Peralatan Wajib Untuk Membersihkan Rumah Menjelang Hari Raya

Peralatan Wajib Untuk Membersihkan Rumah Menyambut Idul Fitri

Anda tentu sudah tak asing dengan kalimat yang menyatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Mulai dari kebersihan tubuh, rumah hingga lingkungan, semuanya harus dijaga karena merupakan bagian dari keimanan. Oleh karena itulah, dibutuhkan peralatan wajib untuk membersihkan rumah agar tempat tinggal selalu dalam kondisi bersih.

Rumah yang bersih tentu tak hanya akan membuat Anda sebagai penghuni merasa nyaman. Tamu yang datang berkunjung juga pasti akan betah dan kerasan. Peralatan wajib untuk membersihkan rumah serta pembersihan rutin adalah hal yang wajib dimiliki dan dilakukan. Setidaknya, Anda bisa membersihkan rumah sekali sehari dengan cara menyapu serta mengepel lantainya.

Peralatan Wajib Untuk Membersihkan Rumah, 10 alat kebersihan rumah, gambar alat kebersihan rumah tangga, alat pembersih rumah, alat pembersih rumah tangga tradisional, peralatan bersih bersih tts, nama alat kebersihan lingkungan, nama alat pembersih debu, jenis perabot bersih-bersih
Ada banyak peralatan wajib yang harus Anda persiapkan untuk membersihkan rumah menjelang hari raya – Diminimalis.com

Pembersihan secara menyeluruh bisa dilakukan mulai dengan menggosok lantai kamar mandi, mengelap kaca jendela, hingga membersihkan sarang laba-laba yang berada di langit-langit. Untuk pembersihan besar-besaran ini bisa dilakukan pada akhir pekan saat banyak tersedia waktu luang.

10 Peralatan Wajib Untuk Membersihkan Rumah

Di samping pembersihan yang dilakukan, peralatan yang dibutuhkan juga harus cukup memadai. Ada setidaknya 10 macam peralatan wajib untuk bersih bersih rumah yang harus dimiliki. Berikut adalah 10 jenis alat tersebut.

1. Spons

Kuman di Spons dan Wastafel, cara membersihkan spons cuci piring, kuman di wastafel
Spons akan Anda butuhkan untuk membersihkan peralatan masak Anda – diminimalis.com

Ada banyak jenis spons di pasaran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk hasil bersih maksimal, gunakan spons lembut yang salah satu permukaannya kasar. Terdapat pula jenis spons yang salah satu sisinya terbuat dari microfiber sehingga akan mempermudah dalam menghapus kotoran membandel.

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan spons sebelum maupun sesudah digunakan, agar spons tidak menjadi sarang bakteri. Langkah pembersihan spons ini seringkali dilupakan, padahal termasuk poin penting. Spons yang terjaga kebersihannya akan semakin awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

2. Handuk Putih
Tiap rumah hendaknya memiliki handuk putih kecil yang digunakan untuk tujuan bersih-bersih. Anda dapat membeli handuk putih dalam satu set yang tersedia di toko swalayan. Namun, tahukah Anda mengapa handuk yang digunakan harus berwarna putih?

Tujuan dari penggunaan handuk putih ini adalah agar Anda dapat dengan jelas melihat kotoran yang menempel. Warna putih akan memudahkannya untuk dibersihkan setelah pemakaian. Gunakan cairan pemutih agar nodanya bisa langsung hilang. Untuk lebih menghemat, Anda dapat menggunakan kaos lama yang sudah tak terpakai sebagai lap.

3. Squeegee/rakel
Peralatan wajib untuk bersih bersih rumah selanjutnya adalah rakel. Alat satu ini terbilang ampuh dalam membersihkan kaca serta dinding ubin agar semakin kinclong. Anda cukup semprotkan cairan pembersih di media yang hendak dibersihkan, lalu seka dengan karet squegee.

