Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pencahayaan Rumah Minimalis yang Baik ‘tuk Rumah Sehat dan Nyaman

Pencahayaan buatan rumah minimalis - diminimalis.com

Pencahayaan rumah minimalis khususnya di dalam rumah menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Menentukan titik-titik lampu dan sumber-sumber penerangan dalam rumah menjadi perlu agar diperoleh pencahayaan rumah yang sehat, namun juga tetap memperhatikan sisi-sisi keindahan.

Rumah minimalis yang baik tidak hanya mementingkan tampilan secara visual, namun juga harus memperhatikan aspek kesehatan, terkait kenyamanan penghuninya. Rumah yang sehat dan ideal untuk ditinggali adalah rumah yang memenuhi beberapa kebutuhan dasar penghuninya, seperti udara yang bersih dan sehat, sistem kelola sanitasi yang lancar dan baik, dan juga adanya sumber pencahayaan yang mencukupi.


Pencahayaan rumah minimalis, pencahayaan rumah yang sehat, penerangan dalam rumah
Pencahayaan buatan rumah minimalis – diminimalis.com

Pencahayaan rumah minimalis, jenis dan karakteristik

Pencahayaan rumah minimalis hendaknya dipertimbangkan sejak Anda membangun rumah. Konsep pencahayaan yang ideal yang diterapkan pada desain rumah minimalis sejak awal pembangunan akan memberi Anda manfaat di kemudian hari. Penerangan dalam rumah minimalis hendaknya memiliki sumber pencahayaan tidak hanya dari satu sumber.

Secara umum, sumber cahaya ditinjau dari jenisnya terbagi menjadi dua, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Sumber pencahayaan rumah minimalis yang tergolong alami diperoleh dari satu sumber, yaitu matahari. Sedangkan sumber penerangan dalam rumah yang tergolong sumber cahaya buatan adalah cahaya dari lampu.

Pencahayaan rumah minimalis, pencahayaan rumah yang sehat, penerangan dalam rumah
Pencahayaan alami – diminimalis.com

Sumber pencahayaan alami dari sinar matahari memiliki keuntungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan, baik kesehatan rumah dan juga penghuninya. Sinar matahari yang mengandung spektrum cahaya lengkap memiliki energi panas yang dapat menghangatkan rumah dan juga mematikan kuman-kuman penyakit. Dengan adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, udara lembab yang ada di dalamnya dapat dikurangi sehingga udara menjadi sehat dan baik untuk aktivitas para penghuninya.

Anda bisa membuat bukaan jendela atau jendela permanen dengan kaca tembus pandang yang memungkinkan sinar matahari menerangi ruang-ruang dalam rumah Anda. Selain untuk kesehatan, adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah Anda, dapat menghemat pengeluaran listrik untuk penerangan, terutama ketika siang hari.

Sumber cahaya kedua adalah dari lampu. Cahaya lampu lebih diutamakan untuk penerangan di kala sinar matahari tidak bersinar, bisa ketika mendung atau hujan, atau penerangan di malam hari. Penataan cahaya lampu juga perlu diatur sedemikian rupa, sehingga kebutuhan penerangan dalam rumah terpenuhi dengan baik. Anda bisa memasang lampu pada titik dimana Anda memerlukan pencahayan, dan ini bisa berbeda pada setiap ruangan tergantung kebutuhan dan pemanfaatan dari ruangan tersebut.

Baca tentang jenis-jenis pencahayaan buatan menggunakan lampu berdasarkan kebutuhan dan fungsinya pada artikel berikut.

Link: Jenis pencahyaan buatan di dalam rumah minimalis

Dengan mengkombinasikan kedua jenis sumber pencahayaan alami dan buatan, Anda bisa memiliki rumah yang tidak hanya sehat, tetapi juga tetap nyaman untuk ditinggali, serta dapat menghemat listrik dengan penerapan konsep green living. Selamat menata ulang rumah Anda. (rd)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.