oleh

Perbandingan smartphone 1 jutaan: Xiaomi Redmi 5A vs Advan i6 vs Meizu M6, mana yang terbaik?

Di awal tahun 2018 ini, pasar smartphone tanah air dibanjiri dengan banyaknya smartphone berbanderol harga cukup murah 1 jutaan. Angka “1 jutaan” bagi sebagian besar penggila gadget adalah sebuah tawaran yang menggiurkan.

Menilik peta persaingan di pasar smartphone tanah air saat ini memang selalu menuai efek persaingan dan adu gengsi. Persaingan yang tidak hanya soal harga namun juga performa produk menjadikan pasar smartphone selalu kompetitif.

Perbandingan smartphone 1 jutaan-diminimalis.com
Xiaomi Redmi 5A, Advan i6, Meizu M6-diminimalis.com

Di tengah euforia pasar smartphone “murah berkualitas”, beberapa vendor smartphone melakukan terobosan dengan mengeluarkan produk terbaru mereka. Misalnya saja, dengan menyasar kelas harga 1 jutaan, Xiaomi, Advan dan Meizu meluncurkan Xiaomi redmi 5A, Advan i6, dan Meizu M6.

Dari ketiga ponsel cerdas tersebut mana yang lebih unggul dari sisi harga dan performa? Simak ulasannya sebagi berikut.

Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A-diminimalis.com
Xiaomi Redmi 5A-diminimalis.com

Ponsel pertama yang akan kita ulas adalah Xiaomi Redmi 5A. Seri Redmi 5A milik Xiaomi ini mampu menarik perhatian banyak orang dengan program flashsale nya yang masif.

Penjualan cepat ini tidak lain karena banderol harganya yang cukup murah untuk spesifikasi smartphone yang dianggap sudah diatas rata-rata. Dengan banderol harga Rp 999.000 pada penjualan awalnya kini penjualannya telah mencapai angka yang fantastis.

Smartphone berbekal RAM 2 GB dan 3 GB ini cukup laris manis di pasaran. Kinerja dapur pacu yang berbekal prosesor quadcore 1,4 GHz mampu mengimbangi kinerjanya jadi lebih cepat.

Untuk urusan penyimpanan, ponsel ini dibekali dengan internal sebesar 16 GB yang masih bisa diperluas hingga 256 GB. Otomatis kekhawatiran masalah memori penuh sedikit dapat teratasi.

Pada sisi kamera, ponsel yang mengusung OS 7.1.2 Nougat ini dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP yang dilengkapi dengan LED Flash. Sementara untuk kebutuhan selfie, ponsel ini telah dibekali dengan kamera sebesar 5 MP.

Pada sektor catu daya sendiri, ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 3000 mAh. Meskipun kapasitas baterai sebesar itu dianggap kekuatan sedang untuk ponsel dengan layar 5 inci ini namun sudah dapat diandalkan untuk mendobrak daya nyalanya berjam-jam.

Harga Xiaomi Redmi 5A

Harga Xiaomi redmi 5A sendiri telah dirilis oleh pihak Xiaomi beberapa bulan yang lalu yakni sebesar Rp 999.000. Adapun di beberapa toko online Indonesia, ponsel ini dibanderol dengan harga termurahnya Rp 1.000.000 dan tertinggi sampai dengan Rp 1.955.106.

Advan i6

Advan i6-diminimalis.com
Advan i6-diminimalis.com

Di jajaran ponsel terbaru dan murah, Advan ikut “membooking” tempat dengan mengeluarkan Advan i6. Ponsel dengan luas layar 5,5“ ini dibekali dengan RAM 2 GB sekaligus dipercantik dengan tampilan OS Android 7.0 Nougat.

Pada sisi kamera, Anda bisa mengandalkannya untuk memotret dengan hasil bidikan jernih, pasalnya ponsel ini dibekali kamera beresolusi 13 MP. Dan untuk mode selfie, kamera beresolusi 5 MP ponsel ini sudah cukup andal untuk menghasilkan foto selfi terbaik.

Pada sisi penyimpanan, ponsel ini telah dibekali dengan kapasitas internal sebesar 16 GB. Kapasitas tersebut masih bisa diperluas dengan tambahan micro SD up to 128 GB.

Keunggulan lain yang hampir tidak dimiliki oleh ponsel lain namun dimiliki oleh ponsel ini adalah fitur keamanan yang andal. Dengan berbekal fitur super applock, privacy system dan anti theft ponsel ini menjamin keamanan data pemiliknya.

Pada sisi catu daya, ponsel Advan i6 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang diklaim tahan lama hingga 10 jam lebih dalam menunjang daya nyala ponsel.

Harga Advan i6

Hadir dengan beberapa keunggulan fitur yang jarang dimiliki oleh ponsel lain di kelas harga yang sama, ponsel ini tentu juga dibanderol juga dengan harga relatif murah. Adapun harga tertinggi di toko online Indonesia untuk bisa membawa pulang ponsel ini adalah sebesar Rp 1.320.000.

Meizu M6

Meizu M6-diminimalis.com
Meizu M6-diminimalis.com

Salah satu brand ponsel pendatang yang juga ikut andil dalam kancah persaingan ponsel murah masa kini adalah Meizu dengan Meizu M6 nya. Ponsel dengan bentang layar 5,2“ ini hadir dengan kinerja prosesor Octacore Mediatek 6750 1,5 GHz.

Dengan kekuatan RAM sebesar 2 GB, ponsel ini mampu bekerja dengan intensitas kecepatan multitasking yang dapat diandalkan.

Pada sisi kamera, Meizu menyematkan kamera utama berkekuatan 13 MP dan kamera depan 8 MP. Soal hasil Anda tidak perlu khawatir karena kekuatan kamera yang besar tersebut dilengkapi juga dengan LED flash.

Kemudian berlanjut pada sektor penyimpanan, ponsel ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB. Kapasitas tersebut masih bisa diperluas dengan tambahan memori eksternal sampai dengan 128 GB.

Desain bodi berbahan pollicarbonat secara sempurna membungkus ponsel ini menjadi terkesan lebih mewah. Tampil dengan tipe OS yang terbilang baru yakni Android OS 7.0 Nougat membuatnya tampil lebih menawan terlebih dengan tambahan teknologi IPS LCD.

Selanjutnya, berbicara soal catu daya, meizu M6 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.070 mAh. Kapasitas yang meski tergolong sedang ini namun diklaim sudah mampu menopang daya nyala ponsel hingga seharian

Harga Meizu M6

Meizu M6 sendiri dibanderol dengan harga Rp 999.000 pada program penjualan cepat atau flash sale. Sementara untuk harga di pasaran saat ini mengingat program flash sale telah usai, Meizu M6 dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.199.000.

Kesimpulan

Ketiga ponsel diatas hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya jika Anda ingin membeli salah satu dari ketiganya maka sesuaikanlah dengan prioritas keunggulan ponsel yang Anda butuhkan.
Harga murah tidak selalu menjamin performa kinerja yang baik. Jeli lah dalam memilih setiap produk agar tidak menyesal di kemudian hari.

Nah, demikianlah tadi ulasan tentang perbandingan smartphone harga 1 jutaan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.