oleh

Perlengkapan Renang yang Perlu disiapkan oleh Pemula

Ada banyak manfaat berenang bagi kesehatan, namun idealnya, sebelum berangkat berenang Anda harus menyiapkan beragam perlengkapan renang yang lengkap. Tentunya hal ini sangat penting, demi kenyamanan dan keselamatan Anda sendiri. Terutama hal ini untuk Anda yang masih pemula atau dalam tahap belajar berenang.

Nah, terkait hal tersebut, sebaiknya Anda menyimak ulasan yang kami bagikan berikut ini. Karena kali ini kami akan mengupas tentang berbagai jenis perlengkapan renang yang idealnya wajib disiapkan.

perlengkapan renang anak, alat yang perlu disiapkan untuk berenang, alat bantu renang bagi pemula, toko perlengkapan renang di bekasi, toko perlengkapan renang di surabaya, harga papan renang, hand paddle renang, toko perlengkapan renang di jakarta
Ada banyak perlengkapan renang yang mestinya wajib disiapkan oleh pemula – Diminimalis.com

Berbagai Perlengkapan Renang yang Wajib Disiapkan Sebelum Berangkat

1. Menyiapkan Pakaian Renang

Pakaian khusus renang merupakan perlengkapan utama yang harus Anda siapkan. Karena hal ini bisa menunjang Anda untuk melakukan gerakan-gerakan saat berada di dalam air. Untuk pria, Anda harus menyiapkan celana renang yang berbahan khusus. Agar tidak mengganggu kenyamanan Anda saat melakukan pergerakan di dalam air.

Demikian juga untuk para wanita. Saat berangkat berenang, Anda harus menyiapkan model baju renang yang sesuai lekuk tubuh Anda. Perlu diketahui, saat ini banyak sekali model baju renang yang tersedia dipasaran. Mulai dari yang tertutup hingga yang terbuka. Bahkan bagi Anda yang berhijab, Anda juga bisa memilih baju renang yang ada hijabnya.

2. Menyiapkan Kacamata Renang

perlengkapan renang anak, alat yang perlu disiapkan untuk berenang, alat bantu renang bagi pemula, toko perlengkapan renang di bekasi, toko perlengkapan renang di surabaya, harga papan renang, hand paddle renang, toko perlengkapan renang di jakarta
Kacamata renang merupakan alat yang wajib disiapkan – Diminimalis.com

Perlengkapan renang selanjutnya yang wajib dibawa adalah kacamata. Idealnya, agar mata Anda tidak teriritasi dan perih, harus menyiapkan kacamata renang yang memenuhi stAndart, guna melindungi mata Anda. Jika mata Anda minus, Anda bisa menggunakan kacamata renang khusus untuk mata minus, begitupun untuk kondisi lainnya.

Selain untuk melindung mata, kacamata renang juga bisa membuat Anda lebih bebas melihat di dalam air. Jadi, benda yang satu ini, wajib dibawa untuk kenyamanan dan keamanan selama berenang.

3. Menyiapkan Penutup Kepala

Perlengkapan renang yang satu ini seringkali dilewatkan oleh banyak orang. Biasanya mereka beralasan kurang nyaman dan tidak terbiasa menggunakan penutup kepala saat berenang. Padahal, fungsi utama penutup kepala tersebut, sangat penting, yakni untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari air kolam renang yang mengandung banyak klorin. Jadi, bagi Anda yang memiliki rambut panjang, memang sangat disarankan menggunakan penutup kepala ini. Selain untuk melindungi, penutup kepala yang dipakai juga bisa mengurangi gangguan dari rambut, ketika Anda berenang.

