oleh

Mari belajar lebih jauh tentang pengertian desain interior minimalis

Pengertian desain interior minimalis- Semakin maraknya euforia desain rumah, orang-orang kini lebih banyak menyukai rumah minimalis ketimbang rumah dengan tipe dan ukuran lain. Diantara penyebabnya adalah antusiasme publik terhadap efektivitas hunian yang sederhana tapi nyaman.

Mengapa desain minimalis menjadi pilihan sebagian besar mereka? Tentu salah satu faktornya adalah kenyamanan dan efisiensi biaya yang lebih baik. Orang akan lebih nyaman menempati rumah minimalis dengan asumsi sederhana yakni lebih simpel. Selain itu, rumah minimalis setidaknya akan mampu menghemat biaya logistik interior.

pengertian desain interior minimalis-diminimalis.com
Apa itu desain interior? Apa itu minimalis?

Pengertian desain interior minimalis

Pada artikel sebelumnya telah kami ulas panjang lebar tentang pengertian desain interior yang bisa Anda baca di sini. Bahwa desain interior merupakan ilmu/kegiatan desain yang berhubungan dengan tata kelola bagian dalam ruangan, meliputi pemilihan furniture sampai dengan penambahan dekorasi-dekorasi yang diperlukan untuk menunjang aktivitas dan kenyamanan pemiliknya.

Sementara kata “minimalis” bisa diartikan sebagai penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik. Jika dikaitkan dengan desain interior maka, desain interior minimalis berarti perancangan bagian dalam ruangan dengan gaya sederhana guna menciptakan kondisi ruangan yang lebih baik.

Baca juga: Pengertian desain arsitektur, prinsip-prinsip, dan ruang lingkupnya

Minimalis = gaya hidup

Sebelum berbicara lebih jauh tentang desain interior minimalis, alangkah baiknya kami singgung terlebih dahulu tentang asal-usul munculnya istilah minimalis.

Arti bangunan minimalis sendiri sebenarnya terinspirasi dari gaya hidup pencetusnya, yaitu Zen, berasal dari Jepang. Zen beranggapan bahwa semakin sedikit perabotan atau benda yang digunakan atau dimiliki dalam ruangan, maka semakin tenanglah kehidupan seseorang.

Dari situ kita ketahui bahwa makna minimalis yang sebenarnya adalah cerminan dari gaya hidup. Zen memiliki gaya hidup yang sederhana dengan tidak terlalu mengutamakan kelengkapan perabot dalam ruangan rumahnya. Akan tetapi lebih kepada kesna sederhana dan simpel.

Itulah sebabnya sebagai cerminan dari gaya hidup sang desainer atau pemilik rumah gaya desain rumah minimalis sedikit sekali yang menerapkan atau bermain warna. Dalam penataan desain interior nya juga sesedikit mungkin meletakkan furniture ke dalamnya.

Gaya minimalis = simpel

Pada dasarnya, desain interior minimalis diterapka n pada rumah minimalis yang mengutamakan kesederhanaan. Tidak banyak meletakkan perabot ke dalam ruangan dan membatasi dekorasi berlebihan.

Misalnya saja untuk ruang keluarga berdesain interior minimalis, maka setidaknya cukup dengan memasukkan perabot yang memiliki nilai urgensi tinggi saja. Untuk keperluan menyambut dan menerima tamu cukup dengan menata sofa dan meja kopi (coffe table) sederhana.

Untuk kamar tidur cukup dengan memasang tempat tidur lipat atau ranajng dengan ukuran seminimalis mungkin tergantung jumlah orang yang menempati kamar. Dengan begitu space yang tersisa dari penempatan perabot utama dapat dipakai untuk aktivitas kegiatan lain.

Nah, dari uraian diatas setidaknya kita bisa emngambil kesimpulan bahwa semakin sedikit perabot yang ada dalam rumah Anda maka semakin minimalislah desain interior rumah Anda.

Berikut ini beberapa contoh gambar ruangan dengan desain interior minimalis.

Sekian dulu ulasan kami tentang pengertian desain interior minimali beserta contoh gambarnya. Semoga semakin menginspirasi Anda. Salam diminimalis. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed