Analisis Perhitungan Investasi Apartemen yang Sebaiknya Anda Pelajari

Apartemen merupakan obyek investasi yang sangat menujanjikan - Diminimalis.com

Bisnis properti di Indonesia kian diminati banyak orang. Salah satunya adalah apartemen. Perhitungan investasi apartemen yang cukup menggiurkan rupanya menarik banyak pelaku bisnis, baik pemain lama maupun baru, untuk terjun di bisnis ini.Karena itulah, apartemen masih banyak dipilih sebagai obyek investasi yang cukup menggiurkan.

Apartemen dapat menjadi pilihan utama dalam bisnis properti. Apalagi sudah banyak orang-orang di kota-kota besar yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen daripada memiliki rumah sendiri. Bukan hanya pekerja kantoran yang sudah mulai beralih ke apartemen, namun keluarga-keluarga kecil, hingga pasangan baru juga menjadikan apartemen tempat tinggalnya. Hal ini tentu menjadikan perhitungan investasi apartemen semakin menjanjikan.

Perhitungan Investasi Apartemen contoh perhitungan investasi properti, cara investasi apartemen, prospek investasi apartemen, investasi apartemen yang menguntungkan, kerugian investasi apartemen, cara menghitung capitalization rate
Apartemen merupakan obyek investasi yang sangat menujanjikan – Diminimalis.com

Faktor utama yang membuat apartemen dipilih karena faktor kepraktisan. Dalam lingkungan apartemen sudah tersedia aneka fasilitas yang dapat dimanfaatkan, mulai dari kolam renang, laudry, restoran hingga tempat bermain anak serta jogging track. Lokasi apartemen juga rata-rata ada di pusat kota sehingga strategis dan mudah dicapai.

Tren apartemen ini bisa dimanfaatkan sebagai investasi. Investasi apartemen studio terutama dapat dilakukan dengan cara membeli unit apartemen kemudian menyewakan atau menjualnya lagi. Pelayanan pengembang apartemen di Indonesia sendiri terbilang bagus mulai dari segi servis hingga non servisnya.

Jika apartemen dijual kembali, maka potensi keuntungannya mencapai 80 persen. Penjualan kembali unit apartemen yang belum sepenuhnya terbangun akan mendapat keuntungan mulai dari 30 sampai dengan 50 persen. Apartemen yang kita jual lagi dalam kurun waktu antara dua hingga tiga tahun pasca dibangun akan mendatangkan keuntungan antara 50 sampai 80 persen. Agar investasi apartemen dapat berjalan lancar, berikut adalah hal-hal yang harus kita perhatikan.

Perhitungan Investasi Apartemen Harus Perhatikan Hal Ini

1. Perhatikan Untung Rugi

Properti yang cocok untuk investasi pengertian investasi properti, investasi properti adalah, tips investasi properti, cara investasi properti, contoh investasi properti, keuntungan membeli properti, tips properti
Pertimbangkan untung rugi inevstasi di apartemen – Diminimalis.com

Kerugian investasi apartemen maupun keuntungannya harus benar-benar diperhatikan sebelum kita resmi menekuni investasi di bidang ini. Metode yang biasa digunakan untuk investasi apartemen sendiri adalah sistem jual beli serta sistem sewa. Menyewakan apartemen umumnya akan dilakukan investor yang menginginkan keuntungan berkala per tahun.

Agar bisa mendapat keuntungan maksimal dari sistem sewa apartemen, tentukan tarif sewa secara cermat. Mulailah dengan mencari informasi dari lingkungan sekitar apartemen. Termasuk di antaranya adalah karakteristik penyewa apartemen yang ada di wilayah itu, kemampuan finansial dari para calon penyewa, hingga tarif sewa yang biasa dikenakan pada lokasi. Hitung juga biaya-biaya tambahan dalam penyewaan apartemen.

