Pengeluaran Saat Lebaran yang Harus Dipersiapkan Sedini Mungkin

Ada banyak pengeluaran yang sebaiknya Anda persiapkan saat lebaran - Diminimalis.com

Salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim setiap tahunnya adalah Hari Raya Idul Fitri. Banyak hal yang perlu dipersiapkan menjelang hari raya Idul Fitri atau dikenal juga sebagai hari Lebaran. Salah satunya mengenai pengeluaran yang harus dipersiapkan saat lebaran.Pengeluaran tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan saat lebaran.

 Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan Saat Lebaran, Pengeluaran Saat Lebaran, daftar kebutuhan lebaran, anggaran lebaran, persiapan lebaran, kebutuhan menjelang lebaran, tips lebaran hemat, keperluan lebaran, tips mempersiapkan lebaran, persiapan lebaran 2018
Ada banyak pengeluaran yang sebaiknya Anda persiapkan saat lebaran – Diminimalis.com

Apa Saja Daftar Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan Saat Lebaran?

Hari lebaran juga membutuhkan banyak pengeluaran seperti ketika bulan puasa. Anda dapat membuat perencanaan terkait pengeluaran yang diperlukan untuk lebaran sehingga Anda tidak berlebihan saat berbelanja. Anda dapat membuat daftar pengeluaran yang harus dipersiapkan saat lebaran untuk mempermudah Anda dalam mengatur keuangan. Berikut beberapa daftar pengeluaran yang harus dipersiapkan:

• Pengeluaran untuk zakat dan sedekah

 Pengeluaran yang Harus Dipersiapkan Saat Lebaran, Pengeluaran Saat Lebaran, daftar kebutuhan lebaran, anggaran lebaran, persiapan lebaran, kebutuhan menjelang lebaran, tips lebaran hemat, keperluan lebaran, tips mempersiapkan lebaran, persiapan lebaran 2018
Zakay fitrah merupakan salah satu pengeluaran yang wajiob dianggarkan saat sebelum lebaran – Diminimalis.com

Salah satu kewajiban bagi para umat muslim adalah mengeluarkan zakat. Zakat ini biasanya dibayarkan saat bulan puasa dan sebelum lebaran tiba. Oleh karena itu, Anda harus memperhitungkan pengeluaran untuk membayar zakat Anda beserta keluarga. Selain zakat, daftar pengeluaran lain yang dapat persiapkan adalah sedekah.

Sebenarnya pengeluaran untuk sedekah ini tidak harus dilakukan menjelang lebaran dan dapat dilakukan kapan saja. Namun, alangkah baiknya jika Anda juga bersedekah saat bulan puasa atau menjelang lebaran.

• Biaya perjalanan mudik

Tips Mudik Menggunakan Mobil, persiapan mudik membawa balita, tips menyetir perjalanan jauh, perlengkapan mudik, tips perjalanan jauh dengan mobil, perlengkapan mudik dengan mobil, servis mobil untuk perjalanan jauh, peralatan yang harus dibawa saat mudik, persiapan berkendara mobil jarak jauh
Siapkan juga anggaran untuk perjalan mudik Anda – Diminimalis.com

Jika Anda termasuk salah satu keluarga yang melakukan tradisi mudik, maka pos pengeluaran satu ini harus masuk dalam daftar. Mudik membutuhkan banyak persiapkan termasuk biaya mudik yang harus dipikirkan secara matang. Banyak tidaknya biaya ini tergantung dari beberapa faktor.

Salah satu faktor tersebut adalah faktor jarak dari tujuan mudik Anda. Biaya akan semakin banyak jika tujuan mudik Anda cukup jauh bahkan berbeda pulau. Selain itu, transportasi yang Anda gunakan saat mudik juga mempengaruhi pos pengeluaran satu ini. Banyak orang menggunakan kereta ataupun bus karena dianggap terjangkau.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil, maka Anda juga harus mempertimbangkan biaya untuk bensin. Biaya service juga menjadi hal yang tak kalah penting karena Anda perlu memeriksa kondisi kendaraan dan melakukan service jika diperlukan. Kendaraan yang berada dalam kondisi baik akan membuat perjalanan mudik Anda terasa aman dan nyaman.