4. Menyiapkan Kaki Katak

perlengkapan renang anak, alat yang perlu disiapkan untuk berenang, alat bantu renang bagi pemula, toko perlengkapan renang di bekasi, toko perlengkapan renang di surabaya, harga papan renang, hand paddle renang, toko perlengkapan renang di jakarta
Kaki katak dapat mengefisienkan energi kita saat mengayunkan kaki di air – Diminimalis.com

Perlengkapan renang lain yang perlu Anda siapkan yaitu kaki katak. Alat bantu ini biasanya digunakan saat Anda berenang menggunakan gaya bebas. Dengan memakai kaki katak, tentunya bisa membuat Anda lebih cepat saat bergerak di dalam air.

5. Menyiapkan Ban

Tak hanya untuk anak-anak saja, Anda yang sudah dewasa pun juga bisa menyiapkan ban sebagai perlengkapan renang Anda. Apalagi jika Anda masih baru belajar berenang, tentu ban bisa membuat Anda lebih aman dan bisa selalu mengapung diatas permukaan air. Selain itu, ban yang Anda bawa juga bisa menjadi alat penolong saat ada perenang yang tenggelam di kolam renang.

6. Menyiapkan Papan Pelampung

Selain ban, perlengkapan renang lain yang bisa Anda siapkan, khususnya untuk pemula ialah papan pelampung. Fungsinya sama seperti ban, yaitu untuk membuat Anda tetap terapung di permukaan air. Selain itu, papan pelampung juga bisa membantu Anda berlatih gerakan kaki yang benar. Jadi Anda bisa berlatih teknik gaya katak, dada, atau bebas dengan lebih nyaman saat menggunakan papan pelampung.

7. Menyiapkan Pull Buoy

Nah, jika papan pelampung tadi untuk membantu Anda berlatih gerakan kaki. Maka pull buoy ini bisa membantu Anda untuk berlatih gerakan tangan yang benar. Fungsi dari perlengkapan renang yang satu ini yaitu untuk membantu kaki Anda tetap berada di permukaan. Jika Anda ingin menggunakannya, pastikan ukurannya sesuai dengan tubuh Anda.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda tinggal menjepitkannya ke paha Anda. Lalu secara otomatis, kaki Anda pun akan menuju permukaan dan tidak mudah tenggelam lagi.

8. Menyiapkan Peralatan Mandi

Setelah berenang, gunakanlah handuk untuk mengeringkan dan menyelimuti tubuh Anda. Salah satu tujuannya ialah, agar Anda terhindar dari masuk angin. Kemudian siapkan peralatan mandi seperi shampo dan sabun kemasan cair yang praktis untuk dibawa. Lalu, segeralah menuju ruangan yang disediakan untuk mandi dan membersihkan badan saat berenang selesai.

Terkadang ada beberapa orang yang tidak melakukan hal ini. Namun Anda tidak boleh mencontohnya, karena kandungan-kandungan yang ada di air kolam renang bisa membuat kulit Anda kering dan kurang sehat. Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan lotion atau pelembab setelah mandi.

9. Menyiapkan Baju Ganti

Sebelum mandi atau membersihkan diri, pastikan sebelumnya Anda sudah menyiapkan baju ganti. Bawalah celana dalam, celana luar, dan baju yang bersih untuk Anda kenakan. Celana dalam merupakan hal penting yang harus Anda persiapkan, karena celana dalam yang lembab bisa menjadi pemicu beberapa penyakit kulit.
Tapi, jika Anda tidak ingin membawa barang yang terlalu banyak. Anda cukup membawa celana dalam saja, dan bisa menggunakan baju atau celana yang Anda kenakan sewaktu berangkat menuju kolam renang.

Sebagai tambahan, pastikan Anda membawa kantong plastik sebagai tempat untuk menyimpan pakaian renang Anda yang sudah basah.

Nah, itulah beberapa perlengkapan renang yang harus Anda siapkan sebelum berangkat, baik saat berenang sendirian maupun dengan kawan. Perlu Anda ingat, peralatan ini tidak hanya disiapkan saat Anda berenang di kolam renang saja. Tapi, juga perlu disiapkan saat Anda berenang di danau, pantai, serta lautan. (ar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.