Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pentingnya Jasa Arsitek untuk Merancang Rumah Minimalis Impian

Arsitek akan merancang rumah Anda dengan berbagai perhitungan yang konkrit - diminimalis.com

Pentingnya jasa arsitek haruslah disadari bagi siapa saja yang ingin membangun rumah dengan rancangan terbaik. Karena arsitek selalu mendesain setiap bangunan dengan perhitungan konstruksi yang matang. Arsitek pun juga banyak yang memiliki spesialisasi desain, misal desain rumah minimalis, klasik, gothic, hingga tema modern yang kekinian. Melalui internet, Anda tinggal memilih jasa arsitek mana yang cocok sesuai gaya rumah yang Anda inginkan.

pentingnya jasa arsitek, jasa arsitek murah, harga jasa arsitek
Arsitek akan merancang rumah Anda dengan berbagai perhitungan yang konkrit – diminimalis.com

Pentingnya jasa arsitek yang perlu Anda ketahui

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas tentang pentingnya menggunakan jasa arsitek untuk merancang rumah minimalis Anda. Di bawah ini ada beberapa keuntungan bila Anda menggunakan jasa arsitek, diantaranya:


Tahap Awal Lebih Terencana

Sebagai permulaan, arsitek akan melakukan brainstorm dengan Anda tentang apa saja ruang yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, perlu bangunan bertingkat atau tidak dan hal-hal terkait lainnya. Anda bisa memamparkan segala konsep tentang model rumah yang Anda impikan. Sampaikan detail gambaran tentang model rumah, ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga tamannya.

Arsitek akan mencarikan solusi ideal sesuai keinginan dan budget yang anda siapkan. Dari situ, arsitek akan membutkan sketsa dan juga draft visual berbentuk gambar 3 dimensi untuk Anda. Di tahap ini, Anda bisa merevisi kembali jika ada hal-hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi.

pentingnya jasa arsitek, jasa arsitek murah, harga jasa arsitek
Arsitek akan merancang tata ruang yang terencana sejak awal – diminimalis.com

Tata Letak Ruang Lebih Efisien

Secara keseluruhan, arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luas tiap ruangnya, di mana letak jendelanya, berapa tinggi pintunya, bagaimana hubungan antar-ruang dan hal-hal detil lainnya. Selain itu, Anda juga akan punya area resapan dan halaman yang lebih terjaga yang dibuat oleh arsitek sejak awal perancangan rumah minimalis Anda.

Bila dalam jangka panjang Anda berencana untuk merenovasi rumah menjadi dua tingkat, arsitek akan mempertimbangkannya dari awal. Misal kualitas pondasi, kekuatan struktur bangunan hingga menentukan posisi tangga yang ideal.

Paska Terbangun, Rumah Anda Lebih Terjaga

Dalam tahapan pembangunan, arsitek akan mengawasi dan mengontrol setiap prosesnya, memastikan gambar kerja terbangun dengan presisi. Setelah terbangun, Anda akan mendapatkan file-file gambar yang dibutuhkan, seperti gambar denah, site plan (gambar bangunan dan lingkungan sekitar), gambar detil struktur dan lainnya. Gambar ini akan berfungsi jika suatu hari Anda ingin melakukan renovasi. Arsitek juga bisa memberi referensi desainer interior, ahli taman, bahkan desainer pencahayaan (lighting) jika dibutuhkan.
Tentang Fee Arsitek

Ada dua jenis fee atau tarif yang diberlakukan bagi arsitek, yaitu:

Jika hanya memesan jasa desain saja, maka Anda akan dikenakan biaya per meter persegi. Misal desain rumah Anda seluas 70m2, harga desain Rp 250.000/m2, maka Anda harus membayar Rp 17.500.000.

Jika Anda mengambil paket desain dan built, maka umumnya Anda dikenakan 7% dari nilai fisik bangunan atau konstruksi sesuai RAB (Rencana Anggaran Belanja). Contoh jika nilai rumah Anda pada RAB adalah Rp200.000.000, maka arsitek akan mendapatkan imbalan sebesar Rp14.000.000.

Demikian ulasan kami tentang pentingnya jasa arsitek untuk membangun rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait inspirasi desain interior rumah minimalis sesuai keperluan keluarga di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Inspirasi desain interior rumah minimalis sesuai keperluan keluarga

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.