Ide Inspirasi Persiapan Menjamu Makan Keluarga Besar

Keluarga besar perlu dijamu dengan spesial - Diminimalis.com

Meski terlihat sepele, namun persiapan menjamu makan keluarga besar perlu dilakukan dengan baik, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diingainkan, yang berujung pada kekecewaan. Apa sajakah persiapan tersebut? Anda bisa menyimak ulasan detail kami pada artikel berikt ini.

 persiapan menjamu makan keluarga besar, tempat makan keluarga di solo, contoh menu makanan lamaran, daftar menu makanan lamaran, menu pilihan untuk acara lamaran, rumah makan di solo untuk rombongan, cemilan untuk acara lamaran, daftar menu prasmanan lamaran, menu makanan untuk acara lamaran sederhana, masak sendiri atau catering, biaya catering untuk 400 orang, budget masak sendiri untuk pernikahan, jasa masak hajatan, jasa masak pernikahan, catering atau masak sendiri kaskus, cara menghitung makanan prasmanan, biaya catering untuk 500 orang, upah tukang masak
Keluarga besar perlu dijamu dengan spesial – Diminimalis.com

Persiapan Menjamu Makan Keluarga Besar yang Efisien dan Tepat

Nah, sebagai masukan, berikut telah kami rangkum beberapa ide dan inspirasi dalam mempersiapkan hal tersebut:

1. Perhatikan Jam Kedatangan atau Waktu Dimulainya Acara
Hal ini penting untuk diperhatikan, apakah acara akan dilakukan pada pagi, siang, sore atau malam hari. Karena ini berkaitan dengan menu yang akan Anda sajikan serta pemilihan menu yang sesuai dengan waktu tersebut.

Apabila acara dilakukan pada pagi hari, idealnya pilihlah menu makanan semi berat, lalu untuk makan siang pilih menu makanan yang berat, dan sore hari sajikan makanan dan minuman yang menyegarkan.

2. Jumlah Tamu yang Datang
Dengan mengetahui jumlah tamu yang datang, pastinya akan mempermudah Anda dalam memilih menu dan banyaknya makanan yang akan disiapkan. Sangat disarankan untuk melebihi sedikit dari jumlah tamu yang datang. Misalnya ada 35 orang tamu maka Anda bisa menyiapkan 40 – 45 porsi makanan untuk berjaga-jaga.

3. Tema Acara
Tema acara juga penting dalam persiapan menjamu makan keluarga besar, hal ini berkaitan dengan penyajian menu yang tepat. Saat ini orang tidak hanya fokus pada makanan yang enak saja, tetapi juga terkait penyajiannya yang enak dilihat, serta sesuai dengan temanya. Untuk itu butuh kreativitas dan persiapan yang matang agar tidak salah menciptakan suasana jamuan yang ideal.

Memilih suasana jamuan bisa disesuaikan dengan lokasi acara. Apabila acara dilakukan di rumah dan tema acara adalah arisan keluarga, Anda bisa menggunakan dua ruangan yaitu ruangan terbuka seperti taman rumah dan ruang keluarga. Jadi, untuk acara intinya bisa diadakan di ruang keluarga, kemudian saat acara makan bisa digelar di taman rumah dengan konsep prasmanan.

Mengkondisikan suasana jamuan makan tentunya juga harus Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda, apabila Anda menginginkan konsep sederhana, sajian makanan dapat diatur di meja makan. Ada baiknya Anda menambah dekorasi penunjang, seperti lilin atau hiasan ruangan guna menciptakan suasana yang lebih indah dan hidup.

4. Pemilihan Menu yang Simpel Dan Mudah

masak sendiri atau catering, biaya catering untuk 400 orang, budget masak sendiri untuk pernikahan, jasa masak hajatan, jasa masak pernikahan, catering atau masak sendiri kaskus, cara menghitung makanan prasmanan, biaya catering untuk 500 orang, upah tukang masak
Pilihla menu yang simpel namun istimewa – Diminimalis.com

Pemilihan menu tentu menyesuaikan dengan buget serta kemampuan Anda. Saran kami, sebaiknya pilihlah menu yang simpel, serta sesuai dengan waktu makan (seperti yang disinggung sebelumnya). Nah, untuk lebih jelasnya bisa disimak berikut ini.

