Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Pelapis Kayu Anti Api untuk Melindungi Rumah dari Kebakaran

kayu tahan api -diminimalis.com

Pelapis kayu tahan api merupakan bahan konstruksi yang penting untuk rumah minimalis modern. Hal ini tentu menjadi solusi karena kayu merupakan salah satu material bangunan yang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang. Wilayah padat penduduk sangat rawan terhadap kebakaran karena jarak yang rumah yang saling berdekatan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari lahan untuk tempat tinggal, sebaiknya pikirkan kembali untuk memilih area padat penduduk.

pelapis kayu, pelapis kayu hpl, pelapis kayu olympic
kayu tahan api -diminimalis.com

Pelapis Kayu Tahan Api untuk Rumah Minimalis Anda

Kayu tahan api bukanlah kayu yang berasal dari jenis tumbuhan yang tahan terhadap api, namun kayu tersebut merupakan kayu yang sudah dilindungi dengan cairan khusus yang mampu menangkal api. Untuk dapat memiliki kayu tahan api, kita cukup perlu memiliki cairan pelindung tersebut untuk dilapisi ke kayu rumah minimalis kita.

Kayu Tahan Api, pelapis kayu tahan api, glass liquid
liquid glass mampu melindungi kayu dari api – diminimalis.com

Untuk membuat sebuah kayu tahan api, cairan kaca ini dilapiskan pada seluruh permukaan kayu. Karena pada kayu banyak terdapat pembuluh silinder, jika pada kayu dilapisi glass liquid, maka glass liquid ini akan terserap dan menutupi bagian pembuluh-pembuluh tersebut sampai pada kedalaman sekitar lima milimeter. Penutupan pembuluh-pembuluh kayu akan mengubah kayu menjadi lapisan kaca sehingga membuat kayu menjadi tidak mudah terbakar. Dengan adanya glass liquid ini, bangunan atau rumah yang terbuat dari kayu dapat terhindar dari kobaran api bila terjadi kebakaran.

Lain halnya dengan para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mereka menemukan cara yang lebih sederhana dan murah. Untuk menghambat proses terbakarnya kayu, kayu dilapis dengan bahan penghambat api seperti fosfat (mono/diammonium phosphate), borat (asam borat, boraks), ammonium sulfate, dan seng klorida. Selain itu juga dengan amino resin (urea, melamin, dan dicyandiamide).

Selain menggunakan pelapis kayu tahan api, Anda juga bisa mencegah kebakaran dengan upaya berikut:

1. Memperhatikan beberapa bagian rumah

Anda dapat memulainya dengan memeriksa colokan listrik serta kabel yang berada di beberapa bagian rumah. Hindari mencolok perangkat ke saluran listrik secara berlebihan. Ganti kabel-kabel lama setiap 5 sampai 10 tahun sekali. Selain itu, jauhkan benda-benda yang dapat memicu kebakaran di sekitar dapur terutama kompor.

2. Menata ruang dengan baik

Ternyata menata ruang turut andil dalam menciptakan rumah anti kebakaran. Anda sebaiknya juga mulai memikirkan untuk membuat sekat atau partisi yang dapat dibuka. Anda juga bisa membuat tangga darurat dengan desain yang tidak rumit.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang manfaat pelapis kayu untuk rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang masalah pintu kayu yang sering datang dan cara mudah mengatasinya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Masalah pintu kayu yang sering datang dan cara mudah mengatasinya

Leave A Reply

Your email address will not be published.