Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Persiapan Pindah Rumah Baru Menjadi Lebih Indah dengan 10 Hal Sederhana Berikut

Persiapan pindah rumah baru menjadi kegiatan yang sangat menggembirakan. Setelah penantian lama untuk menempati rumah baru, atau bagi Anda yang sebelumnya tinggal tidak di rumah sendiri, maka hari pindahan rumah adalah hari yang sangat dinantikan. Agar momen menempati rumah baru Anda dan keluarga tidak menjadi mengecewakan, ada baiknya Anda membaca tips persiapan pindah rumah berikut, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda dan keluarga akan nyaman ketika menempati rumah baru Anda.

persiapan pindah rumah baru - diminimalis.com
persiapan pindah rumah baru – diminimalis.com

Setelah sebelumnya Anda membuat rumah minimalis Anda dan mengikuti panduan dalam membangun rumah minimalis murah, berikut diminimalis sajikan 10 hal sederhana yang dapat Anda kerjakan agar persiapan pindah rumah Anda menjadi lebih terencana.

Persiapan pindah rumah baru

persiapan pindah rumah baru, tips persiapan pindah rumah, menempati rumah baru
membersihkan rumah baru – diminimalis.com

1.    Bersihkan bagian dalam rumah dan setiap ruangan, serta lingkungan bangunan rumah sebelum Anda berencana menempatinya bersama keluarga. Simpan peralatan dan sisa bahan yang masih terpakai. Singkirkan sisa – sisa bahan material yang sudah tidak lagi digunakan, sehingga rumah Anda tidak terkesan tidak rapi dikarenakan adanya tumpukan sisa material di sudut-sudut halaman dan peralatan bangunan yang belum disingkirkan.

 

persiapan pindah rumah baru
cek keamanan dan kebocoran – diminimalis.com

2.    Lakukan pengecekan ruangan dan pintu serta jendela secara menyeluruh, terkait hal keamanan seperti gerendel dan kunci.  Pastikan juga Anda memeriksa bagian atap sehingga meminimalkan terjadinya bocor yang tidak terantisipasi di waktu hujan datang. Lakukan uji sederhana untuk memastikan bahwa semua telah berfungsi dengan baik dan tidak terjadi kerusakan atau cacat selama pembangunan, sehingga Anda tidak harus repot lagi setelah menempati rumah baru.

persiapan pindah rumah baru
pendaftaran administrasi kependudukan – diminimalis.com

3.    Segera lakukan registrasi terkait ijin pajak tanah dan bangunan. Urus pula keperluan administratif terkait kependudukan dengan mendatangi instansi terkait. Seringkali setelah merasa nyaman, kita merasa terlena, sehingga terkadang menunda pekerjaan yang ada. Kunjungi instansi terkait selagi Anda memiliki kesempatan, dan lakukan pendaftaran administratif sesuai keperluan Anda, sehingga Anda tidak harus tergesa-gesa mengurusnya di kemudian hari ketika mendekati masa jatuh tempo.

persiapan pindah rumah baru
aliran listrik – diminimalis.com

4.    Lakukan pendaftaran jaringan listrik baru sebelum Anda berniat menempatinya. Terkadang mengurus pemasangan listrik baru bukan hal yang mudah, namun sebenarnya juga bukan hal sulit, karena sudah ada prosedur yang mengaturnya. Ada baiknya Anda telah menyambungkan saluran listrik sebelum rumah selesai dibangun, sehingga Anda tidak harus membiarkan rumah Anda terlihat gelap selama belum ditempati.

persiapan pindah rumah baru
saluran air – diminimalis.com

5.    Jika Anda beniat menggunakan air dari PDAM, maka segera lakukan pendaftaran di kantor PDAM Kabupaten dimana rumah baru Anda berada. Seperti halnya pemasangan jalur listrik, jalur PDAM juga mempersyaratkan bahwa saluran pipa utama sudah melewati depan rumah Anda, sehingga Anda bisa menikmati fasilitas langganan air minum milik negeri ini. Tahap ini juga termasuk penting, karena rumah belum bisa ditinggali jika Anda belum bisa mendapati pasokan air yang rutin setiap hari.

