Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pintu Kayu Minimalis Mudah Memuai Dan Menyusut? Ini Penyebabnya

pintu kayu mudah rusak? - diminimalis.com

Pintu kayu yang Anda gunakan untuk pintu rumah memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pintu berbahan kaca dan logam. Bahan yang mudah dibentuk sesuai keinginan menjadikan bahan kayu banyak digunakan sebagai bahan kusen pintu dan juga daun pintu minimalis. Apalagi kesan hangat kayu yang tidak dimiliki bahan lain tentunya cocok jika dipakai pada daerah tropis ini.

pintu kayu
pintu kayu mudah rusak? – diminimalis.com

Rumah yang menggunakan pintu berbahan kayu memang tampak elegan dan terkesan lebih homy. Desain yang diwarkan juga cukup beragam mulai dari yang klasik hingga moden minimalis. Untuk masalah ukuran pintu dari kayu juga memiliki variasi yang cukup banyak untuk Anda pilih. Harga pintu kayu yang cukup bersahabat dengan kantong Anda menjadikan pintu jenis ini patut untuk Anda miliki.

Penyebab dan cara mengatasi pintu kayu yang memuai atau menyusut

Tak ada gading yang tak retak begitulah bunyi peribahasa. Sama halnya dengan bahan kayu yang tentu saja memiliki kelemahan. Pada cuaca tropis yang terkadang panas dan turun hujan akan mengakibatkan material kayu menjadi berubah kondisinya. Terlebih lagi jika bahan yang Anda gunakan untuk pintu masih belum terlalu kering. Hal inilah yang menjadikan pintu mudah memuai dan menyusut.

Proses pengeringan atau pengovenan menjadi proses yang paling menentukan baik tidaknya kualitas kayu. Selain itu cat yang Anda gunakan juga turut mempengaruhi ketahanan pintu kayu dari pengaruh cuaca. Secara umum kondisi kayu yang baik itu masih memiliki sekitar 12% kandungan air yang tersimpan agar saat kayu memuai dan menyusut tidak terlalu signifikan perubahannya.

Namun jika Anda sudah terlanjur menggunakan pintu kayu yang kurang kering ada baiknya Anda lepas terlebih dahulu daun pintunya lalu kemudian Anda jemur seharian agar tidak berubah drastis saat memuai ataupun menyusut. Lalu lapisi bagian atas dan bawah daun pintu dengan cat berbahan dasar minyak untuk menghindari kayu menyerap air dari bawah. Baru kemudian Anda lapisi keseluruhan bagian pintu menggunakan cat yang Anda inginkan.

Model handle pintu utama
Model handle pintu utama – diminimalis.com

Cara di atas hanya bisa dilakukan pada pintu kayu yang tingkat muai dan susutnya tidak terlalu parah. Namun jika pintu yang Anda miliki sudah memiliki perubahan yang sangat mencolok dan sudah tidak dapat diperbaiki lagi maka penggantian pintu dengan yang baru wajib Anda lakukan. Pintu yang sudah tidak dapat menutup dengan sempurna tentu bisa mengundang orang jahat untuk masuk.

Demikanlah pembahasan kali ini mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi pintu kayu rumah minimalis yang memuai ataupun menyusut. Semoga cara di atas bisa menghindarkan pintu rumah Anda tidak dapat difungsikan dengan baik lagi. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: pintu rumah minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.