Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pondasi Rumah Dua Lantai yang Ideal, Apa Sajakah Jenis-Jenisnya?

rumah dua lantai harus dibangun diatas pondasi yang ideal dan kuat - diminimalis.com

Pondasi rumah dua lantai menjadi bahan penting yang wajib diperhatikan, terlebih apabila bangunan yang berada di atasnya memiliki beban yang berat. Sebegitu indahnya bentuk bangunan rumah Anda akan terlihat rapuh, apabila tidak diimbangi dengan pondasi yang tepat. Oleh karena itu, Anda harus dapat menyesuaikan pondasi rumah dua laintai Anda dengan beban yang berada di atasnya.

pondasi rumah dua lantai, pondasi rumah untuk dua lantai, kedalaman pondasi rumah 2 lantai
rumah dua lantai harus dibangun diatas pondasi yang ideal dan kuat – diminimalis.com

Pondasi rumah dua lantai yang ideal

Sebelum Anda menentukan pondasi yang tepat untuk rumah Anda, perlu Anda perhatikan kondisi tanah. Apakah kondisi tanah untuk bangunan rumah Anda tersebut keras atau lunak. Hal ini untuk memastikan agar pondasi rumah tetap stabil dan tidak mengalami penurunan yang dapat membahayakan rumah Anda. Selain itu Anda juga harus menentukan pondasi sesuai dengan jenis bangunan di atasnya. Apakah untuk bangunan rumah sederhana atau bangunan bertingkat.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Rancangan Rumah Minimalis Terbaik Untuk Daerah Tropis

pondasi rumah dua lantai, pondasi rumah untuk dua lantai, kedalaman pondasi rumah 2 lantai
rumah dua lantai bisa roboh dikarenakan pondasinya tidak ideal – diminimalis.com

Berikut ini beberapa jenis pondasi yeng sering digunakan untuk pondasi rumah dua lantai atau 3 lantai :

Pondasi batu kali

Pondasi ini digunakan untuk bangunan-bangunan sederhana pada tanah asli yang cukup baik. Biasanya kedalamannya antara 60-80 lebar tapak sama dengan tinginya. Kebutuhan bahan baku untuk pondasi ini adalah batu kali, pasir dan semen PC.

Pondasi tapak / foot plat 

Biasanya pemasangan pondasi tapak dilaukuan pada kedalaman 50 cm hingga dua meter dari permukaan tanah. Akan tetapi jika lapisan tanah kerasnya terletak di kedalaman lebih dari dua meter, baiknya di bantu dengan pondasi strauss pile

Pondadi strauss pile 

Jenis pondasi yang paling sering digunakan untuk pondasi bangunan dua lantai dan tiga lantai. Pondasi ini bertumpu di tanah dalam, sehingga dianggap mampu menahan beban bangunan yang berdiri di atas tanah lunak. Dari segi pembuatannya, pondasi ini bisa dibilang praktis dan efisien daripada pondasi dalam lainnya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Kekurangan Batako yang Harus Anda Perhatikan Sebagai Material Dinding

Pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam menjadi solusi bagi Anda dan para developer perumahan yanng memiliki masalah pada tanah yang labil. Pondasi cakar ayam memiliki kelebihan pada efisiensi kebutuhan material dan pembuatannya tidak terlalu banyak memakan waktu. Selain itu, pondasi cakar ayam Anda tidak perlu menggunakan alat-alat khusus yang mahal, sehingga semakin menghemat anggaran Anda.

Demikian ulasan tentang Jenis pondasi rumah dua lantai yang ideal, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang berbagai jenis pondasi bangunan terbaik berdasarkan strukturnya di bawah ini. (ls)

Jenis pondasi bangunan terbaik berdasarkan strukturnya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.