Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Bagi yang Masih Malas Olahraga di Pagi Hari, Baca Ini!

beberapa alat olah raga yang sebaiknya ada di rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Melakukan olahraga di pagi hari sangat penting dilakukan. Namun sayangnya masih banyak yang menyepelekan aktivitas ini. Dengan rutin berolahraga di pagi hari, badan menjadi sehat, pikiran menjadi lebih fresh, serta lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas seharian. Tak harus melakukan olahraga berat, cukup berlari kecil selama kurang lebih 20 menit, atau berenang dan bersepeda. Maka Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.

Namun, karena alasan kesibukan dan lainnya, banyak orang yang lebih memilih  melakukan olahraga di malam hari. Karena tak sedikit yang meyakini, olahraga dimalam  hari bisa membuat tidur lebih nyenyak, dan segar saat bangun paginya.

Olahraga di Pagi Hari, Alat-Alat Gym yang Perlu ada di Rumah, Alat Alat Gym yang Perlu ada di Rumah, alat fitnes sederhana untuk di rumah, Manfaat Memiliki Ruang Gym di Rumah, Manfaat Memiliki Ruang olah raga di Rumah, tips berolah raga di rumah
beberapa alat olah raga yang sebaiknya ada di rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut kami akan mengulas tentang olahraga dipagi hari dan malam hari. Apa saja manfaatnya, serta jenis olahraga yang disarankan.

Manfaat Olahraga Pagi Hari

Olahraga pagi memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus  meningkatkan kesehatan. Selain itu juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah bisa lebih stabil serta tidur malam bisa lebih nyenyak.

Jenis Olahraga di Pagi Hari yang Dianjurkan

1. Bersepeda

manfaat bersepeda, efek samping bersepeda, manfaat bersepeda untuk diet, olahraga bersepeda yang benar
Disamping manfaatnya yang banyak, bersepeda juga memiliki efek samping yang sebaiknya Anda pahamai – Diminimalis.com

Ada banyak manfaat bersepeda, salah satunya dapat membentuk otot tubuh bagian bawah mulai dari perut hingga kaki. Selain itu, juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Anda bisa bersepeda kurang lebih 20 menit setiap pagi sebelum menjalankan aktivitas.

2. Yoga

Yoga memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan pegal, meredakan sakit pinggang dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

3. Jogging

Aktivitas Seru Di Taman, bermain di taman, olah raga di taman
Joging di pagi hari dapat membuat pikiran lebih fresh- Diminimalis.com

Dengan melakukan jogging di pagi hari kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

4. Pernafasan 

Senam pernafasan bermanfaat untuk melancarkan sistem pernafasan sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Manfaat Olahraga Sore Atau Malam Hari

Tahukah Anda, olahraga malah hari, bisa meningkatkan aktivitas enzim serta fungsi otot? Selain itu olahraga di malam hari dapat membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja. Olahraga malam hari efektif untuk Anda yang ingin membentuk atau memiliki masalah tidur seperti insomnia. Namun harus dilakukan secara benar dengan intensitas sesuai dengan kapasitas tubuh kita, karena apabila dilakukan secara berlebihan tubuh akan dehidrasi dan justru membuat sulit tidur.

Yang Harus Diperhatikan Kalau Anda Memilih Olahraga Malam

Bila tidak sempat melakukan olahraga di pagi hari, memang solusinya hanya bisa dengan melakukan olahraga saat sore atau malam. Meskipun tetap lebih baik jika dilakukan dipagi hari, namun tak ada salahnya, daripada tidak bisa olahraga sama sekali.

Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini saat memutuskan olahraga malam.

• Waktunya jangan terlalu malam

Meskipun diperbolehkan melakukan berolahraga di malam hari, namun idealnya jangan dilakukan terlalu malam. Sebaiknya sebelum jam 9 malam, Anda sudah menyudahinya. Sebab berolahraga terlalu malam, dapat mengganggu jam tidur serta mempengaruhi kualitas tidur Anda.

• Jangan langsung tidur setelah olahraga

Ketika selesai berolahraga, sebaiknya berikan jeda waktu sekitar 1 jam, kemudian Anda boleh tidur malam. Pastikan keringat sudah kering dan badan sudah dalam kondisi dingin.

• Lakukan pemanasan

Ketika berolahraga malam hari, jangan lupa untuk melakukan pemanasan.  Terlebih bila malam itu, kondis udaranya sangat dingin. Setelah berolahraga, juga jangan lupa melakukan pendinginan dan peregangan, supaya setelah bangun tidur beok paginya badan menjadi segar.

Jenis Olahraga Malam yang Dianjurkan

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga malam hari yang cukup aman karena dapat membuat tubuh dan pikiran rileks. Yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat setelah aktivitas seharian, selain itu juga melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan, sehingga tidur pun akan berkwalitas/nyenyak.

2. Jalan-jalan

Jalan-jalan di malam hari dapat menjadi alternatif olahraga malam hari yang juga aman dilakukan. Ada banyak manfaat jalan kaki, mulai dari menurunkan berat badan, membantu melawan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum pergi tidur.

3. Fitness

Melakukan fitness di klub kebugaran atau dirumah, merupakan alternatif terbaik sebagai pilihan olahraga di malam hari. Dengan catatan, jangan terlalu melakukan aktifitas fisik yang memberatkan. Khususnya bagi Anda yang belum terbiasa melakukan olahraga ini.

4. Tai chi

Tai chi merupakan gabungan dari seni dan olahraga kebugaran. Tujuan dari tai chi   adalah melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam tai chi menyerupai aliran air yang tenang. Karena itulah orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya bermeditasi. Tentunya ini bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan dimalam hari.

Jadi Manakah yang Anda Pilih? Olahraga Pagi atau Malah Hari?

Pada akhirnya, semua akan kembali lagi pada manfaat yang ingin Anda dapatkan, serta kondisi Anda. Perlu diketahui, baik itu olahraga di pagi hari maupun malam hari, ada 4 hal yang bisa menjadi pertimbangan.

• lokasi

• waktu

• tipe olahraga

• lebih suka olahraga sendirian atau bersama teman

Apabila Anda bukan orang yang bisa bangun pagi setiap hari, mungkin olahraga di sore atau malam hari akan lebih baik bagi Anda. Bila Anda suka berolahraga sendiri, maka pilihlah waktu atau tempat dimana Anda dapat berolahraga sendirian. Begitu pun sebaliknya. Pada dasarnya, olahraga akan bermanfaat bila dilakukan secara konsisten, serta rutin setiap hari, selain itu Anda harus merasa nyaman melakukannya. Jadi intinya, olahraga dipagi hari ataupun malam hari, sama-sama baiknya.(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.