Untuk menjangkau area yang cukup sulit, bisa digunakan tongkat. Sambungkan ujung tongkat dengan karet khusus ini lalu gunakan untuk menjangkau area yang cukup sulit tersebut. Dijamin tiap inci permukaan di rumah akan semakin bersih.

4. Lap Microfiber
Fungsi dari alat ini hampir setara handuk putih, yaitu mengangkat kotoran secara langsung menggunakan tangan. Bedanya, lap microfiber memiliki daya resap air lebih tinggi dibanding handuk putih atau kain lap. Penggunaan lap microfiber akan dapat membersihkan secara lebih efektif tanpa ada debu yang tertinggal.

Lap microfiber biasa pula disebut kanebo dan umum digunakan untuk mengelap atau membersihkan kendaraan bermotor. Anda dapat pula menggunakannya untuk membersihkan aneka permukaan dalam rumah agar lebih bersih. Penggunaan lap ini terutama adalah untuk membersihkan permukaan yang terkena tumpahan air.

5. Botol Spray
Botol satu ini terbilang penting dalam menemani waktu bersih-bersih. Isi botol menggunakan cairan pembersih dan gunakan dalam mengangkat debu maupun kotoran yang menempel. Botol spray berisi cairan pembersih ini biasanya akan digunakan untuk mengelap kaca.

6. Sapu, Kain Pel dan Pengki

Peralatan Wajib Untuk Membersihkan Rumah, 10 alat kebersihan rumah, gambar alat kebersihan rumah tangga, alat pembersih rumah, alat pembersih rumah tangga tradisional, peralatan bersih bersih tts, nama alat kebersihan lingkungan, nama alat pembersih debu, jenis perabot bersih-bersih
Peralatan pel lantai termasuk alat wajib yang harus Anda persiapkan untuk membersihkan lantai rumah – Diminimalis.com

Ketiganya adalah peralatan wajib untuk bersih bersih rumah yang digunakan untuk menyapu dan mengepel lantai. Lantai yang terbuat dari material kayu, keramik maupun semen akan sangat penting untuk dibersihkan secara rutin menggunakan tiga alat tersebut. Pembersihan dapat dilakukan tiap hari untuk hasil yang maksimal.

7. Penyedot Debu
Penyedot debu wajib dimiliki jika rumah Anda dilapisi karpet. Banyak produk penyedot debu elektronik yang beredar di pasaran. Pilih sesuai kebutuhan serta daya listrik rendah agar lantai maupun furniture lain bebas dari kuman penyebab penyakit serta alergi.

8. Ember
Ember dengan ukuran sedang tak sekedar berfungsi dalam menyimpan ragam peralatan bersih-bersih rumah. Ember juga bisa merendam cairan pembersih lantai yang digunakan untuk mengepel. Kegunaan lain dari ember adalah sebagai tempat cucian kotor sehingga penting untuk dimiliki.

9. Sikat Gosok
Sikat gosok terutama diperlukan dalam mengangkat noda yang membandel serta tak dapat diangkat menggunakan spons ataupun kain lap. Sikat gosok ini juga umum dipakai untuk membersihkan lantai kamar mandi. Kotoran serta kerak pada permukaan lantai serta dinding kamar mandi akan bisa diangkat dan dibersihkan secara sempurna.

10. Sikat Gigi
Sikat gigi yang sudah tak terpakai bisa digunakan untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Termasuk di antaranya adalah siku-siku serta pojok dinding. Sikat gigi akan dapat membersihkan secara efektif karena ukurannya kecil sehingga menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau kain lap maupun spons.

Itulah ragam peralatan yang wajib dimiliki tiap rumah tangga guna membersihkan tiap pojok rumah secara menyeluruh. Anda sebaiknya memiliki masing-masing satu buah dan menggunakannya rutin agar kebersihan rumah kian terjaga. Ragam peralatan wajib untuk membersihkan rumah tersebut juga bisa didapatkan di toko terdekat dengan mudah.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.