Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kebiasaan ini Terlihat Remeh, tapi Berpotensi Membuat Gejala Insomnia

Insomnia bisa disebabkan oleh kebiasan buruk yang tidak kita sadari - diminimalis.com

Dikutip dari wikipedia, insomnia adalah gejala kelainan berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Penyebab insomnia biasanya timbul oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

penyebab insomnia, cara menyembuhkan insomnia, penyebab insomnia dan cara mengatasinya
Insomnia bisa disebabkan oleh kebiasan buruk yang tidak kita sadari – diminimalis.com

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat kimia memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.


Penyebab Insomnia yang Kadang Jarang kita Sadari

Insomnia dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal remeh yang jarang kita sadari, diantaranya yaitu:

1. Menghisap Rokok

Hal ini dikarenakan efek nikotin yang terkandung dalam rokok. Nikotin merupakan stimulan yang menyebabkan gangguan pada siklus tidur alami. Adanya zat nikotin sebagai stimulan dan batuk yang mengganggu, membuat perokok berpotensi mengalami gejala insomnia.

2. Faktor Makanan

Beberapa makanan dapat menyebabkan sulit tidur, baik dari zat yang dikandungnya maupun kebiasaan yang salah dalam mengonsumsinya. Memakan makanan yang berpotensi menghasilkan gas dalam lambung seperti kacang-kacangan dan soda, akan membuat perut kembung dan sulit tidur.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Memberishkan Wastafel Agar Selalu Higinis dan Sehat

Selain itu, makan berat saat larut malam juga berpotensi menjadi penyebab susah tidur. Karena dengan begitu, tubuh akan mendapatkan energi baru dan pada akhirnya tidak bisa beristirahat karena masih ada bahan yang dicerna. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda tidak makan malam setelah pukul 20.00.

3. Asupan Kafein

Meracik Kopi ala Cafe, Meracik Kopi ala Cafe, resep kopi espresso
kandunga kafein pada kopi dapat menimbulkan insomnia – diminimalis.com

Selain makanan, beberapa minuman juga berpotensi menyebabkan insomnia, terutama minuman yang mengandung kafein. Kafein terkandung sangat banyak di dalam kopi. Tak hanya kopi, teh pun ternyata memiliki sekitar 2-3% kafein yang cukup untuk membuat peminumnya sulit tidur. Maka, untuk keperluan lembur, bagi seorang yang memiliki pantangan terhadap kopi, teh bisa dijadikan alternatif pengganti.

4. Lingkungan Tempat Tinggal

Beberapa situasi yang tidak kondusif pada lingkungan tempat tinggal dapat menjadi penyebab insomnia ringan, contohnya jika di malam hari lingkungan selalu berisik atau baru pindah ke lingkungan baru yang perubahan suhunya drastis.

5. Faktor Psikis

Diantara faktor psikis tersebut seperti ketakutan, paranoid, stress, depresi, kecemasan, serta tekanan mental dan emosional. Bila Anda pernah dikecewakan oleh orang lain dan terlalu berlebih memikirkannya, maka akan lebih baik bila Anda merelakan sesuatu yang telah terjadi dan memafkan orang tersebut. Dengan begitu, tak ada lagi beban yang mengganggu pikiran Anda, dan Anda akan mendapat kualitas tidur dengan lebih baik.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Kriteria Septic Tank ideal untuk Rumah Minimalis Sehat

Tips Mengatasi Insomnia

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi insomnia agar Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

1.Usahakan tidur dengan jam yang teratur setiap hari.
2.Hindari makanan dan minuman yang berkafein dan bersoda sebelum tidur.
3. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hindari membaca, menggunakan gadget, atau menonton tv di atas tempat tidur.
4. Detak suara jam dinding di malam kadang benar-benar mengganggu saat Anda kesulitan tidur. Maka sebaiknya Anda cabut baterai dari jam dinding tersebut, agar otak Anda tidak merespon suara tersebut.
5. Jangan terlalu larut memikirkan sesuatu yang mengecewakan Anda. Daripada semakin menambah beban, alangkah baiknya Anda memilih untuk mengikhlaskan dan memaafkan orang lain, demi mendapat ketenangan jiwa.

Demikian ulasan kami tentang penyebab insomnia dan solusinya. Semoga dengan ulasan ini, Anda sekeluarga bisa terhindar dari insomnia dan bisa mendapatkan tidur yang berkualitas di rumah minimalis Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.