Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pendinginan Setelah Berenang untuk Memulihkan Stamina

setelah berenang jangan lupa melakukan pembilasan tubuh menggunakan air dan handuk yang bersih - diminimalis.com

Pendinginan setelah berenang perlu dilakukan untuk memulihkan seluruh kondisi tubuh agar fit seperti semula. Mendinginkan tubuh setiap kali selesai renang bermanfaat untuk mengontrol detak jantung agar kembali normal untuk membantu proses pemulihan tubuh. Selain itu, selama olahraga intens otot terus bekerja memproduksi asam laktat, yang jika dibiarkan terlalu lama akan berisiko terjadi penumpukan dalam tubuh. Pendinginan akan membantu untuk mengembalikan kadar asam laktat ke batas normal.

Renang juga termasuk ke dalam olahraga yang bisa membakar kalori sehingga bagus dilakukan apabila Anda tengah dalam program diet. Gaya dada selama sepuluh menit akan membakar 60 kalori, gaya punggung selama 10 menit akan membakar 80 kalori dan gaya kupu-kupu selama 10 menit akan membakar 150 kalori. Ada banyak alasan lain mengapa kita sangat dianjurkan untuk sering-sering melakukan aktifitas ini, diantranya :
Manfaat dari berenang yang pertama adalah meningkatkan kekuatan serta massa otot. Ketika Anda berenang, Anda akan mendorong diri sendiri melalui air, zat yang dua belas kali lebih padat dibanding udara. Tiap tendangan serta gerakan dari lengan akan menjadi bentuk latihan daya tahan. Ini termasuk cara yang baik dalam membangun massa serta kekuatan otot tubuh Anda.


Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan kelenturan dari tubuh. Berenang akan menempatkan tubuh dalam berbagai gerakan untuk membantu sendi serta ligamen agar tetap fleksibel dan longgar. Lengan akan bergerak, pinggul akan menopang kaki dalam air sementara kepala serta tulang belakang akan bergerak. Ini akan memberikan peregangan dari kepala hingga kaki.

Manfaat berenang selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Berenang sama dengan latihan aerobik di mana salah satu fungsinya adalah menguatkan jantung. Jantung akan menjadi lebih efisien dalam menjalankan tugasnya yaitu memompa darah serta mengalirkannya ke seluruh tubuh. Berenang selama tiga puluh menit per hari akan bisa mengurangi resiko jantung koroner hingga 30-40 persen.

Pendinginan setelah berenang, yang harus dilakukan setelah berenang, yang harus dilakukan sebelum dan setelah berenang
setelah berenang jangan lupa melakukan pembilasan tubuh menggunakan air dan handuk yang bersih – diminimalis.com

Pendinginan setelah berenang

Pendinginan setelah berenang, yang harus dilakukan setelah berenang, yang harus dilakukan sebelum dan setelah berenang
relaksasi diperlukan agar otot di tubuh kembali pulih seperti semula – diminimalis.com

Relaksasi tubuh sehabis renang perlu disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan, tergantung dari seberapa lama dan seberapa berat rutinitas renang masing-masing individu, namun yang paling umum adalah: Lakukan ritme renang ringan beberapa lap untuk mengendurkan otot-otot tubuh.

Setelahnya, tetap berada di dalam air sambil menghadap dinding kolam dan kedua tangan berpegangan pada tepi kolam, lipat kedua kaki hingga lutut Anda sejajar dada (telapak kaki menempel dinding). Kemudian, tundukkan kepala di antara bahu untuk meregangkan punggung. Tahan posisi kemudian hentakkan kaki dan dorong tubuh ke luar untuk meluruskan tubuh. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Lakukan juga peregangan di bawah pancuran air hangat saat mandi. Tahan posisi peregangan masing-masing selama 30-40 detik untuk membilas limbah hasil kerja otot, mengembalikan kelenturan pasca-latihan, dan merangsang reseptor otot yang mempromosikan relaksasi.

Pemulihan juga bisa ditingkatkan dengan makan atau minum cemilan berkabohidrat tinggi untuk mengembalikan energi yang terbuang selama berenang. Energy bar, pisang, atau minuman isotonik sangat ideal untuk mengembalikan vitalitas tubuh.

Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu melakukan beberapa hal di bawah ini:

– Membasuh mata agar bersih dari kotoran. Hal ini perlu dilakukan karena kita tau air di dalam kolam renang kotor.

– Jika telinga kemasukan air, diusahakan air bisa keluar kembali. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan sedikit air ke dalam telinga yang kemasukan air, lalu meloncat dengan satu kaki menggunakan kaki yang sama seperti telinga yang kemasukan air. Contoh: telinga kanan kita kemasukan air, lalu masukkan sedikit air ke dalam telinga kanan kita, lalu loncat-loncat dengan kaki kanan.

Demikian ulasan kami tentang pendinginan setelah berenang untuk memulihkan stamina Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara persiapan sebelum berenang yang sebaiknya perlu Anda lakukan di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Bila Anda berencana ingin membuat atau merawat kolam renang, Anda bisa membaca informasinya di bawah ini:

Kontraktor dan perawatan kolam renang terpercaya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.