oleh

Potensi Bisnis Ayam Geprek yang Bisa Dimulai dari Rumah Sendiri

Potensi bisnis ayam geprek memang tak bisa dipAndang sebelah mata. Faktanya, sudah banyak pengusaha kuliner yang sukses menggeluti usaha ini, bahkan Anda bisa memulainya dengan cara berjualan di teras rumah sendiri. Hampir disemua kota besar di indonesia, khususnya di Jawa, banyak warung atau restoran yang menyediakan menu lezat ini.

Anda tertarik ingin menggeluti usaha ini? Nah, sebelum mencoba, alangkah baiknya bila Anda menyimak terlebih dulu ulasan berikut ini. Kami telah merangkum penjelasan mengenai berbagai potensi bisnis ayam geprek dan cara memulainya. Langsung saja silahkan disimak.

potensi bisnis ayam geprek, prospek usaha ayam geprek, contoh bisnis plan ayam geprek, mau jualan ayam geprek, omset ayam geprek, belajar usaha ayam geprek, harga franchise ayam geprek, ayam geprek mahasiswa, modal usaha ayam geprek bensu
Membuka bisnis ayam geprek memang sangat menjanjikan – Diminimalis.com

Potensi Bisnis Ayam Geprek yang Sangat Menjanjikan

Apapun usaha yang akan ditekuni, melakukan analisa bisnis adalah hal penting yang harus dilakukan. Termasuk saat ingin membuka bisnis ayam grepek ini.

Estimasi Modal Awal

Media Promosi : Rp 500.000,-
Perlengkapan Tambahan : Rp 1.000.000,-
Meja Kursi : Rp 1.500.000,-
Peralatan Makan : Rp 1.000.000,-
Peralatan Masak : Rp 1.500.000,-
TOTAL : Rp 5.500.000,-

Estimasi Biaya Operasional

Biaya Promosi : Rp 500.000,-
Listrik dan Air : Rp 300.000,-
Gas /3hari @Rp20.000 x 8 : Rp 160.000,-
Bumbu @Rp50.000 x 24 hari : Rp 1.200.000,-
Ayam @Rp40.000 x 10 x 24 hari : Rp 9.600.000,-
Sewa Tempat : Rp 300.000,-
Gaji Karyawan 2 x Rp 1.000.000 : Rp 2.000.000,-
TOTAL : Rp 14.060.000,-

Estimasi Pendapatan atau Omset

Laku 80 porsi per hari harga Rp 15.000,- per porsi
= Rp 15.000 x 80 porsi x 24 hari
= Rp 28.800.000,-

Estimasi Laba Bersih atau Keuntungan

= Pendapatan – Biaya Operasional
= Rp 28.800.000 – Rp 14.060.000
= Rp 14.740.000,-

Break Even Point (BEP)

= Modal Awal / Keuntungan
= Rp 5.500.000 / Rp 14.740.000
= 0.37 bulan = 5 hari

Nah, dari analisa di atas kita bisa menyimpulkan bila potensi bisnis ayam geprek ini cukup menjanjikan bukan? Selanjutnya, kita akan bahas mengenai cara memulainya. Berikut penjelasan lengkapnya, silahkan disimak.
Cara Memulai Bisnis Ayam Geprek

1. Buat Bisnis Plan

Hal selanjutnya setelah kita menentukan strategi bisnis kita. Maka membuat perencanaan atau bisnis plan adalah hal wajib. Dengan membuat perencanaan yang matang, tentunya potensi keberhasilan semakin tinggi. Tentunya, semakin detail perencanaan yang kita buat, semakin bagus.

Bisnis plan yang ideal biasanya berisi tentang :

a. Latar Belakang Bisnis
b. Bentuk Bisnis
c. Lokasi Bisnis
d. Rencana Bisnis

– Langkah persiapan bisnis
– Strategi marketing
– Estimasi ROI dan permodalan
– Modal kerja 1 minggu
– Esimasi omset atau pendapatan 1 minggu
– Sumber modal bisnis

2. Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi untuk bisnis kuliner merupakan hal yang sangat penting dan juga berpengaruh besar terhadap jalannya bisnis Anda di masa depan. Jadi, pilihlah lokasi yang mudah diakses dan juga mudah dilihat. Namun jika Anda belum bisa menemukan lokasi yang ideal tersebut, tak masalah. Anda masih bisa memulai usaha ayam geprek ini, namun dengan catatan harus menyiapkan strategi marketing yang bisa membuat konsumen mau datang ke tempat Anda. Misalnya dengan mengiklankan dimedia sosial, menyebar brosur dan lain sebagainya.

3. Menyiapkan Peralatan

Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang, Furniture Dapur Sehat, Furniture Dapur Sehat sejahtera, tips Dapur Sehat , Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis
gunakan peralatan dapur yang baik untuk memasak- diminimalis.com

Langkah berikutnya yang harus dilakukan yaitu menyiapkan peralatan penyajian dan produksi. Misalnya alat-alat seperti kompor gas lengkap (regulator, selang, dan tabung gas), penggorengan lengkap (serokan dan spatula), tempat bumbu, cobek, sendok, piring, meja kursi, gelas, dan lain-lain.

4. Menyiapkan Media Promosi

Media promosi ini bisa berupa brosur, spanduk papan nama, akun media sosial, dan lain-lain.
Strategi Bisnis Ayam Geprek

1. Pelayanan yang Terbaik

Selalu bersikap ramah saat memberikan pelayanan dan selalu memperhatikan kebersihan, karena kebersihan merupakan hal yang mutlak untuk bisnis kuliner. Jadi, pastikan Anda selalu bersikap ramah dan menjaga kebersihan agar citra bisnis ayam geprek Anda bisa terjaga dan lebih baik lagi.

2. Variasi dan Inovasi Menu

potensi bisnis ayam geprek, prospek usaha ayam geprek, contoh bisnis plan ayam geprek, mau jualan ayam geprek, omset ayam geprek, belajar usaha ayam geprek, harga franchise ayam geprek, ayam geprek mahasiswa, modal usaha ayam geprek bensu
Ayam geprek keju merupakan inivasi menu yang perlu anda coba – Diminimalis.com

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada yang namanya persaingan dan kompetitor. Untuk menonjolkan diri Anda, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat suatu inovasi atau variasi menu yang baru. Caranya pun cukup banyak. Anda bisa menambahkan topping seperti mozarella, keju, coklat, serta lainnya. Bisa juga dengan menggunakan bumbu yang memiliki cita rasa khas, atau merubah cara penyajian ayam geprek Anda. Intinya, buatlah para konsumen tertarik dan tidak merasa bosan untuk berkunjung lagi ke warung Anda.

3. Berikan Harga yang Sesuai

Harga memang sesuatu yang penting, tapi bukanlah yang paling penting. Anda tidak harus menjual ayam geprek dengan harga murah untuk mendapatkan banyak konsumen. Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang sedikit lebih mahal, asalkan Anda mempunyai alasan bahwa harga itu memang layak untuk produk yang Anda jual tersebut. Jadi, tak ada pilihan lain, selain menyajikan ayam geprek lezat dengan tampilan menarik serta pelayanan yang ramah.

Nah, itulah diatas penjelasan singkat mengenai potensi bisnis ayam geprek dan cara memulainya. Semoga informasi diatas bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang ingin mengembuka usaha di bidang kuliner, semoga bermanfaat. (ar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.