Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Porcelain Slab untuk Keindahan dan Kesejukan Interior Rumah Anda

Aplikasi porcelain slab pada interior dapur - diminimalis.com

Porcelain slab, atau bisa diartikan “lempengan porselin”, merukapan elemen pemanis interior yang juga memiliki manfaat untuk menyejukkan ruangan. Porcelain slab tidak melulu diaplikasikan pada lantai saja, namun penggunaannya kian meluas ke dinding bahkan atap plafon. Afektifitasnya dalam mendinginkan ruangan, menjadikan porselen banyak dieksplorasi untuk menggantikan bahan-bahan pelapis interior konvensional.

porcelain slab, desain porcelain slab, porcelain slab interior
Aplikasi porcelain slab pada interior dapur – diminimalis.com

Porcelain Slab untuk Interior Rumah Minimais Anda

Porselin sendiri adalah bahan isolasi kelompok keramik yang sangat luas penggunaannya. Istilah bahan-bahan keramik digunakan untuk semua bahan anorganik yang dibakar pada pembakaran dengan suhu tinggi dan bahan asli berubah substansinya. Porselin terbuat dari tanah liat china (China Clay) yang terdapat di alam dalam bentuk aluminium silikat.


Bahan tersebut dicampur kaolin fealspar dan quarts. Kemudian campuran ini dipanaskan dalam tungku yang suhunya dapat diatur. Bahan porselin dibakar sampai keras, halus mengkilat dan bebas dari lubang-lubang.

Sifat-sifat porselin:

• Massa jenisnya berkisar antara 2,3 hingga 2,5 g/cm3

• Koefisien muai panjang 3.10-6 hingga 4,5.10-6 per derajat Celcius.

• Kekuatan tekan 4000 hingga 6000 kg/cm2

• Kekuatan tarik 300-500 kg/cm2 yang menggunakan pelapis . 200-300 kg/cm2 yang tanpa pelapis.

• Kekuatan tekuk 80 hingga100 kg/cm2. poerselin lebih regas daripada kaca.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Dapur Minimalis Terasa Luas dengan 11 Tips Simpel Berikut

• Tegangan tembus berkisar antara 10 hingga 30 kV/mm

Porselin paling banyak dimanfaatkan sebagai furniture rumah tangga. Selain penggunaannya lebih sehat daripada furniture berbahan plastik (PVC), porselin juga menjadi komoditi yang bernilai yang banyak digemari.

Kini pemanfaatan porselin semakin meluas menjadi bahan baku lantai dan pelapis dinding sebagaimana keramik. Antara porselin dan keramik sendiri sepintas keduanya terlihat sangat mirip. Tampilannya bervariasi sesuai motif yang diproduksi.

Baik porselin maupun keramik pun bisa dipoles agar mengkilap. Namun diantara keduanya, masing-masing memiliki perbedaan, yaitu :

Bahan

Hal pertama yang membedakan kedua pelapis lantai tersebut adalah bahan. Memang sama-sama dibuat dari tanah liat, tapi jenisnya berbeda. Keramik dibuat dari tanah liat merah dan coklat yang dicampur dengan silica, alabaster, feldspar, dan air. Sementara, porselen dibuat khusus dari tanah liat putih atau yang biasa disebut tanah liat Cina dengan campuran yang sama. Banyak orang menilai bahan tanah liat tersebut lebih bagus karena memiliki kandungan kaolin yang tinggi.

contoh keramik dinding, contoh keramik dinding dapur, conoth keramik dinding depan rumah, contoh keramik dinding teras
aplikasi keramik dinding untuk memperindah ruang tengah – diminimalis.com

Tampilan

Sebagian besar produsen porselen menciptakan tampilan glassy, warna cerah, dan mengkilap. Sementara keramik lebih dove dan pucat. Pada dasarnya, setiap pabrik bisa memproduksi tampilan yang sama antara porselen dengan keramik. Untuk membedakan tampilan porselen dan keramik yang nyaris sama, Anda bisa melihat label atau warna bahan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Aquarium Minimalis Pemberi Kesegaran Rumah Penghilang Kejenuhan

Daya Tahan

Daya tahan adalah prioritas utama pemilihan barang, selain modelnya. Umumnya, porselen memiliki daya tahan yang lebih tinggi karena ia dibakar lebih lama. Proses pembakaran yang cukup lama akan membuat tanah liat (jenis apapun, yang biasa maupun Cina) menjadi lebih kering, keras, dan padat. Keramik pun sebenarnya bisa dibuat dengan proses pemabakaran yang sangat lama, tetapi hal ini tidak banyak dilakukan oleh para produsen.

Area Penggunaan

Karena keramik bersifat lebih lunak dan mudah menyerap air, maka para ahli menyarankan ubin jenis ini digunakan untuk dinding atau area yang jarang dilewati, misalnya gudang, kitchen backsplash, dan kamar tamu. Sementara, porselen bisa digunakan untuk semua lantai dan kamar mandi.

Harga

Karena porselen dibuat dengan produksi yang lebih rumit dan detail, serta menghasilkan daya tahan yang lebih tinggi, maka harganya pun lebih tinggi. Demikian ulasan kami tentang porcelain slab dan perbedaannya dengan keramik untuk rumah tangga, semoga ulasan yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.