Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Sudahkah Anda tahu, Seberapa Pentingnya CO2 untuk Aquascape?

Co2 pada aquascape sangat penting untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan di dalam air - diminimalis.com

Tujuan utama dari perancangan aquascape adalah untuk memiliki tanaman yang tumbuh indah di dalam air sebagai penghias ruangan. Bentuk dan ukuran aquascape juga umumnya mirip dengan akuarium. Bahkan banyak pemilik aquascape yang menambahkan ikan hias di dalamnya demi menambah keindahan aquascapenya. Namun kembali pada fungsi dasar aquascape itu sendiri, bahwa tanaman airlah yang lebih ditonjolkan sebagai daya tariknya. Maka dari itu, Anda juga perlu paham betapa pentingnya CO2 untuk aquascape. Karena CO2 (KarbonDioksida) merupakan unsur vital yang diperlukan oleh tanaman pada aquascape Anda.

co2 untuk aquascape
CO2 pada aquascape sangat penting untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan di dalam air – diminimalis.com

Pentingnya CO2 untuk aquascape

Mungkin ada yang beranggapan bahwa merawat aquascape lebih mudah dibanding akuarium, karena tidak perlu rutin memberi makan ikan dan menjaga kesehatannya. Anggapan itu salah besar. Justru Aquascape membutuhkan ketelatenan yang lebih rumit daripada merawat akuarium.

Bahkan perangkat aquascape lebih komplek daripada akuarium. Dan setelah seluruh perangkat aquascape terpasang, Anda masih harus paham dan cermat merawat tanaman yang Anda tanam di aquascape Anda. Sebelum itu Anda juga perlu mempelajari jenis-jenis tumbuhan yang cocok hidup di aquascape Anda, beserta cara perlakuannya.

Dan karena fokus dari aquascape adalah untuk mendapatkan keindahan tanaman di dalam air, maka adanya CO2 merupakan hal yang wajib disediakan di aquascape Anda. Meskipun tanaman untuk Aquascape hidup didalam air, namun tetap saja tanaman tersebut membutuhkan CO2 untuk proses fotosintesis.

Pentingnya Co2 untuk Aquascape, co2 untuk aquascape
Tanaman di aquascapa dapat tumbuh subur apabila dapat melakukan proses fotosintesis dengan lancar – diminimalis.com

Tanaman di dalam aquascape juga sama dengan tanaman di darat, untuk menghasilkan makanannya sendiri melalui proses fotosisntesis. Fotosintesis memang tidak berlangsung terus menerus sepanjang hari, secara alamiah proses fotosintesis hanya berlangsung selama adanya cukup sumber cahaya. Bila sumber cahaya tidak ada, maka tanaman akan melakukan respirasi. Respirasi sendiri merupakan proses memecah gula hasil fotosintesis menjadi energi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Selama proses ini, tanaman membutuhkan O2 dan melepaskan CO2. Jadi bila cahaya yang dibutuhkan tidak cukup, maka proses fotosintesis akan terganggu. Akibatnya kebutuhan oksigen meningkat pesat. Terlalu banyak tanaman atau hewan menggunakan oksigen dalam aquascape, dapat membuat ikan kekurangan oksigen dan mati.

Selain itu, kekurangan CO2 juga menjadi salah satu penyebab pelambatan pertumbuhan tanaman. Dan jika hal ini masih terus berlanjut, kadar rendah CO2-nya maka akan menyebabkan tanaman dalam aquascape mati. Kekurangan CO2 akan semakin memberi dampak buruk bila pH dalam air naik. Karena hal ini dapat membuat kondisi air jadi lebih asam, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pada aquascape Anda.
Bagaimana cara mendapatkan CO2?

Bila Anda bergabung di salah satu komunitas aquascape, Anda akan mendapatkan tutorial cara membuat CO2 sendiri. Namun bila Anda tidak ingin rubet, Anda bisa membelinya di perlengkapan aquascape terdekat di kota Anda.
Harga tabung CO2 ukuran 5Kg bisa Anda beli mulai dengan harga Rp650.000 per buah. 1 tabung besi 5 kg dan bisa tahan 6-10 bulan. Selain itu Anda juga perlu sekaligus membeli regulatornya. Regulator ini berfungsi untuk memudahkan Anda mengatur tekanan tabung CO2 pada aquascape Anda. Harga regulator ini sekitar Rp275.000 per buah.

Jadi menjaga kadar CO2memang sangat penting bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman aquascape Anda. Semoga dengan memahami pentingnya CO2 untuk aquascape, Anda bisa mengkondisikan CO2 agar dapat diserap maksimal oleh tumbuhan di aquascape Anda, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.