oleh

Perhitungan Membangun Rumah Tipe 36 Minimalis

Rumah tipe 36 merupakan tipe rumah yang permintaannya selalu tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh semakin terbatasnya lahan, yang membuat harga tanah dan bangunan semakin naik. Kondisi seperti ini, membuat banyak orang memilih untuk membeli atau membangun rumah tipe 36 yang anggarannya bisa dijangkau oleh kelas menengah. Bagi Anda yang juga hendak ingin membangun rumah tipe 36, maka kali ini kami akan ulas untuk Anda, tema tentang perhitungan membangun rumah tipe 36 yang sebaiknya Anda pahami.

Perhitungan Membangun Rumah Tipe 36 , menghemat anggaran bangun rumah, membangun rumah murah dan cepat, tips membangun rumah dengan dana terbatas
Agar anggaran membangun rumah Anda tidak membengkak, Anda perlu paham cara mengefisienkan anggaran tersebut saat sebelum mulai mengeksekusi renovasi rumah Anda – Diminimalis.commembangun rumah

Perhitungan Membangun Rumah Tipe 36

Sebelum membangun rumah minimalis, tentu Anda harus menganggarkan biaya bangun rumah minimalis type 36 terlebih dahulu. Sebagai gambaran, jika Anda belum memiliki lahan, maka Anda perlu menganggarkan untuk lahan terlebih dahulu dan besarannya tergantung dari lokasi lahan tersebut. Semakin strategis suatu lokasi, maka biaya yang dikeluarkan semakin besar.

atap pelana, atap pelana minimalis, atap limasan, macam macam bentuk atap rumah
Anda perlu menentukan spesifikasi rumah yang akan Anda bangun – Diminimalis.com

Di sini, kita tidak akan membahas dana untuk pembelian lahan secara rinci. Sebab harga tanah untuk rumah berbeda-beda di masing-masing daerah. Jadi, anggap saja dalam perhitungan ini Anda sudah memiliki tanah untuk tapak rumah, dan kita akan masuk ke langkah yang berikutnya.

Hal yang berikutnya bisa Anda lakukan sebelum menghitung biaya bangun rumah sendri adalah melakukan pendataan tentang spesifikasi ruang di dalam rumah. Data tentang spesifikasi ruang dalam rumah harus dilakukan dengan perhitungan skala prioritas. Mulailah dahulu dari ruang terpenting yang harus ada di dalam rumah. Biasanya, rumah minimalis tipe 36 terdiri dari:

1. 2 Kamar tidur

2. Kamar mandi/toilet

3. Dapur

4. Ruang tamu

5. Teras

6. Garasi

Sesuaikan Perhitungan Membangun Rumah Tipe 36 dengan Daftar Kebutuhan Materialnya

Setelah membuat daftar spesifikasi ruang, Anda bisa langsung melakukan perhitungan biaya buat rumah sederhana minimalis tipe 36. Sesuaikan kebutuhan material dengan perhitungannya. Berikut ini perhitungan yang bisa dijadikan gambaran:

• Batu bata

meneganl semen instan, kekurangan mortar, kelebihan dan kekurangan mortar
Pastikan batu bata selalu kering, agar kualitasnya tetap terjaga untuk mendirikan dinding yang kokoh – Diminimalis.com

Pada umumnya, ukuran batu bata untuk dinding seluas 1m2 adalah 90 buah. Kebutuhan batu bata seluruh tembok tipe 36 dengan dua kamar, adalah 154m2. Jadi, keseluruhan batu bata yang dibutuhkan 154 x 90, sekitar 13.860 buah. Bulatkan saja jadi 15.000 buah batu bata. Harga batu bata sekitar Rp 500/buah. Maka, biaya batu batanya menjadi 15.000 x Rp 500 = Rp 7.500.000.

• Semen

Kebutuhan semen dalam membangun sebuah rumah digunakan untuk beberapa macam, yaitu memasang bata tembok, untuk pondasi/cor, untuk aci/plester, dan untuk lantai. Untuk pasang bata pada tembok seluas 154m2 dibutuhkan 31 Zak, untuk aci juga dibutuhkan 31 Zak, untuk lantai dibutuhkan sekitar 18 Zak, Untuk cor pondasi dibutuhkan 10 Zak semen. Jadi total kebutuhan semen kurang lebih 90 Zak (isi semen @ 50kg). Harga semen sekitar Rp 60.000. Maka, biaya semen untuk membangun rumah tipe 36 menjadi 90 Zak x Rp 60.000 = 5.400.000. Anda bisa mencoba menggunakan semen instan agar dapat mengefisienkan pekerjan.

• Pasir

Dalam membangun rumah, pasir dibutuhkan sebagai campuran semen. Total kebutuhan pasir untuk rumah tipe 36 sekitar 19m3 dengan biaya sekitar Rp 150.000. Jadi, total keseluruhan sekitar Rp 2.850.000.

• Kerikil

Kerikil digunakan untuk cor pondasi sekitar Rp 300.000 untuk volume 1m3

• Besi beton

Dibutuhkan dua besi beton untuk membangun rumah tipe 36, yaitu besi beton ukuran 8mm dan 5mm. Kebutuhan keduanya, masing-masing 50 batang. Jika harga perbatang besi beton 8mm Rp 35.000 dan 5mm seharga Rp 5000. Maka, total keseluruhannya sekitar Rp 2.000.000.

• Broti

Broti digunakan untuk plafond dan kuda-kuda atap seng. Total biaya untuk broti bisa Anda siapkan sekitar Rp 1.500.000.

• Paku

Berbagai macam ukuran paku dibutuhkan dalam pembangunan sebuah rumah. Untuk paku, Anda bisa menyiapkan biaya sekitar Rp 400.000 hingg Rp 500.000

• Instalasi pipa air

Sebuah rumah pasti sangat membutuhkan pipa sebagai saluran air dari satu ruangan ke ruangan lain. Sesuaikan kondisi jarak dan letak rumah Anda dnegan sumber air. Dana yang disiapkan sedikitnya Rp 500.000 untuk pipa air.

Perhitungan tersebut hanya berupa gambaran, belum termasuk kusen, pintu, kloset, listrik, upah tukang, dan sebagainya. Belum juga termasuk tambahan biaya bangun rumah tipe 36 2 lantai. Total keseluruhan biaya yang harus disiapkan untuk membangun rumah tipe 36 satu lantai dengan 2 kamar tidur kira-kira sekitar Rp 43.590.000 hingga Rp 50.000.000. Hal yang belum tertera dalam perhitungan membangun rumah tipe 36, bisa disesuaikan.

Demikianlah ulasan kami tentang perhitungan membangun rumah tipe 36 yang sebaiknya kita pahami. Semoga dengan memahami perhitungan dasar ini, Anda bisa lebih cermat untuk membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) rumah tipe 36 yang akan Anda bangun.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed