oleh

Pengertian Desain Interior Rumah Tinggal Minimalis dan Tips Terbaik Penataannya

Pengertian desain interior rumah tinggal minimalis- Rumah menjadi salah satu bagian terpenting dalam hidup seseorang. Peran vitalnya yang tidak hanya sebagai tempat berteduh dan berlindung menjadikan setiap pemiliknya berupaya keras mendesainnya yang terbaik. Oleh karena itu tidak heran jika saat ini telah banyak dijumpai hunian yang indah dan megah.

Memiliki rumah sebagai bagian dari kebutuhan primer merupakan impian hampir semua orang. Saat ini pun sudah banyak tersedia opsi bentuk hunian rumah yang bisa dipilih. Rumah minimalis menjadi primadona para kaum milenial saat ini. Simpel dan tidak memerlukan banyak budget menjadi salah satu motif penting membangun rumah tinggal minimalis.

Pengertian desain interior rumah tinggal minimalis-diminimalis.com.png1.png
Penerapan desain interior pada rumah tinggal minimalis-diminimalis.com

Pengertian desain interior rumah tinggal minimalis dan perencanaan terbaiknya

Inti dari artikel diminimalis kali ini adalah untuk mengulas tentang rumah tinggal minimalis dan bagaimana tips terbaik mengatur desain interiornya.

Pada artikel sebelumnya sudah kami sampaikan tentang pengertian desain interior secara luas dan juga pengertiannya menurut para ahli. Nah, pada kesemepatan kali ini kali ini kami akan coba membahas lebih jauh tentang apa itu rumah tinggal dan istilah minimalis.

Rumah tinggal secara singkat bisa diartikan sebagai rumah untuk tempat tinggal seseorang bersama orang lain dalam hubungan dekat (keluarga).

Pengertian Rumah Tinggal Minimalis

Pengertian desain interior rumah tinggal minimalis-diminimalis.com

Rumah tinggal sendiri memiliki beberapa pengertian;

1. Menurut KBBI (2001:966) rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal.
2. Undang-Undang Republik Indonesia No.4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman mendefinisikan bahwa rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga.
3. Budiharjo dalam bukunya Arsitektur Ekologis (2006:1) rumah tinggal mengandung pengertian bukan hanya sebagai bangunan fisik, melainkan sebagai tempat kediaman yang memenuhi kehidupan yang layak, sebagai tempat berlindung, beristirahat dan bersukaria bersama keluarga.

Sementara itu, minimalis dalam hal ini rumah minimalis artinya desain atau gaya yang berupaya untuk membuat tampilan rumah dengan elemen interior sederhana dan sesedikit mungkin guna menciptakan dampak tertentu (nyaman, indah).

Makna minimalis dalam dunia desain rumah dan arsitektur adalah mereduksi elemen yang tidak diperlukan secara objektif. Sebuah rumah harus menjamin keperluan keluarga untuk tumbuh, bergaul dengan tetangga, memberi ketenangan, kesenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan pada setiap aktivitas kehidupan.

Dalam sejarahnya, konsep rumah sederhana sudah muncul di beberapa budaya, terutama budaya tradisional Jepang yaitu filsafat Zen. Saat itu orang-orang Jepang mulai mengaplikasikan budaya Zen ke dalam elemen estetika dan desain arsitektur bangunan. Gagasan ini mulai mempengaruhi masyarakat barat terutama di Amerika sejak pertengahan abad 18.

Pada abad 19 konsep minimalis ini mulai diterapkan dan menjadi inspirasi dalam bidang arsitektur yang disebut arsitektur minimalis. Saat ini istilah minimalis juga sudah digunakan untuk mendeskripsikan trend dalam desain dan arsitektur modern.

Tampilan dan tips Desain Interior rumah tinggal minimalis

Pengertian desain interior rumah tinggal minimalis-diminimalis.com.png2.png

Setiap bangunan rumah atau gedung tertentu pasti memerlukan srategi desain yang tepat. Begitu juga dengan rumah minimalis yang mana luas area bangunan yang cukup sempit itu harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa tipe ruangan dalam rumah dan strategi terbaik mengatur desain interiornya.

1. Ruang Tamu

Rumah dengan luas lahan yang sempit seringkali menimbulkan dilema saat pengerjaan desain interiornya.

Tata desain interior ruang tamu yang baik setidaknya mampu memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang. Kursi, sofa, dan meja sebagai elemen dasar ruang tamu bisa Anda tata sesuai selera. Selebihnya Anda bisa menambahkan beberapa elemen dekorasi tambahan seperti pajangan dinding, rak buku, tv dan lain sebagainya.

2. Ruang Makan

Ruang makan rumah minimalis bisa didesain dengan cara yang cukup sederhana tanpa meninggalkan unsur kenyamanan. Meja, kursi dan elemen ruangan lainnya seperti lampu bisa diatur sesuai selera.

Selanjutnya untuk penambahan elemen dekorasi seperti vas bunga, bisa dipilih juga yang terbaik dan tidak terlalu berbau menyengat. Di sisi lain Anda juga bisa menghadirkan suasana romantis ruangan dengan menambahkan lampu tumblr yang cerah.

3. Kamar Tidur

Aturlah semua perabot kamar tidur Anda lebih ringkas dari biasanya. Akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan perabotan yang multifungsi seperti meja kerja/belajar yang bisa dilipat, ranjang yang bisa didesain bagian bawahnya sebagi laci dan sebagainya. Untuk lemari pakaian sebaiknya dirombak layaknya lemari di hotel atau apartemen yang terlihat ringkas.

4. Kamar Mandi

Untuk kamar mandi sebaiknya cukup dengan menempatkan perabot standar untuk keperluan bersih-bersih badan. Bak mandi, gayung, shower, gantungan handuk dan baju serta tempat alat mandi.

Cermin juga bisa Anda tambahkan pada kamar mandi minimalis Anda guna menambah kesan luas.

5. Ruang Keluarga

Di ruang keluarga, Anda dapat menambahkan beberapa perabot yang akan bisa menunjang keberlangsungan aktivitas dalam ruangan. Sofa lembut, meja, tv adalah elemen simpel sebuah ruang keluarga minimalis.

6. Pentingnya Ventilasi

Ventialis sebuah rumah minimalis tentu juga perlu mendapatkan perhatian yang serius. Hal ini karena rumah minimalis pasti akan mengalami efek sumpek dan suhu ruangan yang sulit diprediksi. Oleh karenanya ventilasi rumah juga harus mendapatkan strategi desain yang tepat. Rumah minimalis hendakmya diperbanyak jendela dengan bukaan yang memanjang dan lebih lebar.

Sekian dulu ulasan tentang pengertian desain interior rumah tinggal minimalis dan tips penataannya yang bisa kami sampaikan. Semoga menginspirasi. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed