Tips Perawatan Rutin Kolam Renang di Rumah

Untuk menjaga kualias air, kolam renang perlu dirawat secara rutin - Diminimalis.com

Memiliki kolam renang sendiri di rumah memang menyenangkan. Selain itu, ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika memiliki kolam sendiri daripada hanya mengandalkan kolam renang umum. Namun, Anda juga perlu memperhatikan perawatan rutin kolam renang di rumah agar manfaat yang Anda rasakan bisa lebih maksimal.

Salah satu manfaat memiliki kolam renang sendiri adalah bahwa Anda bisa mengendalikan kebersihan kolam renang tersebut. Namun, jika nyatanya perawatan kolam renang di rumah juga tidak Anda perhatikan, maka manfaat tersebut akan jadi percuma. Tak jauh berbeda dengan fasilitas kolam renang umum yang tak jarang dalam keadaan kotor saat Anda kunjungi.

Perawatan Rutin Kolam Renang, cara merawat air kolam renang agar tetap jernih, cara membersihkan air kolam renang, maintenance kolam renang, cara water treatment kolam renang
Untuk menjaga kualias air, kolam renang perlu dirawat secara rutin – Diminimalis.com

Nah, jadi jika Anda memiliki kolam renang sendiri di rumah, lakukanlah perawatan rutin yang tepat. Dengan begitu kepemilikan kolam renang pribadi akan membawa manfaat yang maksimal bagi Anda dan keluarga.

Perawatan Rutin Kolam Renang yang Tepat

Lalu, bagaimana perawatan rutin kolam renang di rumah yang tepat? Untuk perawatan kolam renang, lebih mudahnya akan dibagi menjadi beberapa jenis perawatan berdasarkan waktu. Diantaranya satu minggu sekali, dua minggu sekali, dan bulanan. Berbagai perawatan tersebut harus rutin dilakukan agar kolam Anda tetap berkualitas dan aman untuk digunakan. Bagaimana perawatannya? Beriku ini akan diulas satu persatu.

• Perawatan kolam renang satu mingguan

perawatan kolam renang, Perawatan kolam renang pribadi, Perawatan kolam renang umum, Perawatan kolam renang hotel, biaya Perawatan kolam renang, kontraktor kolam renang,
Dinding dan lantai kolam renang perlu dibersihkan seminggu sekali – diminimlais.com

Dalam satu minggu, kolam renang biasanya sudah mengalami perubahan kebersihannya baik digunakan maupun tidak. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan satu mingguan untuk mengurangi kekeruhan air dan menjaganya agar tetap bersih. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan dinding-dinding kolam. Untuk lebih memudahkan, Anda bisa melakukan cara membersihkan air kolam renang dengan clarifier kolam renang.

• Perawatan kolam renang dua mingguan

Berlanjut ke perawatan atau maintenance kolam renang dua mingguan. Untuk perawatan dua mingguan, perlu dilakukan hal-hal yang terbilang cukup rumit karena terkait keadaan air kolam renang milik Anda. Pertama, lakukan pengecekan PH air menggunakan alat pengukur PH tentunya.

PH yang dianggap normal untuk sebuah kolam renang yaitu antara 7,2-7,6. Dengan PH yang aman, maka kegiatan renang Anda juga akan terjamin keamanannya. Pasalnya, kolam dengan kondisi PH yang tidak seimbang maka dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, kolam renang dengan PH tidak seimbang juga bisa menyebabkan kelengkapan atau perlengkapan kolam renang jadi cepat rusak.

Jika PH kurang normal atau terlalu basa maupun terlalu asam, maka Anda bisa menyeterilkannya dengan menggunakan zat chlorine. Selajutnya, lihat juga kondisi tingkat kandungan air lainnya, seperti memastikan tidak ada alga dan bakteri dengan melakukan sanitasi. Juga bersihkan kolam dari kotoran-kotoran lainnya.

• Perawatan kolam renang bulanan

Selain perawatan mingguan, cara treatment kolam renang lainnya dilakukan dalam jangka waktu bulanan. Pada perawatan bulanan ini, perlu dilakukan pemeriksaan kalsium pada kolam renang. Hal ini salah satunya dilakukan demi menjaga kelengkapan berbahan logam yang ada di kolam renang Anda. Anda bisa memanfaatkan soda ash untuk mengimbangi kalsium air pada  kolam renang Anda.

Kolam renang dalam ruangan
Kolam renang yang terawat, akan membuat Anda tetap sehat saat berenang di dalamnya – diminimalis.com

Perawatan rutin kolam renang memang cukup rumit. Kadang akan terasa melelahkan dan membuat malas. Namun, saat Anda malas, ingatlah bahwa fasilitas kolam pribadi di rumah membawa banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun hiburan Anda dan keluarga. Tentunya juga menghemat waktu, tenaga, dan biaya untuk pergi berenang ke tempat renang umum.

Untuk Anda yang saat ini belum memiliki kolam renang sendiri dan tengah menimbang-nimbang untuk membuatnya, maka silahkan mantapkan diri. Karena memang memiliki kolam renang sendiri sangat menguntungkan. Memang biayanya tak terbilang sedikit baik untuk membangun kolam renang maupun untuk biaya perawatan kolam renang. Namun, anggaplah bahwa mebangun kolam renang merupakan sebuah investasi karena memang demikian adanya.

Untuk budget membuat kolam renang sebenarnya bervariasi. Bisa tergantung kolam renang seperti apa yang akan Anda bangun. Biayanya bisa mencapai ratusan juta untuk melengkapi standar kolam renang serta membuat desain kolam renang yang rumit dan bernilai artistik tinggi.

Misalnya dengan menambahkan pernak-pernik keramik motif khusus di sekitar kolam renang. Juga berbagai hal lain yang akan membuat kolam renang begitu nampak mewah. Namun, jika tujuan Anda adalah membuat kolam renang untuk memfasilitasi diri dan keluarga olahraga renang dan hiburan, Anda bisa lebih mengepres biaya membuat kolam renang. Cukuplah buat kolam renang minimalis dengan desian yang tetap apik namun sederhana.

Yang terpenting adalah bagaimana kolam renang Anda memneuhi standar kelayakan dan keamanan kolam renang untuk bisa digunakan berenang Anda dan keluarga. Bukan hanya soal megepres biaya saja. Membuat kolam renang gaya minimalis juga merupakan trend saat ini sehingga kolam renang Anda justru akan terlihat bergaya modern daripada terlihat menghemat budget. Ya, saat ini gaya minimalis memang menjadi trend bangunan rumah. Mungkin jika rumah Anda juga menerapkan gaya minimalis, maka akan semakin cocok untuk dipadukan dengan kolam renang bergaya minimalis juga.

Nah, kini tak perlu ragu lagi untuk membuat kolam renang sendiri di rumah Anda. Terbukti banyak manfaatnya, budget bisa diatasi, juga Anda sudah tahu tentang cara perawatan rutin kolam renang di rumah. Tinggal lebih rajin untuk menabung demi memenuhi biaya membuat kolam renang, kemudian jangan lupa untuk merancang kolam renang sederhana atau minimalis seperti apa yang ingin Anda bangun. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.