persiapan pindah rumah baru
memilih cat – diminimalis.com

6.    Lakukan pemilihan cat rumah, baik interior maupun eksterior dinding serta masing-masing ruangan dalam rumah. Pilih sesuai selera, dengan tetap memperhatikan efek pada mata dan nuansa yang ditimbulkan. Pemilihan warna cat yang tepat dapat juga menjadi salah satu moodbooster  sehingga kinerja kita menjadi lebih nyaman dan produktif. Warna-warna yang lembut dapat juga menunjang suasana kehangatan ketika menikmati quality time bersama keluarga tercinta. Jika Anda memiliki konsep tentang rumah Anda ketika merencanakan pembangunan di awal, maka pemilihan warna cat dapat diselaraskan dengan konsep awal yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

persiapan pindah rumah baru
aneka pilihan pengisi ruang – diminimalis.com

7.    Pilihlah perabot atau interior yang sesuai dengan selera dan keperluan Anda dan keluarga, namun tetap tidak berlebihan. Perhatikan juga fungsi efektifitas dan efisiensi ruang, serta selaraskan dengan warna cat yang telah diaplikasikan pada dinding ruangan sebelumnya. Pemilihan ukuran juga perlu diperhatikan jika Anda tidak ingin rumah Anda terkesan penuh dengan perabot, dan menjadikan rumah Anda tidak terkesan lega.

persiapan pindah rumah baru
ornamen dan pelengkap – diminimalis.com

8.    Pilih juga ornament-ornamen hiasan atau pernak-pernik yang sesuai, namun tidak pula berlebihan. Anda yang merupakan penyuka konsep minimalis, bisa membiarkan dinding dalam keadaan kosong, atau cukup dengan hiasan pola yang simetris seperti wallpaper dan hiasan dengan konsep fungsionalis. Aplikasi gorden dan tirai, serta pemilihan penutup jendela dapat juga berfungsi sebagai sarana mempercantik ruangan Anda.

Hal lain yang tak kalah penting adalah pemilihan closet, kran, sink wash (bak cuci piring), washtafel, keramik, mozaik, batu alam, stop kontak, kabel, down light, lampu taman, lampu hias, kunci, handle pintu, dll, termasuk cukup memakan waktu dan biaya. Gunakanlah waktu luang Anda untuk berjalan-jalan ke supermarket bangunan. Lakukan perbanding harga material yang anda butuhkan di beberapa supermarket untuk mencari harga termurah, jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan diskon untuk material yang Anda cari.

persiapan pindah rumah baru
pejabat setempat – diminimalis.com

9.    Segeralah berkoordinasi dengan ketua RT setempat, termasuk juga dengan para pengurus di lingkungan rukun tetangga dan instansi daerah dimana Anda tinggal.

10.    Jalinlah komunikasi yang baik dengan tetangga. Kenalkan keluarga Anda kepada lingkungan baru, ajak pula putra-putri Anda, sehingga mereka juga turut belajar bersosialisasi dengan lingkungan baru mereka, karena disanalah keluarga kita hidup berinteraksi sosial. Lakukan kunjungan ke tetangga terdekat yang berbatasan dengan rumah kita, karena merekalah saudara kita yang terdekat.

persiapan pindah rumah baru
kormunikasi dan melibatkan angggota keluarga – diminimalis.com

Menempati rumah baru merupakan sebuah awalan penting dalam menapaki fase baru dalam perjalanan hidup Anda dan keluarga. Mempersiapkannya dengan baik akan semakin menambah kesan yang Anda dan keluarga dapatkan. Sebuah hunian yang tak juga nyaman, namun juga terasa hangat di hati, memerlukan niat baik dan semangat positif dari para penghuninya. Dengan awal yang baik, semoga semua harapan Anda bisa terwujud dalam rumah baru Anda. Selamat menempati bahtera baru Anda. (rd)

Salam hangat,
~diminimalis~

Comments are closed.