Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pembuatan Kolam Renang Keluarga Semudah 1, 2, 3 !

Pembuatan kolam renang pribadi di halaman belakang rumah tentunya menjadi impian setiap keluarga. Namun tidak lantas impian ini dapat terwujud dengan mudah. Harga pembuatan kolam renang per meter yang tidak murah, seringkali menjadi hambatan utama dan pertama ketika hendak memulai mewujudkan impian besar tersebut.

pembuatan kolam renang
kolam renang pribadi – diminimalis.com

Terlepas dari soal biaya, ketika berbicara soal proses pembuatan, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Hari ini sudah banyak kontraktor kolam renang profesional yang bisa Anda percayakan. Keuntungan bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek), pilihan jasa kontraktor kolam renang tergolong banyak memberi pilihan dari segi service dan harga.


Kembali kepada bahasan biaya, umumnya kontraktor kolam renang akan memberikan harga per meter kubik. Mereka lebih memilih untuk memasang tarif borong dengan acuan metrik kubik dari kolam yang hendak dibuat. Harga untuk kubikasi tersebut sudah meliputi seluruh pekerjaan teknis dan kelengkapan kolam, termasuk pompa dan sistem plumbing nantinya.

Contoh perhitungan dengan skema harga kubikasi borong adalah sebagai berikut.

pembuatan kolam renang
contoh perhitungan biaya – diminimalis.com

Jika Anda berencana membuat kolam renang pribadi dengan bentuk balok ukuran panjang 8 meter, lebar 4 meter dan kedalaman 1,5 meter, dengan harga borong per meter kubik adalah Rp. 4.000.000,-, maka dana yang perlu Anda siapkan adalah :

Total dana pembuatan     =    volume kolam     x     harga per meter kubik
=    ( p x l x h )    x    Rp. 4.000.000,- /m3
=    ( 8 x 4 x 1,5 ) m3 x    Rp. 4.000.000,- /m3
=    48 m3        x     Rp. 4.000.000,- /m3
=     Rp. 192.000.000,-
Jadi dana yang harus Anda siapkan untuk membuat kolam ukuran 8 x 4 x 1,5 adalah sebesar Rp. 192.000.000,-

Angka perhitungan di atas hanya contoh, ada baiknya Anda coba menghubungi kontraktor lokal di daerah Anda untuk mengetahui harga saat ini, atau Anda bisa melakukan pencarian di internet agar memperoleh hasil yang bervariasi dan menemukan kontraktor profesional terpercaya dengan kata kunci kontraktor kolam renang id.

Sebagai perbandingan, dikutip dari sebuah artikel pada peluangusaha.co, salah satu perusahaan kontraktor kolam renang berlokasi di DKI Jakarta yang memiliki client dari pejabat dan kalangan artis, mematok harga pembuatan kolam renang dengan ukuran standar 3×8 dikenai harga berkisar antara Rp. 140 jt hingga Rp. 170 juta, sedangkan ukuran 4×10 dengan harga Rp. 200 jt – Rp. 250 jt, dan untuk ukuran besar 5×14 dibanderol kisaran harga Rp. 250 jt – Rp. 300 jt, dengan catatan bahwa harga tersebut belum termasuk variasi tambahan untuk kolam.

Emas yang tersembunyi di balik kolam renang keluarga

pembuatan kolam renang
emas itu dekat rumah kita – diminimalis.com

Berbicara tentang sebuah keinginan tentu tidak melulu selalu soal biaya yang harus dikeluarkan. Ada hal lain yang seringkali menjadi pendorong kita untuk pada akhirnya memutuskan sesuatu dan mengesampingkan tentang berapa biaya yang harus kita keluarkan. Manfaat yang hendak diperoleh dan nilai sebuah kepuasan menjadi pertimbangan yang seringkali menentukan sebuah perencanaan hingga pada akhirnya menjadi sebuah perwujudan dari mimpi dan keinginan bersama.

Memiliki kolam renang pribadi di rumah kita, berarti kita berinvestasi untuk banyak keuntungan dan manfaat yang kita peroleh dalam satu paket. Beberapa yang utama dari manfaat yang bisa Anda dan keluarga Anda dapatkan diantaranya :

pembuatan kolam renang
resiko tenggelam lepas dari pengawasan – diminimalis.com

•    Anda tidak harus lagi menghabiskan banyak waktu terbuang untuk mengantri di kolam renang umum, menghabiskan waktu di jalan terjebak kemacetan kota besar, atau harus mengagendakan waktu khusus agar semua keluarga dapat pergi bersama, dan yang seringkali terjadi justru malah akhirnya tidak pernah menemukan waktu yang tepat untuk semua anggota keluarga ikut

•    Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap keselamatan putra-putri Anda ketika bermain di kolam renang umum. Kolam renang menjadi salah satu tempat publik dengan bahaya tidak sedikit, sisi kesehatan menjadi salah satu pertimbangan ketika kita hendak berenang di kolam renang umum, karena bisa jadi ada banyak kuman penyakit di sana. Resiko tenggelam, lepas dari pengawasan, resiko penculikan dan kehilangan barang ketika ditinggal berenang, tidak perlu lagi Anda khawatirkan ketika Anda telah memiliki kolam renang di lingkungan rumah Anda sendiri

pembuatan kolam renang
menikmati quality time beratap bintang – diminimalis.com

•    Anda bebas menentukan kapan Anda hendak berenang tanpa harus terikat lagi dengan pertimbangan waktu yang harus ditempuh di jalan baik ketika pergi maupun pulang. Segala ketidakefektifan dalam macet dan segala peraturan dalam kolam renang, kini Anda lah yang menentukan. Berenang di pagi hari ketika udara masih terasa sejuk, atau sore hari ketika sepulang dari kerja, atau malam hari menikmati langit berbintang, Anda bebas memilihnya.

pembautan kolam renang
peraturan di kolam renang umum – diminimalis.com

•    Anda juga tidak akan lagi di pusingkan dengan administrasi membership dari kolam renang umum yang biasa Anda kunjungi secara rutin. Bagi Anda yang harus mengeluarkan biaya rutin untuk keanggotaan agar dapat menikmati fasilitas berenang yang belum tentu bisa selalu Anda nikmati karena terkadang kesibukan dan pertimbangan waktu lebih utama, memiliki kolam renang di rumah menjadi solusi cerdas dari permasalahan ini. Bagi Anda yang berfikir maju, investasi kolam renang pribadi jelas lebih menguntungkan dari berbagai sisi jika dibandingkan biaya keanggotaan yang harus Anda keluarkan untuk sekedar dapat menikmati fasilitas kolam renang.

•    Anda akan memiliki quality time bersama keluarga, istri dan anak –anak tercinta dan sekaligus sambil berolah raga di lingkungan rumah Anda dalam suasana yang ceria. Mengajari anak-anak kita berenang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita seorang ayah. Dan bagi putra-putri kita, kemampuan ini akan banyak berguna baginya di masa yang akan datang.

Masih banyak hal postif lain yang bisa kita gali bersama di sini, hingga kemudian dengan segala keuntungan yang bisa kita peroleh tadi, pertimbangan harga bukan lagi menjadi penghalang, no more to say, we sure You’ve got the point.

Tahapan perencanaan dan pembuatan kolam renang impian keluarga

Let’s go to the next level. Setelah Anda mantap dan yakin, serta memutuskan untuk membuat kolam renang keluarga, maka selanjutnya Anda tentukan apakah akan Anda kerjakan sendiri proses pembuatannya, atau Anda percayakan pada kontraktor kolam renang. Anda bisa memulai membuat perhitungan terkait keuntungan dan kerugian ketika mengerjakan sendiri atau memilih untuk menggunakan jasa kontraktor kolam renang, Anda bisa menemukan banyak referensi di internet dengan mudah hari ini.

Ada baiknya Anda membaca artikel tentang memilih kontraktor kolam renang berikut

Berikut diminimalis gambarkan tahapan pembuatan kolam renang dari mulai perencanaan hingga Anda siap menikmati berenang dengan keluarga, jika Anda memilih untuk mempercayakan proses pekerjaannya kepada kontraktor kolam renang.

1.    Cari referensi kontraktor kolam renang yang menurut Anda kredibel dan tidak akan lari ketika pekerjan belum usai. Cari 2 atau 3 kontraktor, kemudian lakukan wawancara dan cermati pola kerja serta sistem manajemen mereka, lalu pilih yang menurut Anda amanah dan mahir di bidangnya

2.    Lakukan diskusi guna mencari bentuk dan lokasi yang paling ideal untuk kolam renang keluarga Anda, terkait bentuk, ukuran dan lokasi dimana kolam akan dibuat pada lahan di rumah Anda. Pertimbangan dan musyawarah dengan keluarga juga perlu diagendakan, terkait bahwa ini akan menjadi salah satu tempat favorit keluarga dalam menghabiskan quality time bersama.

3.    Minta kontraktor untuk membuat gambaran 3D (tiga dimensi) dari kolam yang telah disepakati, terkait bentuk dan skema, tampilan dari berbagai sisi, serta denah kondisi pembuatan, sehingga Anda mempunyai gambaran utuh tentang bentuk kolam nantinya, dan Anda bisa turut melakukan kontrol seiring berjalannya proses. Tentukan pula target waktu pekerjaan akan selesai.

pembuatan kolam renang
contoh gambar 3D kolam renang – diminimalis.com

4.    Jangan lupa untuk meminta rincian penawaran dan alokasi dana pembuatan kolam, serta model pembayaran, apakah sistem cash di awal, atau di akhir, atau sistem tempo (dibagi dalam 3 kali termin pembayaran). Lengkapi juga dengan surat-surat pendukung seperti kontrak kerjasama, quotation, SPK (Surat Perintah Kerja) dan keperluan hukum legal lainnya.

pembuatan kolam renang
kelengkapan administrasi – diminimalis.com

5.    Setelah semua keperluan adminitrasi dan perencanaan selesai, maka selanjutnya masuklah pada tahapan proses pekerjaan. Dimulai dengan proses persiapan tempat, termasuk pembersihan dari tanaman dan bangunan yang ada sebelumnya, pengukuran tanah, pembuatan pola dan pemasangan patok tanda dimana kolam akan dibuat. Setelah semua siap, maka selanjutnya masuk tahap pekerjaan berikut :

a.    penggalian tanah : menggali tanah dan membuangnya, serta membuat selokan untuk sistem plumbing dan sirkulasi air kolam nantinya

b.    pemasangan batu bata dan alas kerja untuk cor : memperkuat dasar dan dinding kolam agar siap untuk dilakukan pekerjaan berikutnya

c.    pembesian : menganyam besi yang hendak digunakan untuk tulang cor nantinya, sehingga lantai kolam dan dinding kuat menahan beban air yang mengisi kolam

d.    pembuatan bekisting : mempersiapkan penahan untuk membentuk struktur cor beton agar diperoleh bentuk, posisi dan ukuran sesuai rencana

e.    pengecoran : penuangan adonan beton dengan cepat sehingga diperoleh hasil cor yang rapat dan tidak retak, sehingga air tidak bocor atau rembes

f.    tahap inkubasi : menunggu hasil cor memadat dengan sempurna,sehingga tidak terdapat retakan

g.    pembongkaran bekisting : cor beton yang telah sempurna, dibongkar untuk dilanjutkan proses berikutnya

h.    plumbing : menata pipa-pipa sambungan untuk keperluan sirkulasi dan filterisasi air kolam

i.    finishing : tahap pemasangan keramik atau mozaik penutup lantai dan dinding kolam, serta bagian tepi kolam

j.    instalasi elektrikal dan mekanikal : pamasangan sistem lsitrik dan mekanik, termauk pompa air, railing kolam, dan tangga kolam

k.    pengisian dan pengetesan sistem sirkulasi : mengisi kolam dengan air dan mencoba sistem sirkulasi serta filterisasi kolam

l.    penyiapan air kolam : tahap akhir dari seluruh proses pekerjaan, dengan memberi chemical treatment kepada air kolam, sehingga menjadikan air steril, jernih dan siap digunakan.

6.    Berakhirnya tahap pekerjaan bangunan, selanjutnya tersisa bagian akhir dari kontrak kerjasama, yaitu serah terima dan penyelesaian segala administrasi terkait pembayaran dan lain sebagainya.

7.    Selamat ! kini Anda sekeluarga siap berenang bersama di kolam baru di rumah.

pembuatan kolam renang
cowabunga ! – diminimalis.com

Naah…. Ternyata tidak rumit bukan untuk memiliki kolam renang di rumah Anda sendiri?
Impian akan semua keuntungan dan kenyamanan yang Anda dan keluarga dapatkan dengan adanya kolam renang di rumah, menjadi pelengkap kesempurnaan rumah minimalis Anda dan keluarga. Akhirnya, selamat menikmati quality time bersama keluarga tercinta. (rd)

salam hangat kami,
~diminimalis~

 Selanjutnya baca tentang cara merawat kolam renang agar selalu jernih ketika digunakan,

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kolam renang tetap baik.

Comments are closed.