– Pagi hari (Menu Makanan Semi Berat)
Menu utama untuk pagi hari Anda bisa membuat nasi goreng seafood atau ayam, dengan potongan sayur lengkap. Membuat beef steak daging/ayam bisa juga bisa menjadi alternatif yang simpel. Untuk camilan, sajikan kue bolu, brownis atau makanan ringan lain, dan tambahan minum seperti kopi, teh atau fruit tea.

– Siang hari (Menu Makanan Berat)
Untuk menu siang hari, Anda bisa membuat nasi sayur asam dengan kombinasi sayuran yang lengkap, atau nasi sambal penyet ayam, ikan lele. Selain menu tersebut, Anda bisa menyajikan menu ayam mentega goreng dengan sayur asam manis atau capjay dan soup merah.
Sementara untuk menu pendamping, Anda bisa menghidangkan pempek, siomay, atau beberapa jajanan ringan dan tambahan minuman, seperti es leci, es cendol, atau minuman soda dingin yang dipadu dengan buah.

– Sore hari (Menu Makanan Menyegarkan)
Menu makan untuk sore hari bisa Anda sajikan dengan bakso dan tambahan lontong, tom yum, atau sup merah scallop dan sayur. Sementara untuk camilan, Anda bisa menyajikan puding, agar-agar, dan makanan ringan lain dan tambahan minuman seperti kopi, teh, atau es krim.

– Malam hari (Menu Makanan Berat)
Menu malam hari bisa Anda hidangkan dengan daging sapi lada hitam, semur daging dan tahu, atau soto ayam. Sementara untuk camilan, Anda bisa menghidangkan pisang coklat, pancake, atau makanan ringan lain dan tambahan minuman seperti es cappuccino, es susu, dan es sirup.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjamu Tamu

Selain mengetahui ide serta persiapkan dalam menjamu makan keluarga besar, ada beberapa hal penting lain yang sebaiknya juga diperhatikan, diantaranya yaitu:

hidangan takjil dan buka puasa, makanan takjil dan buka puasa, hidangan takjil untuk buka puasa
sajikankah makanan semenarik mungkin – diminimalis.com

• Gunakan gelas berukuran kecil.
Ini dilakukan bukan karena penghematan atau pelit, namun untuk mengantisipasi agar tidak banyak minuman yang mubazir. Seperti yang kita tahu, saat berkunjung ke rumah terutama saat lebaran, pasti para tamu sudah berkunjung ke banyak tempat/rumah, dan rata-rata di masing-masing rumah pasti juga sudah minum. Jadi sudah bisa dipastikan, saat bertamu ke rumah kita, kondisi para tamu sudah dalam keadaan kenyang, dan minum hanya untuk sekedar menghormati tuan rumah.

• Memisahkan minuman dengan pemanis/gula
Ini juga perlu, demi kenyamanan tamu. Karena tidak semua orang suka dengan minuman manis, jadi dengan memisahkan antara pemanis dan air minumnya, maka tamu bisa menuangkan gula sesuai kadar yang disukainya.

• Untuk penyajian camilan, potonglah kecil-kecil.
Ingat, para tamu makan kue yang kita hidangkan, kebanyakan bukan karena ingin (makan), namun lebih kepada ‘ingin menghormari tuan rumah’. Jadi sebaiknya potong kecil-kecil, supaya mereka tidak enggan mengambilnya.

• Sediakan tempat sampah kecil
Ini juga tidak boleh dilupakan, namun perlu diingat, gunakan tempat sampah yang bersih dan menarik dilihat, agar para tamu tidak merasa jijik. Dan jangan lupa setelah semua acara selesai, keloalah sampah rumah tangga Anda dnegan bijak.

Itulah tadi informasi seputar ide inspirasi persiapan menjamu makan keluarga besar, selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.