Upin Ipin (MNCTV)
Siapa tak kenal program TV yang menarik asal Malaysia berikut ini. Upin Ipin mengisahkan tentang sepasang bocah laki-laki kembar, Upin dan Ipin, yang tinggal bersama kakak perempuan dan neneknya. Keduanya adalah anak yatim piatu dan kesehariannya tak beda jauh dari anak-anak seusianya, yaitu bersekolah dan bermain bersama teman-teman.

Upin serta Ipin bersekolah di Tadika Mesra bersama beberapa teman yang lain, seperti Fizi, Ehsan, Mail, Jarjit, Mei Mei dan juga Susanti. Keseharian dua bocah kembar bersama teman-teman dan keluarganya inilah yang jadi sajian utama dalam tiap epsiodenya. Penonton terutama anak-anak akan dihibur berkat tingkah Upin Ipin serta tetap mendapat nilai-nilai seputar kekeluargaan, pertemanan dan kehidupan sehari-hari.

7. On The Spot (Trans7)
Acara yang berawal dari program jalan-jalan mencari tempat berbuka puasa ini kini telah berevolusi menjadi program trivia yang menyajikan fakta unik seputar pengetahuan umum di seluruh dunia. Tiap trivia yang disajikan akan terdiri dari tujuh poin berbeda. Program ini akan turut menambah pengetahuan tak hanya untuk anak-anak namun juga remaja serta dewasa.

Itulah beragam program televisi yang ramah anak serta tetap menghibur. Kita dapat memilih untuk menyaksikan beragam program tersebut untuk dikonsumsi anak-anak di rumah. Tidak hanya dapat disaksikan anak-anak, program tersebut juga masih bisa ditonton orang dewasa maupun usia remaja. Ragam program TV edukatif tersebut akan menambah pengetahuan kita semua yang menontonnya. Jangan lupa juga sebagai orang tua, Anda perlu memahami tips menonton TV yang aman bagi kesehatan seluruh keluarga. Ini tentu penting agar Anda dan buah hati selalu tidak mendapat efek buruk dari menonton TV bagi kesehata. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.