Jika kita memilih untuk berinvestasi apartemen dengan cara menjualnya, ada lebih banyak aspek yang harus diperhatikan. Supaya keuntungan dari penjualan unit apartemen bisa maksimal, hitung seluruh biaya yang dikeluarkan mulai dari proses pembelian sampai dengan penjualannya nanti. Biaya yang harus dipertimbangkan termasuk pajak, akta jual beli, balik nama sampai dengan biaya perawatannya.

Jika kita telah melakukan perhitungan harga, barulah jual unit apartemen tersebut. Perhitungan secara cermat sangat penting agar kita tak merugi di kemudian hari. Tentu kita tak ingin menjual apartemen dengan harga jauh di bawah harga belinya.

2. Sun Rise Area

Perhitungan Investasi Apartemen contoh perhitungan investasi properti, cara investasi apartemen, prospek investasi apartemen, investasi apartemen yang menguntungkan, kerugian investasi apartemen, cara menghitung capitalization rate
Belilah apartemen di sun rise area – Diminimalis.com

Belilah apartemen yang berada di area sun rise, alias area yang memiliki prospek cerah setidaknya hingga lima tahun yang akan datang. Apartemen yang ada di area seperti ini akan memiliki permintaan tinggi di pasar sehingga sangat cocok dijadikan sebagai investasi. Potensi ini juga ditandai pertumbuhan harga tanah, kelengkapan fasilitas sampai dengan kemudahan akses.

Sebagai contoh, area sun rise di Jabodetabek ialah Tebet, Kebayoran Baru, Serpong, Kemang serta Permata Hijau. Lokasinya ada di kawasan bisnis dengan perkembangan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Fasilitas publik juga tersedia di sekitarnya sehingga permintaan akan apartemen di wilayah ini akan terus meningkat.

Kawasan Serpong terutama mengalami perkembangan bisnis yang cukup pesat sehingga sangat digemari kalangan pedagang, eksekutif muda hingga profesional. Di kawasan yang sama, akan sangat mudah bagi kita dalam menemukan aneka fasilitas publik. Sebut saja seperti commuter line, restoran, sekolah, rumah sakit sampai dengan pusat perbelanjaan. Para pengembang apartemen tentu akan berebutan dalam menggarap kawasan ini.

3. Performa Developer

Cara investasi apartemen berikutnya adalah dengan memperhatikan performa dari developer alias pengembang apartemen tersebut. Pihak developer memegang peranan penting dalam keuntungan investasi apartemen yang kita lakukan. Hati-hati menentukan unit apartemen serta developer, apalagi karena investasi apartemen nilainya tergolong besar.

Lakukan survey serta riset terkait performa dari developer. Kita harus tahu reputasi mereka dan lihat jaringan yang sudah dibangun. Developer yang reputasinya baik umumnya akan menjamin suksesnya pemasaran apartemen serta nilai investasi yang kita lakukan akan semakin naik di masa yang akan datang.

4. Bidik Segmen Pasar

Pertimbangan terakhir dalam melakukan investasi apartemen ialah membidik segmen pasar yang dituju. Calon penyewa harus kita perhatikan karena akan mempermudah kita sebagai investor dalam menentukan lokasi apartemen yang hendak diinvestasikan. Sebagai contoh adalah kawasan industri di mana terdapat banyak pekerja.

Supaya kita dapat memperoleh keuntungan yang optimal, maka investor harus dapat mengetahui kemampuan dari segmen pasar. Informasi ini sekaligus akan dijadikan dasar dalam menentukan harga sewa ataupun harga jual dari unit apartemen. Lihat juga di sekeliling apartemen, apakah ada pasokan rumah tapak dengan jumlah terbatas dan harga tinggi.

Apartemen yang kita investasikan di daerah tersebut akan memiliki daya tarik tersendiri. Bukan tidak mungkin investasi apartemen akan mendatangkan keuntungan besar apabila kita memperhatikan aneka hal di atas secara cermat. Perhitungan investasi apartemen yang dilakukan sebaik mungkin akan mendatangan keuntungan bagi kita selaku investor. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.