Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Perbedaan Cat Interior dan Eksterior dan Masing-masing Kegunaannya

warna netral dapat memberikan kesan luas untuk kamar minimalis Anda - diminimalis.com

Perbedaan cat interior dan eksterior perlu kita pahami supaya kita dapat menggunakannya dengan tepat untuk dinding rumah minimalis kita. Dua jenis tersebut memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan peruntukannya. Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas perbedaan dan manfaat dari cat interior dan eksterior untuk dinding rumah minimalis.

warna dinding kontras, perpaduan warna cat tembok dan kusen, warna cat ruang tamu 2 warna
cat interior kamar yang terlihat lembut – diminimalis.com

Perbedaan cat interior dan eksterior untuk dinding rumah minimalis

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara cat tembok interior dan eksterior yang perlu Anda ketahu.


Cat interior dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Pada jenis tertentu, ada cat interior yang mudah dibersihkan bila ada noda atau kotoran yang menempel. Selain itu cat interior tidak mudah berjamur bila diaplikasikan di area yang cukup lembap (wet area).

Lapisan cat khusus interior memiliki kemampuan meng-cover terjadinya retak rambut pada dinding, dan bebas dari kandungan logam berat (heavy metal). Cat interior rumah tidak terkena perubahan suhu yang drastis dan kelembaban yang tinggi, sehingga resin yang digunakan untuk mengikat cat bersifat lebih kaku. Inalah membuat cat interior tidak rentan terhadap jamur serta lebih mudah dicuci.

Bagaimana dengan cat khusus eksterior?

Cat eksterior selain memberikan aspek keindahan juga berfungsi melindungi dinding dari pengaruh cuaca. Dinding eksterior adalah bagian yang paling sering terkena perubahan cuaca seperti terpaan angin, sinar matahari, guyuran hujan, serta perubahan suhu yang ekstrim. Hal ini dapat membuat dinding eksterior menjadi rusak dan menyebabkan air hujan bisa merembes ke dalam dinding. Hal inilah yang membuat dinding eksterior perlu dicat menggunakan cat khusus agar tidak mudah rusak.

Perbedaan cat interior dan eksterior, cat dinding rusak karena hujan, solusi cat dinding rusak karena hujan, cat tembok rusak karena hujan
dinding rusak yang tidak dilindungi cat khusus eksterior – diminimalis.com

Sebagai pelindung dinding, cat eksterior bersifat fleksibel terhadap perubahan suhu dan kelembaban yang tinggi. Karena cat eksterior dibuat menggunakan resin yang lebih lembut. Selain itu cat eksterior tahan lama dan tidak cepat mengelupas.

Bila kita simpulkan, cat interior jelas tidak bisa digunakan untuk eksterior, namun cat eksterior ada yang bisa digunakan untuk interior. Cat interior bebas dari kandungan logam berat seperti lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr) dan merkuri (Hg). Sedangkan cat eksterior, memiliki kandungan logam berat supaya dapat melindungi dinding dari cuaca ekstrim.

Demikian ulasan kami tentang perbedaan cat interior dan cat eksterior untuk rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait jenis kerusakan cat dinding dan solusinya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jenis kerusakan cat dinding dan solusinya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.