• Biaya untuk keperluan lebaran

Makanan menjadi hal penting saat lebaran, karena setiap rumah tentu menyiapkan hidangan untuk menyambut para tamu yang datang bersilaturahmi. Anda harus menyiapkan makanan dan minuman saat lebaran seperti jamuan untuk makan berat dan kue-kue kering bagi para tamu.

Anda dapat lebih berhemat terkait biaya makanan dan minuman selama lebaran. Caranya dengan memasak dan mempersiapkan sendiri berbagai hidangan tersebut. Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengurangi pengeluaran saat lebaran.

Biaya keperluan lebaran lainnya yaitu untuk pembelian pakaian. Biaya satu ini sebenarnya tidak terlalu urgent atau harus Anda prioritaskan. Biaya satu ini sangat tergantung dengan kebiasaan Anda saat lebaran. Banyak keluarga yang selalu membuat baju seragam saat lebaran atau membeli baju baru untuk merayakan hari lebaran.

• Biaya asisten rumah tangga sementara

Biaya satu ini juga tidak selalu menjadi pengeluaran utama saat lebaran. Pos pengeluaran ini berlaku bagi Anda yang selalu menggunakan asisten rumah tangga. Pada saat lebaran tiba, biasanya hampir seluruh asisten rumah tangga akan mudik ke kampung halaman mereka. Hal ini membuat posisi asisten rumah tangga di rumah Anda menjadi kosong.

Anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar asisten rumah tangga pengganti selama lebaran. Sebenarnya Anda dapat mengurangi biaya ini dengan cara mengerjakan semua pekerjaan rumah selama lebaran dengan cara bergotong royong bersama seluruh anggota keluarga. Hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda saat lebaran.

• Biaya selama mudik di kampung halaman
Bagi Anda yang mengikuti tradisi mudik saat lebaran, sebaiknya tidak melupakan komponen satu ini. Anda harus menyiapkan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama Anda mudik di kampung halaman.

• Biaya untuk open house
Salah satu tradisi lebaran yang kerap dilakukan orang adalah melakukan open house untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Meskipun telah menyiapkan pengeluaran untuk makanan dan minuman saat lebaran, Anda tetap harus menyiapkan pos satu ini karena pengeluaran untuk open house biasanya lebih besar.

• Pengeluaran untuk salam tempel
Tradisi lebaran lainnya yaitu salam tempel. Anak kecil kerap menunggu momen ini karena biasanya para orang tua akan memberikan amplop berisi sejumlah uang untuk mereka. Anda harus menyiapkan salam tempel ini menjelang lebaran.

• Furnitur baru untuk lebaran
Jika Anda berencana untuk mengadakan open house di rumah, tak ada salahnya mengganti beberapa furniture dan mengubah desain ruang tamu mungil untuk Lebaran. Anda bisa bergotong royong dengan anggota keluarga untuk menciptakan suasana ruang tamu minimalis yang tertata rapi. Dengan demikian, tamu yang datang akan merasa nyaman saat bersilaturahmi di rumah Anda.

• Mempersiapkan dana darurat
Anda juga harus mempersiapkan dana darurat menjelang lebaran untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan tak terduga. Bagi yang melakukan tradisi mudik, pos pengeluaran satu ini juga sangat penting Anda persiapkan, baik dalam bentuk tunai maupun di ATM. Dana darurat akan menyelamatkan Anda saat melakukan kesalahan perhitungan dalam menghitung biaya untuk lebaran.

Berbagai pengeluaran saat lebaran tadi dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda harus mempertimbangkan pengeluaran tersebut dengan bijak. Buatlah skala prioritas terkait kebutuhan lebaran yang harus terpenuhi terlebih dahulu. Selain pengeluaran yang harus dipersiapkan saat lebaran, Anda juga harus menyiapkan dana pasca mudik untuk memenuhi kebutuhan bulan berikutnya. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.