Mari kenali lebih jauh pengertian desain interior dan eksterior berikut ini

Pengertian desain interior dan eksterior- Pada artikel sebelumnya telah kami bahas tentang pengertian dan seluk beluk desain interior. Yaitu tentang bagaimana desain interior berperan besar dalam menunjukkan eksistensi dan display sebuah rumah baik  yang minimalis maupun non minimalis.

Pada hakikatnya desain interior selalu berkaitan dengan perencanaan bagian dalam ruangan sementara eksterior lebih pada tata kelola tampilan luar. Untuk lebih jelasnya, pada artikel kali ini akan kami kupas pengertian, perbedaan, dan juga ruang lingkup desain eksterior jika dibandingkan dengan desain interior.

pengertian desain interior dan eksterior-diminimalis.com
Eksterior rumah-diminimalis.com

Pengertian desain interior dan eksterior 

Setelah sebelumnya kita singgung soal pengertian desain interior menurut para ahli yang mana desain interior berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan rancangan dan tata kelola bagian dalam ruangan.

Namun sebelum berbicara lebih jauh soal perbedaan desain interior dan eksterior, ada baiknya kita flashback sejenak tentang pengertian desain itu sendiri.

Berikut beberapa definisi “desain” yang disampaikan oleh beberapa sumber dan ahli terkemuka dunia.

Encyclopedia Britanica

Ensiklopedia Britania mendefinisikan desain sebagai susunan garis atau bentuk yang menyempurnakan rencana kerja “seni” dengan memberi penekanan khusus pada aspek proporsi, struktur, gerak, dan keindahan secara terpadu; identik dengan pengertian komposisi yang berlaku pada berbagai cabang seni, meskipun secara khusus kerap dikaji sebagai “seni terapan”.

Encyclopedia of The Art 

Menurut Ensiklopedia Seni, desain adalah dorongan keindahan yang diwujudkan dalam suatu bentuk komposisi; rencana komposisi; sesuatu yang memiliki kekhasan; atau garis besar suatu komposisi, misalnya bentuk yang berirama, desain motif, komposisi nada, dan lain-lain.

McGraw-Hill Dictionary of Art

Kamus Seni McGraw-Hill mendefiniskan bahwa desain merupakan susunan elemen rupa pada suatu pekerjaan seni.

Webster Dictionary 

Sementara kamus besar Webster mendefinisikan desain sebagai sebuah sketsa gagasan yang memuat konsep bentuk yang akan dikerjakan.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian dari desain di atas, selanjutnya kita akan membahas tentang definisi interior dan eksterior.

Untuk definisi interior sendiri sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Maka langsung saja kami akan mengulas tentang pengertian eksterior serta aspek-aspek apa saja yang ada di dalamnya.

Berikut ini definisi ekseterior dalam dunia desain secara singkat bahwa “desain eksterior” merupakan perancangan karya pada sisi bangunan luar, atau dalam bahasa mudahnya adalah merancang bagaimana sosok luar rumah terlihat indah dan menarik, mulai dari merancang rumputnya, pagarnya, pintu, kaca, cat dan sebagainya.

Untuk lebih detailnya berikut kami berikan contoh pengaplikasiannya.

1. Segi menata tanaman luar rumah

pengertian desain interior dan eksterior-diminimalis.comBentuk konkrit dari eksterior rumah yang sering dijadikan sebagai vocal point adalah taman. Tampilan menarik dari taman yang diisi dengan tanaman bunga segar dan kolam ikan akan mampu menambah keindahan rumah.

2. Warna cat tembok

Warna cat dinding sangat penting mengingat sebauh rumah tidak hanya soal fungsi ruangan-ruangan yang ada di dalamnya saja, namun juga estetis dari sisi tampilan.

3. Warna pintu beserta desainnya

Pintu juga menjadi bagian penting dari tampilan sebuah rumah. Sang desainer harus memperhatikan soal pemilihan warna damn pola desain pintu agar match dengan gaya rumah secara keseluruhan.

4. Kolam renang luar

Kolam renang memang tidak selalu ditempatkan di luar rumah, namun semua tergantung selera pemilik rumah. Jika kolam renang diletakkan di luar rumah maka itu menjadi bagian dari eksterior rumah.

5. Kolam ikan

Kolam ikan juga seringkali dibuat di luar rumah sebagai bagian dari eksterior rumah.

6. Desain pagar beserta warna catnya

Pagar biasanya dipakai sebagai batas rumah dan bagian terluar dari sebuah rumah juga perlu direncanakan dengan sebaik mungkin agar keberadaannya mampu menunjang keindahan tampilan rumah.

7. Pemilihan desain ubin lantai bila lantai depan rumah menggunakan ubin

8. Desain atap rumah

Pemilihan genteng dan jenisnya serta ventilasi atap juga perlu diperhatikan.

9. Penempatan Garasi

Garasi sebagai tempat khusus mengamankan kendaraan memerlukan sentuhan-sentuhan yang pas agar tercipta keserasian dengan desain eksterior rumah lainnya.

10. Ventilasi kaca rumah

Bukaan rumah/ventilasi dari sebuah rumah juga perlu mendapat perhatian demi kenyamanan penghuni rumah.

Nah, itu dia uraian seputar pengertian desain interior dan eksterior. Pada intinya adalah bahwa desain interior berhubungan dengan perencanaan bagian dalam ruangan. Sementara desain eksterior berarti perencanaan dan perancangan desain yang berkaitan dengan bagian luar ruangan.

Semoga ulasan tentang pengertian desain interior dan eksterior di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Salam diminimalis. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.