Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Perlengkapan Aquascape yang Wajib ada dan tak Boleh Terlewatkan

Menyalakan lampu terus-meneurs dapat membuat ikan dan tanaman di dalam aquascape lelah dan mengganggu pertumbuhan - diminimalis.com

Bagi Anda yang masih pemula untuk memulai hoby aquascape, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja perlengkapan aquascape yang harus Anda siapkan. Berbeda dengan akuarium, aquascpae memiliki berbagai perangkat yang lebih komplek. Karena merawat tumbuhan di dalam air lebih ribet daripada memelihara ikan di dalam akuariuam.

Perlengkapan aquascape, peralatan aquascape pemula, Perlengkapan aquascape murah
Lampu, filter, co2 termasuk perlengkapan aquascape yang harus ada – diminimalis.com

Perlengkapan aquascape yang sebaiknya harus Anda miliki

Kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda perlengkapan aquascape apa saja yang harus Anda miliki, diantaranya yaitu.


1. Media Tanam

Media tanam untuk aquascape adalah media utama untuk bercocok tanam tumbuhan. Di pasaran, media ini berbagai macam jenisnya. Dari yang bersumber langsung dari alam seperti pasir malang, pasir silija, maupun media olahan produsen aquascape seperti Amazone Soil. Anda bisa membeli media tanam ini di toko ikan hias atau toko perlengkapan aquascape terdekat.

2. Lampu aquascape

Tanaman yang ada dalam aquascape tidak akan berfotosintesis dengan baik apabila tidak ada cahaya. Cahaya yang diberikan tidak harus cahaya alaami matahari, tapi Anda juga bisa memberikan cahaya buatan.
Sebagaimana di alam bebas, tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk proses fotosintesis, agar dapat menghasilkan zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan itu sendiri. Maka, untuk membantu agar proses fotosintesis berjalan lancar, pastikan Anda dapat menyediakan cahaya yang ideal untuk tumbuhan pada aquascape Anda.

3. filter

Filter berfungsi untuk menjaga kondisi air agar tetap jernih. Adanya filter diharapkan supaya aquascape Anda dapat dinikmati keindahannya karena terlihat bening dari luar. Tingkat keberhasilan dalam menjernihkan aquascape adalah terciptanya air yang jernih seakan-akan bening seperti kristal. Maka dengan menyedot kotoran-kotoran yang ada, filter diharapkan mampu mewujudkan hal itu.

Umumnya filter aquascape bekerja dengan sistem treatment cycling, artinya filter ini akan menyaring air beserta kotorannya dan mengalirkannya kembali ke dalam aquarium dengan kondisi air yang sudah jernih.

4. Termometer dan Pendingin air

Termometer tentu kita butuhkan untuk memantau suhu air di dalam aquascape Anda. Masing-masing tanaman aquascape memiliki kriteria yang berbeda terkait suhu idealnya. Maka kita perlu menyesuaikan dengan habitat aslinya, sekalipun tumbuhan dan fauna tersebut hasil budidaya.

Manfaatkanlah fan atau pendingin air agar dapat menyetabilkan suhu air supaya tetap dingin. Usahakan agar kondisi air jangan sampai melewati 29 derajat celcius. Bila suhu air melewati batas itu, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pada aquascape Anda.

5. CO2

co2 untuk aquascape
Co2 pada aquascape sangat penting untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan di dalam air – diminimalis.com

CO2 merupakan kebutuhan pokok tumbuhan, tak terkecuali tumbuhan air. Fungsi CO2 bagi tumbuhan adalah untuk membantu proses fotosintesis. Anda bisa membuat CO2 buatan sendiri untuk aquascape Anda. Tutorial cara membuat CO2 buatan bisa Anda dapatkan di forum komunitas atau grup sosial media aquascape. Bila Anda merasa ribet untuk membuat CO2 sendiri, Anda bisa membelinya di toko peralatan aquascape terdekat.
Itulah beberapa perlengkapan aquascape yang harus Anda miliki karena peranannya sangat vital untuk aquascape Anda.

Semoga dengan mengoptimalkan penggunaan perlengkapan tersebut, tanaman Aquascape Anda bisa terawat dengan baik dan terlihat sangat indah. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.