oleh

Olah Raga yang Bisa Dilakukan di Rumah yang Efektif Membakar Kalori

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah ini menekankan pentingnya olahraga bagi tubuh manusia. Rutin berolahraga selain bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat ternyata juga dapat berpengaruh pada kesehatan jiwa. Orang yang rutin berolahraga cenderung memiliki kepribadian yang aktif dan terbuka sehingga dapat menghindarkan diri dari stress berlebihan. Kali ini akan dibahas mengenai olah raga yang bisa dilakukan di rumah sebagai referensi bagi Anda yang ingin tetap bugar dengan waktu luang yang sedikit.

Olah Raga yang Bisa Dilakukan di Rumah, olahraga dirumah tanpa alat, gerakan olahraga ringan di pagi hariolahraga dirumah yang cepat menurunkan berat badan, olahraga di rumah pria, olahraga dirumah untuk mengecilkan perut, olahraga dirumah membentuk otot
Ada banyak jenis olah raga yang sebenarnya bisa Anda lakukan di rumah – Diminimalis.com

Pekerja yang banyak menghabiskan waktu di kantor mungkin merasa kekurangan waktu untuk berolahraga. Pada dasarnya olahraga merupakan semua kegiatan yang dapat membuat otot-otot tubuh bergerak aktif dan mengeluarkan keringat. Anda bisa memilih jenis olah raga yang bisa dilakukan di rumah untuk menyiasati terbatasnya waktu yang Anda miliki. Menyisihkan sedikit waktu untuk kegiatan olahraga ringan di rumah secara rutin dapat memberikan dampak positif bagi tubuh dan pikiran Anda.

Olah Raga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ada banyak pilihan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Jenis-jenis olahraga ini tentu lebih praktis. Anda bisa menghemat biaya dan waktu karena Anda tidak perlu pergi ke tempat khusus seperti pusat kebugaran untuk berolahraga. Berikut ini 6 jenis olah raga yang bisa jadi pilihan :

• Senam Irama atau Aerobik

Jenis olahraga yang satu ini sangat mudah, murah dan menyenangkan. Jenis olah raga ini dilakukan dengan menggerakkan tubuh sesuai dengan irama musik. Anda bisa melakukan kegiatan olah raga senam ini di ruang TV ataupun kamar tidur Anda.

Hanya bermodalkan TV, laptop ataupun pemutar musik sudah dapat membuat Anda cukup berkeringat melakukan gerakan-gerakan olah tubuh yang bisa dilakukan di rumah ini. Anda bisa mengajak serta anggota keluarga lain supaya kegiatan olah raga menjadi lebih seru.

• Melakukan gerakan-gerakan senam tubuh

Olah raga yang satu ini lebih praktis lagi karena Anda tidak membutuhkan alat bantu apapun. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan seperti push up, sit up, squat jump, plank, atau jumping jack. Anda bisa melakukan gerakan tersebut untuk olah raga tanpa perlu keluar dari rumah.
Gerakan-gerakan sederhana ini bisa Anda lakukan berulang dengan durasi tertentu. Anda juga tidak memerlukan ruangan khusus untuk olah raga ini.

• Lari-lari di tempat atau mengelilingi rumah

Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu kerja di balik meja, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membuat Anda tetap aktif bergerak. Anda bisa memanfaatkan rumah Anda untuk menunjang aktivitas fisik yang bisa dilakukan dari rumah. Jika rumah Anda berukuran cukup besar, Anda bisa berlari-lari kecil berkeliling rumah secara berulang. Akan tetapi jika rumah Anda berukuran minimalis, berlari-lari kecil di tempat juga sangat memungkinkan untuk dilakukan.

• Berjalan naik turun tangga secara berulang

Olah Raga yang Bisa Dilakukan di Rumah, olahraga dirumah tanpa alat, gerakan olahraga ringan di pagi hariolahraga dirumah yang cepat menurunkan berat badan, olahraga di rumah pria, olahraga dirumah untuk mengecilkan perut, olahraga dirumah membentuk otot
Berjalan naik-turun tangga secara berulang-ulang, cukup efektif membakar kalori di dalam tubuh – Diminimalis.com

Anda yang memiliki rumah bertingkat bisa memanfaatkan tangga rumah sebagai sarana berolah raga. Anda bisa berjalan naik turun tangga sampai beberapa putaran sampai tubuh sudah terasa berkeringat. Naik turun tangga ini bisa meningkatkan stamina tubuh dan membuat otot-otot kaki menjadi lebih kuat.

• Membersihkan rumah

Nah, cara yang satu ini bisa dibilang sambil menyelam minum air. Jika Anda memiliki rumah yang cukup luas, kegiatan bersih-bersih rumah tentu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Kegiatan membersihkan rumah seperti menyapu dan mengepel ternyata bisa membakar kalori tubuh cukup banyak. Dengan kegiatan ini Anda bisa memperoleh tubuh yang sehat sekaligus rumah yang bersih.

• Skipping atau lompat tali

Olah Raga yang Bisa Dilakukan di Rumah, olahraga dirumah tanpa alat, gerakan olahraga ringan di pagi hariolahraga dirumah yang cepat menurunkan berat badan, olahraga di rumah pria, olahraga dirumah untuk mengecilkan perut, olahraga dirumah membentuk otot
Skipping adalah olah raga paling simpel dan tidak banyak memakan tempat, sehingga bisa dilakukan di rumah minimalis Anda – DIminimalis.com

Olahraga sederhana ini bisa dikerjakan di mana pun, tidak terkecuali di dalam rumah. Anda bisa membeli tali khusus untuk skipping atau bisa juga memanfaatkan rangkaian karet gelang. Gerakan olah raga ini cukup sederhana. Anda hanya perlu mengayunkan tali dari arah belakang ke depan tanpa menginjaknya. Melakukan skipping selama beberapa menit sudah cukup untuk melatih kebugaran tubuh serta otot kaki.

Manfaat Olahraga di Rumah bagi Tubuh

Berolahraga tidak harus dilakukan dalam waktu yang lama dengan gerakan yang rumit. Olahraga yang dilakukan sendiri di rumah ternyata memberikan manfaat yang tidak sedikit, diantaranya :

• Meningkatkan kebugaran tubuh sehingga tidak mudah sakit
• Membantu mempertahankan berat badan ideal
• Menjadikan tubuh awet muda karena aktif berkeringat
• Membuat pikiran terasa lebih ringan dan terhindar dari stress
• Membantu mendapatkan bentuk tubuh ideal
• Melatih otot-otot tubuh supaya lebih kencang dan kuat
• Mencegah masalah tulang seperti osteoporosis akibat kurang bergerak
• Memperkuat kondisi organ tubuh seperti jantung dan paru-paru
• Memperlancar peredaran darah

Tubuh yang jarang bergerak akan lebih mudah lelah dan gampang terserang penyakit. Kulit tubuh juga bisa lebih cepat mengalami penuaan apabila tidak sering berkeringat. Otot yang tidak sering dilatih akan mudah kendor sehingga menurunkan keindahan bentuk tubuh. Oleh karena itu rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat merupakan pola hidup yang sebaiknya dipilih untuk menghasilkan tubuh yang senantiasa bugar.

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari rutin berolah raga. Pada dasarnya tidak ada alasan kekurangan waktu untuk berolah raga. Niat yang kuat dari dalam diri serta komitmen merupakan modal dasar untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Melalui beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan di rumah Anda bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi jauh lebih baik. AKan lebih baik lagi, apabila Anda juga memiliki dan mendesain ruang olah raga di rumah minimalis Anda. Selamat memulai! (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed