Ide unik penataan kamar tidur ukuran 3×3 sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah

Melakukan penataan kamar tidur ukuran 3×3 sederhana yang baik terkadang masih menjadi sebuah tanda tanya. Terlebih bagi mereka yang masih awam tentang dunia desain interior. Selain karena masuk kategori sempit, kamar tidur ukuran 3×3 juga memerlukan perencanaan desain yang sistematis dan detail.

Untuk mendapatkan hasil desain kamar tidur ukuran 3×3 yang sesuai dengan ekspektasi, Anda harus berani berkreasi sendiri. Banyak ide yang bisa dituangkan menjadi bagian penting dari desain interior kamar tidur Anda. Cobalah untuk mempraktikannya sendiri di rumah agar ide itu tetap terjaga di pikiran Anda.

Penataan Kamar Tidur Ukuran 3x3 Sederhana-diminimalis.com
Menata Kamar Tidur Ukuran 3×3 yang Sederhana-diminimalis.com

Ide kratif penataan kamar tidur ukuran 3×3 sederhana

Bagi Anda yang tengah merencanakan pembangunan kamar tidur ukuran 3×3 Anda bisa mulai merencanakan segala sesuatunya. Persiapan-persiapan yang dibutuhkan dalam proses perancangan desain interior kamar tidur harus direncanakan sebaik mungkin.

Perencanaan yang bagus berkaitan dengan kamar tidur minimalis selalu melibatkan beberapa komponen penting. Salah satu diantaranya adalah furniture. Pemilihan furniture dan penempatannya pada ruangan menjadi perhatian utama seorang desainer interior.

Setidaknya meski akan didesain secara sederhana, kamar tidur ukuran 3×3 tetap perlu mendapatkan beberapa sentuhan. (Baca juga: desain kamar tidur ukuran 2×3 )

Berikut diminimalis akan mengulas beberapa tips dan ide penataan kamar tidur ukuran 3×3 sederhana yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

1. Sesuaikan dengan desain rumah

Merencanakan desain sebuah ruangan dalam rumah merupakan suatu hal yang berkaitan dengan tampilan rumah secara keseluruhan. Oleh karenanya merencanakan desain kamar tidur berukuran 3×3 sekalipun tetap harus mempertimbangkan komposisi desain rumah Anda.

Untuk kamar tidur ukuran 3×3 sederhana jika Anda membangun rumah sedari awal maka sebaiknya tempatkan kamar tidur jauh dari ruang tamu. Seperti kita ketahui bahwa kamar tidur memiliki nilai privasi yang tinggi sehingga akan kurang nyaman jika terlalu dekat dengan ruangan tamu.

Pun begitu juga usahakan penempatan blok kamar tidur sedikit jauh dari dapur. Hal ini untuk menghindari beberapa hal penyebab ketidaknyamanan seperti asap kompor, bau bumbu dapur dan makanan yang mengganggu.

Setelah penempatan blok kamar tidur telah dipilih selanjutnya adalah mulai merancang penataannya. Meski berukuran kecil, kamar tidur akan tetap bisa terasa luas jika didesain dengan cara yang benar.

2. Pemilihan Perabot

Hal yang tidak kalah dari mendesain sebuah ruangan seperti halnya pada bahasan desain kamar tidur untuk anak perempuan ukuran 3×3 bahwa pemilihan perabot akan sangat menentukan bagaimana tampilan sebuah ruangan.

Begitupula jika Anda tengah mendesain dan merencanakan penataan kamar tidur maka hal yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan furniture. Pilihlah furniture/perabot yang memiliki fungsi ganda (multifungsi) seperti meja sekaligus brankas dan lain-lain.

Perabot multifungsi terlebih yang minimalis akan memberikan space lebih luas saat dipajang di ruangan. Anda bisa memanfaatkan space kosong sisa perabot untuk membuat area khusus lainnya.

3. Penempatan perabot

Setelah memilih perabot yang minimalis artinya tidak perlu terlalu besar, selanjutnya adalah mengatur penempatanya. Prinsip penempatan perabot yang bagus untuk ukuran kamar tidur 3×3 adalah jauh dari pintu masuk.

Menempatkan tempat tidur jauh dari pintu kamar akan memberikan kesan ruangan lebih luas dari aslinya. Jika perlu penempatan meja kamar juga disesuaikan dan ditempatkan di sudut terjauh kamar. Hal ini akan memberikan efek tampilan elegan dengan kesan ruangan lebih luas.

Selain itu penempatan perabot seperti rak buku dan kotak barang-barang sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan dinding. Perabot yang tidak menepel pada lantai kamatr akan memberikan space yang bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas lain.

4. Pemilihan dan Penambahan Aksesoris Kamar

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah aksesoris kamar. Meski kamar tidur Anda berukuran kecil tetap akan tampil menawan dengan penambahan aksesoris yag pas.

Gunakan ide menata kamar tidur yang sering Anda jumpai di media-media cetak maupun elektronik.

Aksesoris kamar seprti gantungan baju, rak, dan poster sebaiknya di tempatkan dengan baik. Penempatan aksesoris kamar yang tepat akan membantu meningkatkan kesan indah pada kamar tidur Anda.

Anda juga bisa menambahkan beberapa perabotan yang mengusung tema alam seperti pot bunga ke dalam kamar. Usahakan untuk tetap memilih tanaman bunga dalam pot yang berukuran mini untuk menghindari kesan ramai pada kamar tidur minimalis Anda.

5. Penambahan jendela dan kaca

Ide lain yang bisa Anda terapkan agar penataan kamar tidur minimalis Anda terlihat indah adalah dengan menambahkan jendela besar. Pencahayaan alami dari jendela besar akan memberikan efek terang pada ruangan.

Efek terang tersebutlah yang akan mampu memberikan kesan ruangan lebih luas dan menawan.
Selain jendela besar, Anda juga bisa menambahkan kaca/cermin berukuran besar di dinding kamar tidur Anda. Cermin berukuran besar akan memberikan efek cerah pada kamar sehingga terlihat lebih indah dan luas.

Nah, untuk melengkapi gambaran tentang penataan kamar tidur ukuran 3×3 sederhana, berikut kami lampirkan gambar desainnya semoga bisa menambah referensi Anda.

Demikian lah ulasan seputar penataan kamar tidur ukuran 3×3 sederhana. Meski kamar tidur Anda terbilang sempit namun jika dalam merencanakan dan menata desain interiornya dilakukan dengan baik maka bukan tidak mungkin kamar tidur Anda akan terlihat bagus.  Salam diminimalis. (rn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.