Penataan Ruang Tamu Luas dan Pengaturan Furniturenya

ruang tamu luas bergaya Jepang - Diminimalis.com

Memiliki ruang tamu yang terlalu sempit kerap membuat bingung para pemilik rumah. Banyaknya perabot dan kekhawatiran akan banyaknya jumlah tamu yang datang menjadi sumber yang membuat sang pemilik merasa gusar. Para pemiliki rumah seperti ini cenderung berpikir bahwa penataan ruang tamu luas akan lebih mudah.

Pemikiran seperti di atas tentu tidak sepenuhnya benar. Penataan ruang tamu luas seringkali sama membingungkannya. Adanya terlalu banyak ruang kosong misalnya, dapat menyebabkan ruangan terasa hampa. Tak hanya itu, penataan yang tidak tepat tentu juga akan menjadi kurang sedap dipandang.

 Penataan Ruang Tamu Luas, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang luas, menata ruang tamu pintu tengah, menata ruang tamu tanpa kursi, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang keluarga, Page navigation
ruang tamu luas bergaya Jepang – Diminimalis.com

Penataan Ruang Tamu Luas dengan Konsep Minimalis

Mengatasi kesan kosong pada ruang yang terlalu luas tentu tidak bisa semata-mata dilakukan dengan menambahkan banyak furniture. Selain boros, penempatan furnitur yang berlebihan dan tidak tepat guna juga akan mengurangi nilai keindahan dari sebuah ruangan.

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk penataan ruang tamu luas adalah merendahkan langit langit menggunakan ilusi warna. Tingginya langit langit tentu memiliki peran dalam membuat ruangan terasa luas. Anda bisa mensiasatinya dengan menciptakan ilusi warna, yakni mengecat dinding dengan 2 warna berbeda. Penggunaan 2 warna, terutama yang berwarna agak gelap akan membuat langit langit terkesan lebih rendah.

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana, dekorasi ruang tamu tanpa sofa, dekorasi ruang keluarga, dekorasi ruang tamu kecil, inspirasi sederhana untuk ruang tamu mungil, dekorasi dinding ruang tamu, dekorasi ruang tamu minimalis, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, cara menghias ruang tamu
Ruang tamu dengan warna netral yang cerah – Diminimalis.cpm

Ketika memadu padankan 2 warna yang berbeda pada dinding, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesereasiannya dengan furniture yang nanti akan ditempatkan. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan warna warna terang yang terlalu mencolok karena justru dapat membuat ruangan terasa lebih lapang.

Tips lain yang layak dicoba adalah membelah ruangan dengan partisi. Sekat ruang tamu menjadi 2 bagian. Anda bisa memanfaatkan masing-masing ruang hasil penyekatan untuk fungsi yang berbeda. Atau jika ingin menggunakan keduanya sebagai ruang tamu juga tidak menjadi masalah.

Memiliki 2 ruang tamu tentu bukan hal yang salah. Kondisi ini justru memudahkan ketika tak hanya 1 anggota keluarga yang kedatangan tamu. Adanya 2 ruang tamu hasil penyekatan membuat tidak perlu ada anggota keluarga yang mengalah dengan membawa tamunya masuk ke area rumah yang lebih privat.

Pengaturan Furniture pada Ruang Tamu yang Luas

Pengaturan furniture yang tepat juga dapat menjadi salah satu cara agar ruang tamu yang luas tetap tampak apik dan membuat betah tamu yang berkunjung. Lantas bagaimanakah pengaturan yang tepat untuk ruang tamu berukuran luas?

1. Pilih furniture berukuran panjang
Furniture berukuran panjang akan membuat bagian bagian kosong pada ruangan lebih cepat terisi tanpa penempatan terlalu banyak furniture. Sofa misalnya, anda bisa memilih yang panjang atau berbentuk letter L.

Hal yang sama juga berlaku untuk meja. Tempatkan meja yang berukuran panjang untuk mengisi ruang. Agar terasa hidup, anda bisa meletakka vas bunga atau toples toples kecil berisi cemilan di atasnya.

2. Jangan rapatkan furniture langsung pada dinding
Usahakan untuk memberi jarak antara furniture dengan dinding. Hal ini bisa mensiasati agar ruangan tak terasa terlalu kosong. Beri jarak secukupnya saja, terutama ketika menempatkan sofa atau lemari dinding. Jarak furnitur dengan dinding sebaiknya tidak lebih dari 1 meter, namun hal ini dapat disesuaikan lagi dengan luas ruangan yang ada.

Selain memberi jarak, Anda juga bisa meletakkan furniture dalam posisi miring atau diagonal dari dinding. Penempatan furniture seperti ini tentu akan memakan lebih banyak ruang, sehingga tidak diperlukan banyak furniture untuk mengisi ruangan yang luas.

3. Pasang Hiasan Dinding

interior rumah mungil-diminimalis.com.png2.png
Pilihlah hiasan yang sesuai dengan tema ruang tamu Anda – Diminimalis.com

Memasang hiasan dinding juga dapat menjadi salah satu cara agar ruangan tamu yang luas tampak terisi dengan optimal. Anda bisa memilih hiasan dinding berupa lukisan, foto keluarga maupun hasil kerajinan tangan lainnya. Pastikan Anda tetap memperhatikan keserasian hiasan dinding dengan unsur lain di dalam ruangan.

Selain hiasan dinding, Anda juga bisa menempatkan tanaman hijau di dalam ruangan. Pilihlah tanaman indoor yang memang cocok untuk penempatan indoor. Tanaman dan vas berbentuk ramping dan tinggi lebih disarankan untuk ruang tamu yang luas.

Penempatan tanaman hidup di dalam ruangan memiliki fungsi lebih dari sekedar hiasan. Keberadaannya dapat membuat ruangan terasa lebih segar. Selain itu keberadaan tanaman hidup juga akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

4. Menempatkan Karpet Sebagai Pembagi Ruang
Telah dijelaskan di awal tulisan mengenai membagi ruang tamu yang terlalu besar menjadi 2 bagian. Jika kesulitan menempatkan partisi untuk membagi, Anda juga bisa menggantinya dengan karpet.

Anda tak perlu memasang karpet full menutupi seluruh lantai dalam ruangan. Cukup tempatkan 2 atau 3 karpet yang masing-masing berfungsi sebagai pembagi luas ruangan. Karpet pertama dapat diletakkan di bawah sofa, karpet lainnya dapat ditempatkan di bagian lain, misalnya di bawah lemari hias atau tepat di tengah tengah ruangan. Corak karpet yang dipilih juga tentunya harus senada denga unsur lain di dalam ruangan.

Ruang tamu adalah ruang yang menjadi cerminan kepibadian sebuah keluarga yang dapat dilihat oleh orang lain. Maka dari itu keindahan dan kenyamanan yang ada di ruangan tersebut perlu diperhatikan sebagaimana ruangan lainnya di dalam rumah. Tips di atas dapat dicoba untuk mensiasati ruangan tamu berukuran luas. Selain memahami tentang penataan ruang tamu luas, ada baiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat istimewa agar interior Anda semakin nampak elegan.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.