Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Apa Sajakah Persiapan Membuat Taman untuk Rumah Minimalis Anda?

Diperlukan persiapan matang untuk membuat taman minimalis yang ideal - Diminimalis.com

Pada desain rumah minimalis kontemporer, kehadiran taman merupakan elemen yang wajib ada untuk menghadirkan keindahan dan nuansa asri. Meski secara konsep siapa saja bisa menghadirkannya, tapi untuk membuat taman yang ideal, diperlukan persiapan yang matang. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki taman minimalis ideal, kali ini kami akan mengulas untuk Anda tentang persiapan membuat taman minimalis yang baik dan benar.

persiapan membuat taman, alat dan bahan untuk membuat taman,langkah-langkah membuat taman, proses pembuatan taman, prinsip perancangan taman
Diperlukan persiapan matang untuk membuat taman minimalis yang ideal – Diminimalis.com

 Persiapan membuat taman minimalis di rumah

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat taman di antaranya adalah :


  1. Mebuat konsep dan ide
  2. Menyiapkan lahan
  3. Memahami pola penanaman
  4. Membuat elemen dekoratif
  5. Perawatan
  6. Menggunakan jasa taman profesional bila diperlukan

1. Mebuat konsep dan ide

Membuat konsep taman minimalis harus dipersiapkan dengan matang. Ini penting, karena kita akan menggunakan taman tersebut untuk jangka panjang. Tanpa konsep yang matang, maka Anda malah akan ribet kedepannya. Bisa jadi Anda akan berkali-kali merenovasi taman tersebut, akibat tidak sesuai dengan hasil yang diinginkan. Misalnya apabila Anda salah memilih jenis tanaman atau salah menentukan lokasi penanaman. Untuk merubahnya, tentu saja akan membutuhkan energi dan biaya yang tidak sedikit.

2. Menyiapkan lahan

Tentukan lokasi mana yang paling kondusif untuk Anda jadikan taman. Bisa di depan, samping, atau belakang rumah. Setelah tempat telah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah mengolah tanah menggunakan teknik  layering. Teknik ini merupakan upaya menggemburkan tanah secara organik, dengan cara menyebarkan rumput di atas lahan yang akan Anda jadikan taman. Karena rumput yang telah kering tersebut memiliki kandungan organik yang bagus untuk tumbuhan.

3. Memahami pola penanaman

Salah satu langkah penting dari persiapan membuat taman minimalis, adalah pemilihan pohon yang tepat untuk ditanam. Usahakan Anda mengenali setiap jenis tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah Anda. Karena setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan penanganan dan perawatan yang berbeda-beda pula.

Hindari pohon yang terlalu rindang

Bila Anda memiliki lahan terbatas, pilihlah tanaman yang memiliki pertumbuhan yang lambat agar dalam perawatannya lebih mudah dan tidak banyak menyita waktu. beberapa pohon yang cocok ditanam di lahan sempit diantaranya adalah pohon  ketapang, pohon palem dan pohon pucuk merah.

Pilih pohon yang memiliki banyak manfaat 

Sebaiknya Anda memilih tanaman yang tidak hanya bersifat menghias, tetapi juga harus bermanfaat. Misalnya tanaman obat atau buah-buahan. Jenis tanaman semacam ini selain dapat menghias taman Anda, juga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk keluarga Anda. Anda juga bisa menanam sayuran dengan teknik hidroponik, meski lahan Anda tidak terlalu luas.

4. Membuat elemen dekoratif

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
gazebo indah di taman yang penuh tanaman indah pula – diminimalis.com

Gunakan material batu Material batu akan Anda butuhkan  untuk membuat jalan setapak di tengah rumput atau sebagai penghias dinding area taman. Batu kerikil menjadi pilihan utama dalam membuat jalan setapak tersebut. Batu kerikil dapat dipasang secara permanen dengan menggunakan semen atau di biarkan saja untuk meberikan kesan natural.Sarana pendukung taman Selain tanaman sebagai objek utama dalam taman,

Anda bisa menambahkan sarana pendukung agar taman terlihat lebih menawan, seperti :

  • Kolam atau Air mancur
  • Ayunan
  • Gazebo
  • Meja kursi, dan lain sebagainya

Pemanfaatan aksesoris taman tersebut dapat mendukung tampilan taman Anda agar lebih asri dan nyaman saat digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Gunakan pot yang cantik

Pemilihan pot bunga juga harus disesuaikan dengan ukuran tanaman Anda. Pot dari semen lebih awet digunakan dibandingkan dengan pot plastik atau tanah liat. Anda pun dapat lebih hemat karena hanya perlu membelinya sekali saja. Dan saat ini desain pot dari bahan semen sudah begitu beragam, sehingga memudahkan Anda untuk memberikan ide bagi taman agar tampil cantik.Jika Anda mempunyai tanaman air, hendaknya tanaman tersebut ditanam di dalam pot yang tidak berlubang, agar air tetap tertampung di atas pot. Aturlah posisi peletakan pot bunga dengan memperhatikan kesan estetika yang akan Anda bangun.

5. Perawatan taman 

Agar taman selalu terjaga kebersihan dan keindahannya, tentu saja Anda harus melakukan perawatan sederhana. Perawatan ini meliputi, penyiraman, pemupukan dan pemangkasan.Siramlah tanaman setiap pagi dan sore saat musim kemarau. Sedangkan saat musim hujan, siramlah tanaman pada hari-hari saat tidak turun hujan. Untuk pemupukan, sebaiknya gunakan pupuk organik, atau pupuk kandang. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping penggunaan pupuk kimiawi.

Memangkas tanaman secara berkala juga penting untuk Anda lakukan, agar ketinggian tanaman dapat dikendalikan. Jika terdapat tanaman merambat, gunakan penyanggah agar tidak merambat ke bawah. Kemudian pangkaslah tanaman tersebut bila pertumbuhannya sudah tidak rapi lagi. yang jelas, penyiraman, pemupukan dan pemangkasan tanaman, perlu Anda lakukan untuk membuat tanaman Anda terlihat rapi dan indah.

6. Gunakan jasa bila diperlukan

Bila Anda masih sibuk atau kerepotan untuk membuat taman minimalis yang benar, tak ada salahnya bila Anda menggunakan jasa perawatan taman yang profesional. Karena sudah dipastikan, mereka memahami apa-apa saja yang perlu diupayakan untuk membuat taman yang baik, mulai dari pengolahan tanah, pemilihan tanaman, hingga perawatannya. Menyewa jasa tukang taman yang profesional merupakan pilihan yang tepat, bila Anda masih merasa awam untuk mengolah taman atau sibuk dengan berbagai aktivitas pekerjaan. Anggap saja ini merupakan investasi jangka panjang, daripada membuat taman secara asal-asalan namun hasilnya tidak bagus kedepannya.

Demikian ulasan kami tentang persiapan membuat taman minimalis yang tepat.Semoga dengan memahami tahapan di atas, Anda dapat mengolah taman minimalis yang ideal dan dapat dijadikan tempat favorit untuk bersantai bersama keluarga tercinta. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.