Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Penyebab Retak Rambut Pada Dinding Rumah Rumah Minimalis

Retak rambut pada dinding, akibat proses acian yang tidak benar - diminimalis.com

Penyebab retak rambut pada dinding rumah minimalis dibedakan menjadi 2, yaitu faktor struktural (disebabkan karena pergerakan pondasi yang labil) dan faktor non-struktural (disebabkan karena pengerjaan dinding yang tidak sempurna). Retak rambut adalah kondisi dinding yang mengalami keretakan kecil sekitar 1 mm. Meskipun kecil, biasanya retak rambut pada bangunan ini memanjang dan berpotensi menjadi retakan yang lebih besar.

penyebab retak rambut, penyebab retak rambut pada dinding, penyebab retak rambut pada beton, penyebab retak rambut pada plesteran, cara mengatasi retak rambut pada tembok
retak rambut pada dinding – diminimalis.com

Ketika Anda mendapati retak rambut pada dinding rumah minimalis Anda, maka sebaiknya perlu dipastikan terlebih dahulu, apakah retak tersebut merupakan retak sturktural atau non-struktural.
Cara mendeteksinya adalalah dengan membobok bagian yang retak. Jika bagian yang retak hanya sampai plester, dipastikan hal itu hanyalah retak non-struktural, namun bila keretakan sampai pada material penyusun dinding, maka keretakan tersebut termasuk dalam jenis retak strukural.


Penyebab retak rambut struktural dan non struktural yang sering ditemui pada dinding rumah minimalis

Ada beberapa hal yang menimbulkan munculnya retakan pada dinding rumah minimalis, diantaranya adalah:

• Pasir yang digunakan dalam pembuatan plester memiliki kadar organik tinggi / bercampur dengan lumpur.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Lokasi Rumah yang Sebaiknya Dihindari untuk dihuni atau Investasi

• Kondisi dinding yang belum kering atau terlalu kering saat dilapisi plester.

• Proses pemlesteran dilakukan saat cuaca terlalu panas.

• Pada saat proses pengerjaan plester, komposisi adukan semen, pasir, dan air tidak dalam takaran perbandingan yang pas atau pengadukannya kurang sempurna, akibatnya pada saat plesteran mengering, terjadi penyusutan yang menimbulkan keretakan.

• Proses pengerjaan acian dilakukan pada saat plesteran belum mengering sempurna. Pada saat plesteran mengering dimana terjadi penguapan, uap air tidak dapat keluar dan terjebak di bawah acian sehingga menimbulkan tekanan pada acian. Akibatnya acian akan mengalami keretakan karena tidak mampu menahan tekanan uap air dari dalam.

• Pengerjaan acian sudah dilakukan pada waktu yang tepat dimana plesteran sudah mengering sempurna, namun tidak dilakukan pembasahan pada plesteran.Semestinya hal ini perlu dilakukan untuk mengikat acian dengan plesteran agar merekat sempurna dan mengakibatkan retak rambut pada dinding.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Desain Eksterior Shabby Chic Minimalis yang Sangat Menginspirasi

• Cat yang digunakan tidak memiliki elastisitas yang baik, karena cat dengan elastisitas yang baik mampu membantu menutup timbulnya retakan rambut.

• Bisa juga retak rambut terjadi diakibatkan oleh faktor alam seperti gempa bumi ringan atau benturan sedang. Dalam kasus seperti ini, maka retak rambut tersebut masuk dalam jenis keretakan struktural.

penyebab retak rambut, penyebab retak rambut pada dinding, penyebab retak rambut pada beton, penyebab retak rambut pada plesteran, cara mengatasi retak rambut pada tembok
jangan terburu-buru dalam menyelesaikan finishing pada dinding – diminimalis.com

Dari beberapa uraian penyebab retak rambut pada dinding di atas, dapat disimpulkan bahwa umumnya retak rambut disebabkan karena pengerjaan renovasi rumah atau pembangunan rumah yang terburu-buru. Cara tersebut membuat seluruh proses tahap demi tahap pembangunan rumah Anda tidak dilalui dengan sempurna, yang mengakibatkan timbulnya retak rambut di masa mendatang.

Demikian ulasan kami tentang penyebab retak rambut pada dinding rumah minimalis. Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang solusi retak rambut pada dinding rumah minimalis bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Solusi retak rambut pada dinding rumah minimalis Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.