oleh

Peredam Panas Atap Rumah untuk Memberi Kesejukan Saat Puasa

Definisi rumah nyaman tidak hanya dilihat dari luas, dekorasi, dan kebersihannya saja, namun juga kestabilan penyerapan suhu panas. Namun, bagaimana dengan suhu ruangan? Dapatkah suhu ruangan menjadi dingin tanpa peredam panas atap rumah? Beberapa jenis atap tidak dapat meredam suhu panas matahari dengan baik, sehingga suhu ruangan menjadi lebih panas daripada suhu luar ruangan.

Peredam Panas Atap Rumah, harga peredam panas atap rumah, cara memasang peredam panas atap rumah, peredam panas atap rumah asbes, peredam panas atap galvalum, harga peredam panas atap asbes, peredam panas atap spandek, peredam panas sederhana, bahan peredam panas matahari
Diperlukan beberapa cara untuk meredam panas dari atap rumah – Diminimalis.com

Misalnya, atap asbes, atap seng, atau atap tembok. Peredam panas atap rumah harus dipilih dengan baik agar panas bisa diserap dengan baik. Tidak hanya bagus, ketahanannya terhadap perubahan cuaca juga perlu dipertimbangkan.

Sebelum membangun rumah, pastikan bahwa atap memiliki tinggi di atas 3 meter dengan ukuran ventilasi yang sedang agar udara dan cahaya dapat masuk. Biasanya, semakin pendek jarak atap dengan lantai, maka semakin panas udara yang dirasakan. Peredam panas atap rumah akan sangat dibutuhkan bagi Anda yang memiliki rumah bersuhu panas.

4 Macam Peredam Panas Atap Rumah

Apa sajakah bahan yang efektif sebagai peredam panas atap rumah? Berikut ada 4 macam bahan penyerap panas terbaik yang bisa Anda pilih agar rumah Anda bebas panas. Masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda.

1. Aluminium foil

fungsi aluminium foil, fungsi aluminium foil pada atap, aluminium foil pelapis atap
Rangka baja ringan yang dilapisi aluminium foil – diminimalis.com

Mengapa aluminium foil? Aluminium foil bisa menahan radiasi sinar UV dengan cara memantulkannya kembali. Aluminium foil sangat cocok digunakan untuk rumah beratap seng. Apa saja kelebihannya? Kelebihan dari aluminium antara lain berikut ini.

a) Lebih kuat, tahan air, dan elastis
b) Mampu memantulkan kembali radiasi hingga 97%, jadi sangat efektif digunakan untuk peredam panas atap rumah.
c) Sekaligus sebagai pelindung plafon rumah. Plafon rumah tidak akan mudah rusak dan kotor karena sudah terlapisi oleh aluminium foil.
d) Lebih ramah lingkungan. Bahannya yang aman dan awet menjadikan aluminium foil tidak mencemari rumah dan udara.
e) Praktis. Proses pemasangan yang tidak rumit membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.
Aluminium foil banyak dijual di pasaran dengan harga cukup bervariasi. Sekarang Anda bisa membelinya lewat toko online juga. Pilih yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terbaik.

2. Panel Styrofoam

Styrofoam adalah panel penyekat berbahan plastik dengan bentuk butiran yang dirapatkan dan berisi udara. Styrofoam biasa kita jumpai dalam bentuk wadah makanan, pelindung barang elektronik atau sebagai barang berbahan kaca. Dengan perkembangan teknologi, Styrofoam diubah menjadi bahan penyerap panas terbaik.

Selain digunakan untuk atap, juga bisa untuk melapisi lantai keramik atau marmer. Biaya yang harus Anda keluarkan cukup ekonomis, baik untuk membeli panelnya ataupun untuk biaya pemasangannya karena mudah dan praktis. Kriteria Styrofoam seperti ukuran dan ketebalan sangat bervariasi. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

3. Polyester

Polyester memiliki banyak jenis. Ada yang digunakan untuk membuat bahan pakaian, botol minuman, atau yang lainnya. Polyester yang digunakan sebagai bahan penyerap panas terbaik adalah Polyester jenis R3.5 yang memiliki efektivitas tinggi untuk bisa menyerap panas. Jenis ini biasanya banyak digunakan di gedung-gedung fasilitas umum.

Bahannya yang ringan dan lebih ramah lingkungan, membuat peredam panas atap rumah ini menjadi banyak dipilih meski harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainnya. Pastikan bahwa Anda membeli produk yang tepat yang tidak membuat iritasi di kulit karena bahan kimianya. Bisa juga digunakan untuk melapisi dinding dan lantai.

4. Polyurethane Foam

Foam ini bukanlah foam biasa, melainkan cairan polyurethane yang berbentuk seperti foam agak padat yang berfungsi untuk penahan panas. Insulasi modern yang bermanfaat disegala musim. Bahan penyerap panas terbaik ini cocok untuk semua jenis atap, baik seng, beton, kayu, asbes, genteng, metal, dll. Cara pemakaiannya juga sangat muda. Tinggal menyemprotkannya secara merata ke seluruh lapisan atap bagian luar.

Kelebihannya, selain sebagai insulasi juga tidak mudah luntur apabila terkena air, sangat ringan, tidak memerlukan perawatan, multifungsi, dan lebih dapat menutupi semua celah atap. ketika musim hujan datang, Anda tidak perlu khawatir kedinginan di dalam rumah karena Polyurethane Foam akan menghangatkan suhu ruangan dan akan mendinginkan suhu ruangan saat musim kemarau atau saat terik.

Bagaimana cara pemasangan peredam panas atap rumah?

Rumah sejuk tanpa AC, tips Rumah sejuk tanpa AC, cara mendinginkan ruangan tanpa ac dan kipas angin
Salah satu desain rumah sejuk tanpa ac – diminimalis.com

Proses pemasangan peredam panas atap rumah tentu disesuaikan dengan bahan yang dipilih. Anda hanya perlu menggunakan alat bantu seperti gunting, jaring kawat, glass wool, lem, atau lainnya sesuai kebutuhan. Gunakan jasa pemasangan dari tempat penjual peredam panas atap rumah yang Anda beli. Hal ini dikarenakan bahwa tenaga ahli dinilai lebih professional dan sangat paham dengan segala kondisi atap rumah bila dibandingkan Anda sendiri atau orang lain yang memasangnya yang justru bisa membuang banyak waktu.

Beberapa bahan penyerap panas terbaik di atas bisa Anda pilih sesuai kemampuan keuangan Anda. Peredam panas atap rumah menjadi sangat penting ketika Anda merasakan ketidaknyamanan teradap suhu ruangan dalam rumah yang amat panas dan tidak memiliki AC.

Kerusakan atap rumah menjadi salah satu contoh risiko apabila tidak menggunakan peredam panas atap rumah. Hal tersebut disebabkan karena paparan sinar matahari dan guyuran hujan yang terus-menerus. Atap menjadi rapuh dan lebih cepat rusak.

Bila dibandingkan dengan menggunakan AC yang memakan banyak biaya listrik, menggunakan peredam panas atap rumah adalah solusi terbaik. Ruangan di dalam rumah akan terasa sejuk alami saat suhu di luar ruangan sedang panas. Kesehatan juga akan lebih terjaga karena perubahan suhu alami saat keluar ruangan tidak sampai drastis seperti apabila Anda menggunakan AC dengan suhu yang dingin.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed