Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pintu Geser Rumah Minimalis Semakin Awet Dengan 3 Hal Mudah Berikut

Pintu geser rumah minimalis - diminimalis.com

Minimnya space ruangan pada rumah minimalis kini tidak perlu Anda risaukan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan tersebut menjadi terasa lebih luas. Salah satunya adalah dengan menyiasati penggunaan pintu pada ruangan tersebut. Daun pintu yang biasanya menjadi biang sempitnya ruangan dapat diganti dengan pintu geser rumah minimalis.

 Pintu geser rumah minimalis
Pintu geser rumah minimalis – diminimalis.com

Pintu geser atau pintu sliding memiliki bukaan kesamping sejajar dengan tembok, sehingga daun pintunya tidak menambah penuh ruangan. pintu jenis ini sebetulnya mengadopsi model pintu rumah jepang yang mengusung konsep pemaksimalan ruang. Dalam pemasangannya pintu jenis ini tidak memerlukan kusen untuk konstruksi penyusunnya, sehingga cukup praktis dan mudah dalam pemasangannya.

Merawat pintu geser rumah minimalis

Seperti pada umumnya model pintu yang terkadang rusak ataupun susah dibuka, model pintu geser rumah minimalis juga memiliki permasalahan yang tidak jauh berbeda. Untuk itulah Anda harus mengetahui apa penyebab pintu geser menjadi susah dibuka ataupun ditutup agar pintu tidak bertambah parah dan nantinya tidak bisa digunakan lagi. Berikut ulasannya.

Sukar dibuka – tutup

Permasalahan pertama yang sering terjadi pada pintu geser adalah susahnya pintu dibuka dan ditutup. Kondisi ini biasanya terjadi dikarenakan kotornya roda bantalan atau railing. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengangkat sedikit daun pintu menggunakan obeng kemudian longgarkan sekrup yang mengikat pintu dan railing. Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkan railing yang kotor. Jika ada kotoran yang membandel, gunakan saja cairan pembersih atau deterjen untuk menghilangkannya.

Ada baiknya Anda melakukan pembersihan rutin pada railing agar terhindar dari sukarnya pintu saat dibuka dan ditutup. Pembersihan railing idealnya Anda lakukan setiap sebulan sekali. Jika Anda kesulitan, serahkan saja pada ahlinya.

Merenggang dan seret

Untuk permasalahan ini paling sering terjadi pada pintu geser rumah minimalis yang menggantung. Tidak kuatnya sekrup pengikat bantalan dan pintu menjadi pemicu permasalahan ini, terlebih pada pintu yang memiliki bobot berat. Jadi, pastikan dengan baik kekuatan roda yang digunakan agar tetap aman saat digunakan.
Anda juga harus mengeceknya setiap sebulan sekali, jika terlihat sekrup yang mengendur, segera kencangkan agar tidak membahayakan penghuni rumah yang melintasinya.

Berisik

Pintu geser rumah minimalis
karet peredam pintu geser – diminimalis.com

Anda tentunya sangat terganggu jika pintu yang digunakan mengeluarkan bunyi berisik saat digunakan. Bunyi yang keluar dikarenakan gesekan antara tembok dengan pintu saat dibuka ataupun ditutup. Solusi yang paling mudah untuk menghilangkan bunyi tersebut adalah dengan menggunakan bantalan karet pada pintu. Bantalan karet bisa Anda pasang pada tepi pintu.

Tapi, walupun sudah menggunakan bantalan, Anda tetap harus pelan dalam membuka dan menutup pintu geser rumah minimalis, agar tetap awet tentunya. Selamat mencoba (am).

Baca juga: jenis rel pintu geser

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.